Istilah dalam Pengiriman Paket SiCepat Ekspres

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Arti kode status Paket SiCepat

Sebagai salah satu perusahaan jasa ekspedisi populer di Indonesia, SiCepat Ekspres memiliki fitur cek resi yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Kalau Anda ingin tahu cara cek resi SiCepat, mudah kok, lihat tutorialnya di link tersebut ya.

Sama seperti fitur cek resi dari jasa ekspedisi lainnya, SiCepat juga menggunakan berbagai istilah dan kode status berbahasa inggris yang cukup asing di telinga masyarakat awam.

Untuk memudahkan memahami berbagai istilah dalam pengiriman paket SiCepat Ekspres, KiriminAja membantu Anda memahaminya.

Sebagai informasi awal, SiCepat Ekspres, setidaknya, punya 35 istilah kode yang digunakan untuk menandai status pengiriman barang. KiriminAja akan membahas semuanya di sini.

Kabar baiknya lagi, SiCepat Ekspres bisa Anda pesan melalui dashboard KiriminAja. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghafal semua istilah. Maka dari itu bagi Anda yang belum gabung bersama kami yuk langsung daftar aja di link tersebut ya.

Anda hanya perlu memahami berbagai istilah dalam pengiriman paket SiCepat Ekspres agar bisa menjadi bagian dari strategi Anda mengurangi biaya ongkir. Sebagai referensi awal, Anda cukup klik tautan perhitungan ongkir yang efektif ini.

Yuk, mari bersama-sama memahami sejumlah kode status pengiriman SiCepat Ekspres di bawah ini.

Arti Kode Status dan Istilah dalam Pengiriman Paket SiCepat

SiCepat menggunakan istilah buatan mereka sendiri untuk menandai setiap fase status pengiriman.

Perlu Anda pahami bahwa istilah SiCepat Ekspres cukup berbeda dengan perusahaan ekspedisi lain. Karenanya, ada baiknya Anda mencetak daftar kode ini lalu ditempelkan di tembok bersama dengan daftar istilah perusahaan kurir yang lain.

Dengan begitu, Anda tidak akan keliru memahami berbagai istilah dan bisa menjelaskan dengan tepat ke konsumen.

Kode Status Keterangan Penjelasan
Manifested Manifested Kode status manifested biasa digunakan ketika paket pertama kali masuk melalui PUDO atau gerai SiCepat Ekspres.
OUT OUT Status out digunakan SiCepat untuk menunjukkan bawah paket sudah keluar dari manifested.
IN_HUB IN HUB Kode ini menunjukkan bahwa paket saat ini sudah sampai di Hub SiCepat Ekspres.
OUT_HUB Out Hub Seuai namanya, istilah out hub dipakai untuk menandai bahwa paket sudah keluar dari hub SiCepat dan sedang menuju gerai tujuan.
Third Party THP Status ini menjadi kode jika paket dikirimkan ke pihak ketiga.
OUT_BRANCH Keluar ke Hub Kode yang digunakan SiCepat Ekspres untuk menandai paket telah keluar dari Hub.
IN_BRANCH In Branch Menunjukkan bahwa paket Anda telah masuk dari gerai yang berada satu kota.
DROP Drop Status yang digunakan untuk menunjukkan bahwa paket telah sampai di gerai SiCepat.
PICK Pick SiGesit sebagai kurir jasa ekspedisi SiCepat telah melakukan penjemputan barang dari penjual.
PICKREQ Pick up Request Kode untuk menunjukkan bahwa customer SiCepat telah melakukan permintaan ambil paket.
CANCEL Cancel Sesuai namanya, status ini muncul ketika pelanggan memutuskan untuk membatalkan proses pengiriman paket.
ANT Antar Status yang banyak ditunggu para pembeli, karena saat ini SiGesit sedang dalam perjalanan mengantarkan paket ke rumah Anda.
RBA Reject By Airport Status ini bisa terjadi ketika paket yang dikirimkan terindikasi sebagai barang ilegal. Pihak bandara menolak masuk barang yang ingin dikirimkan.
CONFISCATED Confiscated Status yang menunjukkan bahwa paket Anda telah disita karena terindikasi berisi barang ilegal atau belum lolos bea cukai.
DETAINED_BY_CUSTOMS Destained By Custom Pada status ini, paket Anda sedang diproses pengecekan oleh pihak bea cukai di bandara maupun pelabuhan.
OTS On Transit Istilah on transit biasa dipakai untuk paket yang sedang dalam proses transit sebelum sampai ke lokasi tujuan pengiriman barang.
IN_LINEHAUL In Line Haul Status ini biasa muncul untuk pengiriman barang melalui darat. Tandanya paket Anda dalam proses masuk ke Line Haul SMD (Surat Muatan Darat).
OUT_LINEHAUL Out Line Haul Status ini biasa muncul untuk pengiriman barang melalui darat. Tandanya paket Anda dalam proses keluar dari Line Haul SMD (Surat Muatan Darat).
RTW Return To Warehouse Status ini menunjukkan jika paket Anda dalam perjalanan kembali ke Warehouse SiCepat.
RTS Return To Shipper Istilah yang digunakan jika paket dalam perjalanan kembali menuju alamat pengirim.
RTN Retur ke Pusat Istilah yang dipakai SiCepat untuk menandai paket yang kembali dikirimkan ke kantor pusat.
UNRTS Un Return To Shipper Status ini menandai bahwa gerai asal tempat pelanggan mengirimkan paket, mengembalikan paket ke gudang retur SiCepat.
BROKEN Broken Sesuai artinya, status ini menandakan paket Anda dalam kondisi rusak.
CODOC COD Out of Coverage Status ini biasa muncul ketika Anda melakukan pengiriman dengan sistem COD, namun layanan SiCepat tidak bisa menjangkau wilayah tujuan.
CODA Closed Once Delivery Attempt Istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa kantor tujuan pengiriman sedang tutup atau tidak beroperasi.
AU Antar Ulang Paket Anda dijadwalkan untuk dilakukan pengantaran ulang oleh SiGesit, kurir dari SiCepat.
CC Criss Cross Istilah yang menunjukkan adanya error kesalahan alamat pengiriman dari pihak SiCepat ketika melakukan input data.
BA Bad Address Status ketika kurir SiCepat tidak bisa menemukan alamat tujuan pengiriman barang. Bisa karena tidak lengkap atau salah alamat.
PDA Paket Destroy By Approval Status untuk menunjukkan bahwa paket atau bawang kiriman setuju untuk dihancurkan sesuai persetujuan pengirim dan penerima barang.
RBC Reject By Customer Menandakan bahwa penerima paket menolak barang kiriman dari kurir SiCepat.
UNPI Un Pick Status paket tidak dijemput atau tidak di pick up oleh kurir SiCepat.
CU Cnee Unkown Istilah yang digunakan SiCepat ketika penerima paket di alamat tujuan tidak dikenali.
LOST Lost Kode status untuk paket hilang yang dikirimkan melalui kurir SiCepat.
NTH Not At Home Istilah yang digunakan SiCepat ketika kurir sudah sampai di alamat pengiriman namun tidak ada penerima barang.
DLV Delivered Status jika paket Anda sudah berhasil dikirimkan dan diterima tanpa ada kendala.

