Cara Bisnis Kecil dapat Audiens Gede: Ide Konten 2023 untuk Bisnis Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
ide-konten-media-sosial-menarik-konsumen

Merasa stuck dengan media sosial bisnis Anda? Bingung mau posting apa lagi? Tenang, Anda nggak sendirian kok!

Banyak pelaku bisnis online yang juga kayak begitu, kok. Tim medsos KiriminAja juga pernah banget stuck kehabisan ide konten.

Berangkat dari pengalaman bersama itu, KiriminAja mengajak Anda membahas berbagai jenis ide konten yang tahan lama. Tapi syaratnya, Anda harus rajin eksplorasi.

Nah, buat Anda yang pengen bisnisnya makin eksis di dunia maya, artikel ini cocok banget buat Anda.

Yuk, kita ulik apa saja ide konten yang bisa bikin konten media sosial bisnis Anda biar makin menarik dan relevan di mata konsumen Anda.

Jelajahi Dapur Rahasia Bisnis Anda

Mau lebih dekat dengan pelanggan?! Coba saja tunjukkan dapur rahasia bisnis Anda. Dengan cara ini, pelanggan bisa melihat kerja keras dan kreativitas tim Anda.

Menunjukkan operasional sehari-hari bisnis sebagai ide konten media sosial bisnis dapat memberikan citra positif, tulus, menarik, dan berwawasan luas dari audiens.

Ketika para audiens ini melihat upaya, dedikasi, dan tantangan yang dihadapi dalam operasi sehari-hari bisnis Anda, mereka lebih cenderung mempercayai merek dan penawarannya.

Lebih jauh lagi, Anda bisa menjadikan tim kerja dan problematika bisnis Anda sebagai salah satu ide tetap konten medsos bisnis.

Sehingga, konten tersebut tidak hanya memperkaya akun media sosial, tetapi juga memperkuat ikatan antara bisnis Anda dengan audiensnya.

KiriminAja memakai tim dan problematika bisnis sebagai ide tetap konten medsos. Contoh kontennya:

https://www.instagram.com/p/Cpmx-VyNYar/

Highlight Produk

Menyoroti suatu produk akan membawa produk lebih mencolok di deretan produk bisnis Anda. Artinya, para audiens Anda bisa menyadari keberadaan, fitur, dan manfaat produk yang di-higlight.

Konten highlight produk ini bisa sangat bermanfaat untuk peluncuran produk baru atau produk yang kurang dikenal dalam jajaran produk bisnis Anda.

Dengan menyoroti produk, akun medsos bisnis Anda dapat melibatkan audiens, mendorong penjualan, dan membangun kehadiran brand yang lebih kuat di media sosial.

Sorotan produk dapat diintegrasikan dengan aktivitas promosi atau marketing lainnya. Misalnya, diskon di waktu tertentu, diskon gabungan, atau program afiliasi, sehingga memperkuat jangkauan masing-masing aktivitas promosi.

Hanya saja, Anda perlu memastikan ada keunggulan produk yang berbeda dengan kompetitor, ada visual menarik, dan ada CTA (call to action) sesuai target.

Berikut ini contoh konten sorotan produk istimewa KiriminAja Poin di TikTok KiriminAja:

https://www.tiktok.com/@kiriminajacom/video/7262574510677806341 

 Testimoni Pelanggan

Membuat konten video yang berisi testimoni pelanggan juga bisa menjadi ide tetap medsos. Karena semakin banyak pelanggan, berarti Anda bisa membuat konten makin banyak.

Bisa saja, dalam sebulan, medsos Anda mengunggah 2 konten testimoni konsumen. Karena dengan begitu, testimoni bisa jadi bukti kalau produk atau layanan Anda memang oke.

Testimoni konsumen ini juga menjadi ajang bisnis Anda mempererat hubungan dengan konsumen. Karena itulah, berikan treatment spesial untuk konsumen Anda.

