Ide Mendapatkan Passive Income yang Menarik, Apa yang Cocok Untuk Anda?

Updated May 18, 2022 • Created 5 bulan yang lalu
Ide Mendapatkan Passive Income yang Menarik, Apa yang Cocok Untuk Anda?

Memiliki beberapa sumber penghasilan tanpa harus melakukan kontrol terhadapnya barangkali menjadi dambaan dari banyak orang. Ya, apakah Anda berkeinginan untuk mendapatkan tambahan penghasilan secara pasif untuk kondisi finansial yang lebih stabil? 

Pembahasan mengenai passive income atau penghasilan pasif memang terus menghangat dari waktu ke waktu. Pasalnya, seseorang yang memiliki penghasilan pasif relatif memiliki kondisi finansial yang lebih baik dan juga lebih stabil, termasuk ketika ia sedang dilanda krisis ekonomi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa ide mendapatkan penghasilan pasif yang bisa Anda lakukan. Tentu, dengan adanya beragam ide tersebut nantinya Anda bisa memilih mana ide yang paling efektif untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Penasaran apa saja ide untuk mendapatkan penghasilan pasif yang bisa dijadikan pilihan? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Passive Income

Sebelum membahas beragam ide untuk mendapatkan penghasilan pasif, tentu Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan jenis penghasilan ini. Seperti namanya, penghasilan pasif adalah jenis penghasilan yang tidak dihasilkan secara langsung. Bisa dikatakan jika dalam hal ini, Anda bisa tetap mendapatkan penghasilan meskipun tidak sedang bekerja.

Hal ini tentu saja berbeda dengan active income atau penghasilan aktif, di mana Anda terlibat secara langsung dalam upaya mendapatkan penghasilan tersebut.

Lantas, apakah penghasilan pasif bisa didapatkan tanpa mengeluarkan tenaga sama sekali?

Tentu saja jawabannya tidak. Ada beragam hal yang perlu dibangun di awal terlebih dahulu sebelum nantinya Anda mendapatkan penghasilan secara pasif. Dengan kata lain, penghasilan yang didapatkan adalah buah dari pohon yang Anda tanam di waktu sebelumnya. 

Ragam Ide Menarik Untuk Mendapatkan Passive Income

Berbincang tentang penghasilan pasif, ada cukup banyak ide yang sebenarnya bisa dilakukan dan dipilih untuk mendapatkan tambahan penghasilan ini. Berikut ada beberapa ide yang bisa Anda jadikan pertimbangan dan opsi untuk membangun sumber penghasilan baru secara pasif.

Apa saja? Cek ulasannya!

  1. Menjual stok foto

Untuk Anda yang tertarik dengan dunia fotografi dan memiliki device yang bisa diandalkan untuk mengambil foto, maka menjual stok foto bisa menjadi ide mendapatkan penghasilan pasif yang menarik. Tentu, Anda pernah mendengar tentang beberapa platform seperti shutterstock, i-Stock ataupun 500px, bukan? Anda bisa menjual foto di sana.

Beberapa platform tersebut memang dikenal sebagai penyedia foto dan bisa menjadi tempat mendapatkan tambahan penghasilan. Foto yang terdapat dalam platform ini umumnya akan digunakan para pembuat konten untuk memberikan tambahan visual. Nah, jika Anda memiliki foto yang menarik, bukan tidak mungkin foto Anda akan laku.

  1. Ikut dalam program afiliasi 

Afiliasi juga bisa menjadi ide untuk mendapatkan passive income yang cukup menguntungkan. Ide ini cenderung populer, terutama untuk seseorang yang tertarik dengan dunia marketing.

Ya, pada intinya, afiliasi adalah program yang mengharuskan Anda untuk melakukan promosi terkait barang atau layanan tertentu yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Nantinya, jika promosi yang Anda lakukan berhasil dan Anda mendapatkan pelanggan, maka Anda akan mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi. Tentu, semakin banyak transaksi yang terjadi, maka jumlah komisi yang didapatkan pun nantinya akan semakin banyak pula. 