SiCepat memang memiliki cukup banyak istilah yang digunakan sebagai penanda status pengiriman barang. Namun, Anda tidak perlu bingung, karena setiap proses pengiriman tidak semuanya akan melalui status yang disebutkan di atas.

Karena itulah, kami juga berharap Anda bisa memahami berbagai istilah pengiriman lain yang lebih luas. Makanya, kami sudah menyiapkan guideline & kamus istilah shipping yang berguna untuk Anda sebagai online seller.

Dengan mempelajari kamus istilah shipping tersebut, Anda punya informasi status pengiriman paket yang lebih komprehensif. Sehingga bisa memilah mana yang tepat dan cocok dalam proses pengiriman paket Anda.

Jika Anda mengalami kendala ketika mengirim barang lewat SiCepat, Anda bisa melakukan cek resi kemudian mencari tahu kode status terkini. Alternatif yang lebih baik adalah memanfaatkan KiriminAja saat ingin menggunakan SiCepat Ekspres.

KiriminAja memiliki berbagai opsi jasa kurir dengan sejumlah diskon harga dan promo berhadiah. Tentu saja, Anda akan mendapatkan kemudahan dan akses layanan customer service yang mumpuni.

Keunggulan lain dari KiriminAja dan SiCepat adalah layanan ekspedisi SiCepat COD. Maksudnya, saat memakai KiriminAja, Anda bisa memanfaatkan fitur COD dari SiCepat.

Selain itu, KiriminAja juga memiliki layanan retur yang lebih praktis, reliable, dengan biaya terjangkau. Untuk memahami retur, KiriminAja sudah menyiapkan penjelasan komprehensif soal retur untuk Anda.

Anda bisa membaca panduan COD SiCepat di tautan ini. Tujuannya, agar bisa mengulik lebih dalam layanan COD SiCepat. Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba memakai KiriminAja.

Sebagai awal perkenalan, Anda cukup meng-klik dashboard KiriminAja di sini. Tentu saja, demi keamanan paket, Anda wajib mendaftar di dashboard tersebut. Mendaftarnya pun tidak makan banyak waktu. Setelah mendaftar, segera manfaatkan KiriminAja sebagai partner agregator logistik Anda.

Pembahasan sejumlah istilah dalam pengiriman paket SiCepat Ekspress di atas bertujuan agar Anda bisa membuat strategi efektif menjalankan sistem ekspedisi terpadu dengan biaya rendah. Jika pun kesulitan, KiriminAja siap mendukung Anda kapan pun juga. Selamat mencoba, seller…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.