Hanya saja, pastikan Anda membuat konten testimoni dengan rapi. Begini panduan dasar eksekusi ide konten testimoni konsumen:

  • Jangan malu buat minta feedback dari pelanggan
  • Pastikan minta testimoni yang singkat dan jelas substansinya
  • Minta testimoni produk yang memang dirasakan pelanggan.

Nah, KiriminAja juga melakukan itu. Anda bisa melihat contoh konten waktu ulang tahun KiriminAja ini:

https://www.tiktok.com/@kiriminajacom/video/7186646189260033306

Buat Konten Tutorial

Jika produk bisnis Anda membutuhkan kerumitan teknis, maka harus ada tutorial yang dibuat. Nah, konten tutorial ini bisa Anda jadikan sebagai ide konten media sosial. Konten-konten tutorial ini akan terus ada sepanjang tahun. Mengingat pasti ada update tertentu.

Selain itu, tantangan yang dihadapi konsumen saat mengoperasikan produk juga menuntut Anda membuat konten tutorial lanjutan sebagai solusi.

Anda bisa melihat contoh konten tutorial KiriminAja di sini:

https://www.instagram.com/p/CvWXeYJv3kE/

Live Streaming

Live streaming adalah cara praktis dan ampuh bagi banyak bisnis di era media sosial. Bisnis Anda bisa mengandalkan live streaming untuk menampilkan keunggulan produk, mengadakan sesi tanya jawab, webinar, atau sesi tutorial produk.

Live streaming menawarkan kombinasi unik antara kesiap-siagaan, keterlibatan, dan keaslian bisnis Anda menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi konsumen. Dalam konteks pelayanan konsumen, konten live streaming ini sulit ditandingi oleh jenis lain.

Artinya, jika dilakukan dengan tepat dan konsisten, konten live streaming dapat meningkatkan visibilitas, loyalitas pelanggan, dan penjualan produk.

KiriminAja menyadari manfaat live streaming ini. Karena itulah, KiriminAja memiliki sesi live streaming di Instagram setiap harinya. Tangkapan layar yang ada di bawah ini adalah contoh live streaming akun Instagram KiriminAja. Saat live streaming, ada konsumen KiriminAja yang komplain dan direspon langsung oleh host.

Tangkapan layar live streaming akun kiriminaja

 Keterlibatan Komunitas

Membangun komunitas bukan cuma strategi media sosial. Membangun komunitas adalah pendekatan holistik pertumbuhan bisnis dan keberlanjutan bran Anda.

Dengan membina hubungan tulus dan memprioritaskan relasi di atas transaksi, bisnis Anda dapat memetik banyak sekali manfaat yang didapat dari komunitas yang kuat.

Komunitas yang kuat sering kali mengarah pada peningkatan rujukan dari mulut ke mulut. Anggota komunitas yang puas akan menjadi pendukung brand. Ujungnya, para anggota komunitas merekomendasikan bisnis Anda ke teman, keluarga, dan jaringan mereka yang lebih luas.

Bentuk pemasaran organik ini bisa lebih efektif dan kredibel daripada jenis marketing lain. Artinya konten medsos harus banget menunjukkan bagaimana komunitas bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

KiriminAja menyadari pentingnya komunitas tersebut. Karena itulah, Anda bisa melihat banyak konten community building di berbagai akun media sosial KiriminAja, seperti ini:

https://www.instagram.com/p/CvPZjkENxYG/

Ayo Optimasi Media Sosial Bisnis Anda Sekarang Juga!

Dengan media sosial, bisnis Anda bisa makin dikenal dan dipercaya pelanggan. Tidak ada yang bisa menyangkal hal tersebut.

Karena itulah, sekaranglah waktu membuat konten-konten tentang produk bisnis Anda di media sosial. Kalau bingung mau mulai dari mana, cek saja media sosial KiriminAja. Lalu amati, tiru, dan modifikasi konten-konten tersebut. Selamat mencoba!!...

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.