Tutorial Paham Apa Itu Promosi & Praktik Efektifnya Menaikkan Profit

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Kenapa promosi penting dilakukan

Promosi adalah roh dari bisnis yang dijalankan. Benarkah begitu? Sebenarnya, apa itu promosi? Kenapa disamakan dengan roh bisnis Anda?

Memang promosi jadi faktor vital dalam eksistensi dan perkembangan bisnis yang dijalankan. Nah, masalahnya salah satu kelebihan dari bisnis online adalah jangkauan promosi yang cenderung lebih luas. 

Tentu saja, dengan adanya cakupan promosi atau pangsa pasar yang lebih luas, potensi mendapat konsumen dengan jumlah lebih banyak pun cenderung lebih besar.

Hanya saja, tentu, untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan keuntungan yang berlipat, Anda perlu melakukan promosi dengan tepat. 

Kami mengajak Anda membahas tentang beberapa hal penting dalam promosi, mulai dari pengertian, manfaat dan juga tips untuk melakukan promosi yang efektif.

Sedangkan untuk memahami praktik promosi yang menarik konsumen, KiriminAja sudah menyiapkan pembahasan khusus. Anda cukup klik tautan bagaimana cara promosi yang menarik konsumen ini.

Pada tautan itu, Anda akan mendapat uraian tentang cara promosi untuk menarik minat konsumen potensial. Tentu saja, Anda bisa mempraktikkan cara-cara di uraian tersebut.

Apa Itu Promosi?

Secara singkat, pengertian promosi adalah upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk dengan menggunakan cara komunikasi persuasif. Sehingga, nantinya, calon konsumen memiliki ketertarikan untuk melakukan pembelian produk yang Anda tawarkan dibandingkan dengan produk kompetitor.

Jika dilihat, ada banyak sekali bentuk promosi yang dilakukan. Ketika Anda melihat televisi, misalnya, ada iklan yang mempromosikan tentang acara ataupun produk tertentu. Promosi juga bisa ditemukan pada tulisan di poster, spanduk, brosur, beragam media sosial hingga website.

Lantas, Kenapa Promosi Penting dilakukan?

Tujuan mendasar dari promosi adalah meningkatkan penjualan. Namun, tentu saja, penjualan tidak bisa meningkat jika target konsumen belum mengenal produk yang Anda tawarkan dengan baik. 

Nah, salah satu keuntungan dari promosi adalah mengenalkan produk tersebut ke audiens yang jadi target konsumen. Tentu saja, cara yang dilakukan untuk promosi bisa sangat beragam. 

Selain dengan memanfaatkan iklan, promosi bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan influencer, membuat suatu event dan lainnya termasuk memanfaatkan beragam media yang berbeda.

Manfaat Promosi Bagi Bisnis Online yang Anda Kelola

Promosi memiliki peran yang sangat penting pada pengelolaan bisnis online yang Anda lakukan. Adapun beragam manfaat dan keuntungan promosi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Mampu Menarik Perhatian Pasar dengan Lebih Cepat

Jika ditanya, dari mana Anda mengetahui adanya produk baru dari salah satu brand tertentu? Ya, pasti Anda akan menjawab promosi.

Nah, salah satu keuntungan dari promosi adalah dapat menarik perhatian pasar dengan lebih cepat. Ketika Anda aktif melakukan promosi, maka cakupan masyarakat yang mengetahui produk yang Anda miliki pun akan cenderung lebih luas.

Dengan cakupan target promosi yang lebih luas, tentu saja potensi untuk mendapatkan konsumen cenderung lebih tinggi. Hanya saja, hal ini akan dipengaruhi oleh bagaimana Anda menyusun detail promosi yang digunakan.

Menjaga Loyalitas Konsumen

Hal lain yang menjadi manfaat penting dari promosi adalah menjaga loyalitas dari konsumen. Anda tentu menyadari bukan bahwa persaingan bisnis saat ini sangat ketat dan kompetitor akan berusaha merebut konsumen yang sudah dimiliki.

Nah, promosi masif adalah upaya menjaga loyalitas konsumen bisnis Anda. Pasalnya, jika Anda aktif melakukan promosi dengan beragam penawaran yang menarik, maka konsumen pun nantinya akan cenderung tetap setia karena merasakan manfaat produk yang ditawarkan cenderung lebih maksimal.

Meningkatkan Brand Awareness

Bagi Anda yang mengelola bisnis online, brand awareness adalah hal yang sangat penting. Sebab, brand awareness menjadi poin yang akan menguatkan hubungan antara produk yang Anda miliki dengan konsumen, terutama untuk jangka yang lebih panjang.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Tentu, salah satunya adalah dengan promosi. 

Pasalnya, promosi masif yang dilakukan di berbagai platform yang berbeda bisa meningkatkan kesadaran orang lain pada produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian, tentu potensi untuk terjadi transaksi menjadi lebih besar pula.

Beberapa hal di atas adalah manfaat dari promosi yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu menerapkannya. Selain manfaat di atas, tentu saja promosi memiliki ragam manfaat lainnya, termasuk meningkatkan potensi penjualan produk. 

Tips dan Cara Promosi Paling Efektif Untuk Dilakukan

Demi mendapatkan hasil promosi yang maksimal, tentu saja Anda harus memahami cara dan tips untuk melakukan promosi tersebut. 

Nah, ada beberapa cara dan tips promosi yang menarik dan bisa dijadikan pertimbangan untuk dilakukan. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

Memberikan Diskon

Jika kita bertanya apa itu promosi ke konsumen Indonesia secara umum, maka jawabannya tidak akan jauh-jauh dari diskon.

