Panduan Membuat Iklan Makanan yang Simpel, Tepat Sasaran, dan Viral

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
contoh-iklan-makanan

Iklan makanan adalah salah satu strategi digital marketing yang memang bisa menarik perhatian audiens. Pada akhirnya nanti, berujung pada sales.

Banyak sekali bisnis kuliner makanan kekinian yang akhir-akhir ini naik daun karena strategi digital marketing-nya yang kreatif dan unik.

Apalagi di era yang apa-apa konten seperti sekarang, iklan digital juga lebih menarik di mata konsumen karena bentuk yang lebih bervariasi dan relate dengan target audiens.

Namun, tentu saja semua itu memerlukan strategi matang agar mendatangkan penjualan. Sebagai informasi awal, Anda dapat mengunjungi uraian lebih detail bagaaimana strategi promosi makanan yang efektif

Setelah mengetahui strategi pentingnya, Anda dapat melanjutkan pembahasan dalam artikel berikut untuk mengetahui cara membuat iklan makanan kekinian dan contohnya.

Cara Membuat Iklan Makanan Gampang Viral

Sebelum lebih jauh, Anda harus tahu bahwa tidak ada resep viral yang pasti. Apa yang bisa dilakukan adalah membuat iklan makanan berpotensi viral.

Membuat iklan makanan yang kekinian dan viral melibatkan penggunaan elemen-elemen kreatif dan tren terkini. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat iklan makanan kekinian:

Tujuan dan Target Audiens

Tentukan tujuan Anda untuk iklan tersebut dan identifikasi siapa target audiensnya. Apakah Anda ingin menarik penggemar makanan, anak muda, atau masyarakat umum? 

Dengan memahami target audiens, Anda akan lebih mudah dalam menentukan gaya dan bahasa yang tepat untuk membuat iklan.

Cerita yang Menarik

Buatlah sebuah cerita yang menarik untuk iklan makanan Anda. Fokuskan pada keunikan produk atau nilai tambah yang membuatnya istimewa. Misalnya, Anda dapat menyoroti bahan-bahan segar, cita rasa unik, atau cara penyajian yang kreatif.

Visual yang Menarik

Gunakan visual yang menarik dan menggugah selera untuk menampilkan makanan Anda. Pastikan gambar atau video yang digunakan memiliki kualitas tinggi dan memperlihatkan makanan dalam pencahayaan yang baik. 

Perhatikan juga tata letak dan color grade yang cocok untuk makanan, seperti warna hijau dan merah yang bisa membuat makanan terlihat lebih menggiurkan.

Musik dan Suara

Pilih musik atau suara latar yang sesuai dengan suasana iklan Anda. Gunakan musik yang energik atau musik yang sedang viral agar lebih menarik audiens. Pastikan juga bahwa suara makanan yang dimakan atau diolah terdengar menggugah selera.

Pemotongan Cepat dan Tayangan Singkat

Kebanyakan iklan kekinian memiliki durasi singkat. Pemotongan cepat dengan adegan yang menarik akan membuat iklan lebih menarik dan membuat audiens ingin menontonnya hingga selesai.

Gaya dan Desain Grafis

Perhatikan tren desain grafis yang sedang populer saat ini. Gunakan font yang modern, ikon-ikon atau ilustrasi yang sesuai dengan gaya iklan Anda. Jika memungkinkan, pertimbangkan juga untuk menggunakan animasi atau efek visual yang menarik.

Call-to-Action yang Jelas

Akhiri iklan dengan call-to-action yang jelas dan mengundang penonton untuk melakukan tindakan. Misalnya, ajak mereka untuk mengunjungi restoran atau toko online Anda, memesan makanan, atau mengikuti akun media sosial bisnis Anda.

Media Sosial dan Influencer

Pertimbangkan untuk mempromosikan iklan Anda melalui media sosial dan melibatkan influencer yang relevan. Influencer dapat membantu menyebarkan iklan kepada audiens baru yang belum terjangkau oleh situs resmi bisnis Anda

Selalu perhatikan tren terbaru dan adaptasikan gaya iklan Anda agar tetap relevan dan up to date. Anda dapat mengikuti tren desain, musik, dan bahasa yang sedang populer dapat membantu iklan Anda viral dan menarik perhatian audiens yang lebih luas. 