Sekilas, cara kerja afiliasi ini terkesan cukup mudah. Namun, tentu saja Anda harus memiliki pemahaman marketing yang bagus serta beragam cara yang efektif untuk melakukan promosi. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih perusahaan atau produsen yang tepat sebagai mitra membangun afiliasi. 

  1. Membuat ebook

Jika Anda senang menulis dan ingin berbagi pengetahuan sekaligus mendapatkan penghasilan pasif dalam jumlah yang lumayan, maka Anda bisa membuat sebuah e-book. Tentu saja, e-book yang dimaksud bebas, bisa berupa karangan fiksi, tulisan ilmiah atau lainnya.

Tentu, dalam hal ini, ada baiknya jika Anda menulis tentang apa yang Anda kuasai. Hal ini cenderung lebih disarankan karena nantinya ada kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika mengembangkan ide. Juga, jangan lupa untuk membuat target pembaca karena perbedaan pada target akan berpengaruh pada detail e-book yang hendak dibuat.

Lalu, bagaimana dengan pemasaran e-book tersebut?

Apabila e-book yang Anda tulis sudah jadi, maka Anda bisa memasarkannya dengan beberapa cara, seperti mengirimkannya ke platform penerbit yang tersedia. Dalam hal ini, salah satu yang cukup terkenal adalah Amazon KDP.

Selain itu, Anda pun juga bisa memasarkannya menggunakan platform sendiri. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan media WordPress untuk pemasaran dengan cara menggunakan plugin seperti Sell Digital Downloads. 

  1. Monetize YouTube

Ide penghasilan pasif lain yang bisa Anda coba adalah dengan monetize YouTube. Sebagaimana diketahui, YouTube kini menjelma menjadi salah satu platform yang paling populer dengan beragam video yang sangat menarik dan bisa dibuka kapan saja.

Nah, untuk Anda yang suka membuat konten video, tentu ide untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui monetize YouTube adalah hal yang sangat menarik untuk dicoba. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tema dari channel yang Anda buat dan tentukan target penonton. Setelah itu, buat channel dan buat video yang sesuai tema. 

Guna mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda harus mendaftar ke YouTube AdSense untuk mendapatkan hak menyiarkan iklan. Adapun beberapa syarat awal yang harus dipenuhi guna memperoleh akses AdSense adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti kebijakan terkait monetize YouTube

  • Tinggal di wilayah atau sebuah negara yang terhubung dengan program YouTube Partner

  • Memiliki akun Google AdSense

  • Memiliki lebih dari 1000 subscriber pada akun yang digunakan

  • Video yang dibuat sudah ditonton lebih dari 4000 jam dalam waktu 12 bulan terakhir 

Apabila seluruh persyaratan tersebut terpenuhi, maka Anda bisa mengumpulkan penghasilan dari YouTube tersebut. Selain dari keuntungan iklan, penghasilan yang bisa didapatkan dari YouTube diantaranya adalah YouTube premium dan penjualan merchandise. 

  1. Memasang iklan di blog

Jika Anda memiliki blog, maka blog tersebut juga bisa dijadikan sumber penghasilan pasif yang sangat menarik. Ya, terkait penghasilan pasif dari blog, cara yang perlu kamu lakukan adalah menampilkan iklan pada setiap konten blog yang dibuat. Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah menghubungkan blog tersebut dengan Google AdSense.

Memang, cara ini terkesan sederhana dan mirip dengan monetize pada YouTube. Hanya saja, Anda perlu membuat konten yang berkualitas serta strategi promosi blog yang tepat untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Tentu, semakin tinggi traffic, maka penghasilan yang didapatkan juga akan semakin maksimal.

Beberapa ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan dan inspirasi untuk mendapatkan penghasilan pasif sebagaimana yang Anda inginkan. Tentu, selain ide di atas, masih banyak sumber penghasilan pasif lain yang bisa dijadikan opsi seperti membuat online course, investasi, menjual karya seni digital dan lainnya.

Hanya saja, tentu, perlu ditanamkan bahwa passive income bukan didapatkan tanpa usaha. Ada usaha awal yang cukup panjang dilakukan sebelum menikmati hasil jerih payah secara pasif. Semoga bermanfaat.

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Ruth
Author
Ruth
Bagikan