Tidak dimungkiri bahwa harga adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh pada transaksi yang dilakukan. Oleh karenanya, agar promosi yang dilakukan lebih menarik dan tepat, maka Anda perlu memikirkan tentang harga yang tepat.

Iya, cara promosi online yang efektif adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga. Ya, diskon selalu menjadi hal yang sangat menarik bagi konsumen dan juga meningkatkan conversion rate pada transaksi.

Dalam hal ini, Anda bisa saja memberikan diskon pada barang tertentu untuk upaya promosi. Atau, Anda juga bisa membuat acara khusus di mana di dalamnya ada diskon khusus yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Memberi Biaya Pengiriman Gratis

Untuk Anda yang menjalankan bisnis online, memberikan layanan gratis ongkir bisa menjadi salah satu cara promosi yang sangat efektif. 

Pasalnya, disadari atau tidak, biaya pengiriman termasuk salah satu hal yang sering dijadikan pertimbangan konsumen untuk memilih produk di pasar online.

Lalu, bagaimana cara untuk memberikan biaya pengiriman yang gratis ini?

Karena itulah, kami hadir mendukung bisnis Anda memberikan layanan kirim paket reliable.  

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, kami sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis. 

Iya, kami ingin memudahkan bisnis menjalankan sistem pengiriman paket.Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan fitur manajemen produk dan pengaturan margin keuntungan. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur margin keuntungan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Sedangkan untuk membantu mengelola operasional dan logistik bisnis rice bowl Anda dengan efisien, biar kami yang mengurusnya.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Berita baiknya, mendaftar di dashboard KiriminAja sangatlah mudah dan gratis! Anda dapat mengakses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda. 

Dengan berbagai fitur KiriminAja, Anda jadi lebih mudah menjaga #CashFlowAman, fokus menjangkau konsumen baru, sehingga bisnis jadi tenang.

Menawarkan Cashback

Cara promosi efektif berikutnya adalah cashback. Hampir sama seperti diskon, cashback adalah pengembalian sejumlah uang kepada konsumen setelah mereka melakukan pembelian. Umumnya, cashback berlaku ketika konsumen memenuhi syarat yang sebelumnya harus dipenuhi terlebih dahulu.

Meskipun ada beberapa syarat awal, cashback tetap saja menarik untuk transaksi online. Pasalnya, dengan adanya cashback, ada kesan bahwa pembeli bisa menghemat pengeluaran yang digunakan untuk melakukan transaksi. Selain itu, cashback yang didapatkan pun nantinya bisa digunakan lagi untuk transaksi berikutnya.

Mengadakan Flash Sale

Flash sale atau penjualan cepat juga bisa dijadikan ide promosi yang menarik. Ide promosi ini merupakan metode penjualan yang dilakukan dalam waktu singkat dengan jumlah produk terbatas dan harga yang murah.

Metode ini sudah menjadi trend di kalangan konsumen. Dengan turut dalam program flash sale, Anda bisa menghabiskan dead stock yang ada di etalase. Selain itu, flash sale juga cukup baik untuk membangun kesadaran brand masyarakat yang lebih baik.

Nah, beberapa hal di atas adalah bagaimana cara dan tips promosi yang bisa Anda lakukan dengan tepat. Tentu saja, selain menggunakan cara yang tepat, Anda juga harus melakukan promosi secara konsisten demi hasil yang lebih maksimal.

Event marketing adalah acara promosi untuk mempromosikan merek, layanan, atau produk dengan cara berinteraksi langsung dengan calon konsumen.

Acara event marketing dapat bersifat virtual, tatap muka, atau hybrid. Masing-masing memiliki serangkaian karakteristik, pro, dan kontra yang berbeda.

Contoh event marketing yang mudah ditemui adalah mensponsori pameran, talk show, konser, dan lain sebagainya.

Anda bisa membaca rangkuman KiriminAja soal bagaimana dan apa itu event marketing sebagai perkenalan awal. Sebab, event marketing itu terbilang unik dan menantang.

Karena berbeda dengan bentuk pemasaran lainnya, event marketing terbilang unik karena menghubungkan audiens dan brand secara personal.

Dengan memanfaatkan berbagai bentuk promosi di atas, Anda dapat menggaet konsumen lebih banyak dan personal.

Sedangkan untuk kebutuhan jasa ekspedisi, Anda bisa mengandalkan KiriminAja sebagai agregator logistik.

Cukup mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja. Lalu dapatkan berbagai opsi jasa kurir dengan harga yang sesuai cash flow bisnis Anda.

Sehingga praktik promosi yang banyak didukung oleh harga ekspedisi yang terjangkau akan membuat cash flow aman, bisnis jadi mudah berkembang, dan hati tenang.

Sekarang, saatnya Anda mengerucutkan pemahaman ke cara pemasaran di marketplace dan medsos. KiriminAja sudah menyiapkan paparan khusus untuk Anda.

Agar paham praktik marketing lebih lanjut, Anda perlu membaca rangkuman KiriminAja tentang bagaimana praktik pemasaran di medsos dan marketplace.

Anda cukup klik tautan di atas dan membacanya. Kabar baiknya, pemaparan tersebut bisa Anda pahami dan praktikkan sedikit demi sedikit.

Bagaimana pun juga, praktik promosi dan pemasaran berjalan seiringan. Karenanya, pemahaman di dua area tersebut terasa krusial demi mencapai target penjualan produk.

Setelah memahami berbagai wawasan dasar apa itu promosi dan praktik efektifnya untuk meningkatkan penjualan, sekarang waktunya Anda mulai menerapkan di bisnis.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.