Contoh Iklan Makanan Kekinian yang Populer

Berikut contoh iklan makanan kekinian yang belakangan ini populer.

Contoh Iklan Sang Pisang

Sang Pisang merupakan bisnis kuliner kekinian milik Kaesang Pangarep, anak Pak Jokowi. Sesuai namanya, produk yang dijual ialah olahan pisang yang dikemas lebih modern dengan aneka pilihan rasa toping.

Dari nama merek-nya saja sudah memiliki keunikan dan mudah diingat. Selain itu, iklan dari brand ini juga menarik dan bisa Anda gunakan sebagai inspirasi dalam membuat iklan makanan kekinian milik Anda.

Berikut rangkuman dari iklan Sang Pisang:

Halo warga Meruya dan warga Tanah Abang

Hari ini Sang Pisang buka 2 cabang langsung nih

Lokasinya di:

  • Ruang Rasa Meruya, Jl Topas Raya No 77 RT 06/07 , Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11620
  • Ruang Rasa Tanah Abang , Jl Tanah Abang IV No 34A RT 04/03, Petojo Selatan, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160 
  • Sang Pisang juga tersedia di e-commerce yang ada di smartphone-mu.

Dari contoh iklan Sang Pisang tersebut, ada beberapa hal yang menjadi elemen penting pembuatan iklan, yaitu:

  • Informasi terkait pembukaan cabang baru yang bisa jadi alternatif pilihan pembeli.
  • Informasi layanan yang mempermudah pelanggan untuk memesan prduk melalui e-commerce.

Contoh Iklan Bittersweet

Bittersweet merupakan merek dessert box terkenal yang tengah viral dan banyak diminati. Berikut contoh iklan dari Bittersweet:

Merasa ada yang kurang ya?

Kekurangan apa kira-kira dari Regal Dessert Box?

Yang udah coba Regal Dessert Box pasti tau banget apa yang kurang, yang belum pernah coba, ayok cobain sekarang! Ada potongan 40K jika beli menggunakan e-Commerce.

Dari contoh iklan Bittersweet tersebut, ada beberapa poin pentingnya:

  • Memberikan rasa penasaran kepada audiens agar mereka mau membeli produk
  • Membangun interaksi dengan konsumen melalui pertanyaan dalam caption iklan.
  • Memberikan penawaran diskon dengan pembelian melalui e-commerce.

Tips Agar Iklan Makanan Kekinian Lebih Disukai Audiens

Setelah mempelajari cara membuat iklan makanan kekinian dan contoh iklan dari brand terkenal, Anda dapat mengimplementasikan dalam membuat iklan produk bisnis Anda.

Agar iklan lebih disukai audiens, Anda perlu memberikan penawaran menarik seperti pengiriman multi ekspedisi dengan harga hemat, tapi memiliki kualitas pengiriman reliable. 

Dengan menggunakan layanan KiriminAja, Anda punya servis logistik dengan kebebasan mengatur margin keuntungan dan memiliki kemampuan manajemen produk yang efisien.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memastikan Anda punya layanan logistik yang handal dan efisien. Sehingga, Anda dapat fokus untuk menjangkau konsumen baru dan mengembangkan bisnis Anda dengan lebih tenang.

KiriminAja bisa dicantumkan di setiap iklan makanan bisnis Anda. Sehingga konsumen tahu bahwa bisnis kuliner Anda didukung layanan kirim paket reliable.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kepuasan pelanggan, meningkatkan kepercayaan merek, dan meraih kesuksesan dalam bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan pengiriman dan memastikan cash flow bisnis tetap aman, KiriminAja siap untuk bekerja sama dengan Anda.

Daftarkan bisnis Anda secara gratis di dashboard KiriminAja dan mulailah mengambil keuntungan dari layanan ekspedisi reliable ini. Sebab, bersama KiriminAja, Anda dapat mencapai #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.