Panduan Istilah dalam Pengiriman POS Saat Mengembalikan Barang dari Mantan

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
Istilah status dalam pengiriman pos indonesia

Saat Anda menjadi pelaku bisnis online, jangan sampai buta berbagai istilah dan status pengiriman Pos Indonesia. 

Anda perlu mempelajari berbagai perusahaan jasa pengiriman agar proses distribusi produk ke pelanggan dapat berjalan lancar.

Seperti kita bersama, saat ini, Pos Indonesia memiliki jaringan layanan yang luas dengan lebih dari 58.000 kantor pos yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam artikel ini, KiriminAja telah merangkum untuk Anda istilah-istilah yang sering dipakai, seperti istilah kantor Pos dalam email. 

Kami juga membahas berbagai layanan untuk sejumlah kebutuhan Anda, seperti jenis-jenis jasa pengiriman dokumen.

Dan Pos Indonesia sekarang hadir loh di KiriminAja, mau menikmati layanannya? Gampang kok caranya, cukup daftar saja di Dashboard KiriminAja sekarang! Setelah itu kita akan membahas daftar istilah dan status pengiriman Pos Indonesia di bawah ini.

Jadi, yuk, simak penjelasannya sampai selesai.

Daftar Istilah dan Status Pengiriman Pos Indonesia

Pos Indonesia menyediakan berbagai jenis layanan, termasuk pengiriman surat, paket, dokumen, dan barang, pengiriman uang, pembayaran tagihan, pengiriman dokumen perbankan, dan layanan keamanan. 

Selain itu, Pos Indonesia juga menawarkan layanan logistik yang mencakup penyimpanan, pengiriman, dan penanganan barang.

Berikut beberapa jenis pengiriman Pos Indonesia yang bisa Anda optimalkan untuk kirim paket ke konsumen.

Layanan Pengiriman Pos Express

Layanan pengiriman pos express merupakan layanan pengiriman premium yang ditawarkan Pos Indonesia. 

Layanan ini menawarkan pengiriman yang cepat dan aman dengan jangkauan ke seluruh provinsi di Indonesia.

Saat ini, layanan pengiriman Pos Express lebih umum dikenal sebagai layanan Pos Nextday. 

Estimasi waktu  kiriman sampai ke alamat tujuan maksimal satu hari sejak barang diposkan. Umpamanya, Anda butuh jasa kirim dokumen kilat, maka Pos Nextday jadi solusinya

Layanan Pengiriman Pos Kilat Khusus

Jenis layanan yang kedua ini hampir sama dengan pengiriman Pos Express. Apakah kilat khusus bisa mengirim makanan? Dengan kecepatan pengirimannya, Pos Kilat Khusus memang bisa mengirim makanan yang tidak mudah basi.

Hanya saja, nama layanan Pos Kilat Khusus ini sudah tidak ada lagi. Layanan Pos Indonesia yang setara dengan Pos Kilat Khusus adalah Pos Nextday dan Pos Instan Plus.

Layanan Pengiriman Pos Instan Plus

Kita pasti pernah bertanya, bisakah kirim makanan lewat Pos? Untungnya, pada zaman ini, Pos Indonesia beradaptasi baik sehingga melayani pengiriman makanan.

Hanya saja, untuk bisa mengirim makanan, Anda harus mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk waktu expired dan membusuk.

Layanan Pos Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mengirim makanan bernama Pos Instant Plus.

Layanan Pengiriman Pos Jumbo Ekonomi

Pos jumbo ekonomi merupakan layanan Pos Indonesia yang menghitung ongkos kirim dengan tarif tingkat berat pertama. Dimulai dari 3 kg dan setiap satu kilogram berikutnya sampai pada tingkat berat 30 kg.

Layanan Pengiriman Kurir Reguler

Pengiriman kurir regular merupakan jenis layanan standar yang ditawarkan Pos Indonesia. Layanan ini dapat digunakan untuk pengiriman dokumen dan barang dengan berat kurang dari 2kg untuk dokumen, dan 2kg-20kg untuk barang.

Layanan Pengiriman QComm

Layanan QComm adalah jenis layanan yang cukup baru di Pos Indonesia. Layanan ini dibuat untuk memudahkan pelaku bisnis online untuk mendistribusikan dagangannya.

Layanan ini dapat menjangkau berbagai wilayah di pulau Jawa dengan waktu pengiriman maksimal 2 hari. Sedangkan berat maksimal barang yang bisa dikirim yaitu 5 kg.

Layanan Pengiriman Q9 (Kyu Nain) Sameday Service

Q9 Sameday Service merupakan layanan pengiriman super cepat dengan batas waktu maksimal 9 jam. Batas akhir pengiriman ini sampai pukul 16.00 waktu setempat.

Jenis layanan ini dapat digunakan untuk pengiriman dagangan online, dokumen, atau paket lainnya dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibu kota Provinsi (luar Pulau Jawa).

Istilah dalam Status Pengiriman Pos Indonesia

Seperti halnya  jasa ekspedisi lainnya, Pos Indonesia juga memberikan layanan untuk mengecek status pengiriman. Karenanya, melanjutkan daftar istilah dan status pengiriman Pos Indonesia, Anda juga wajib tahu istilah pengiriman.

Maka, berikut ini variasi istilah status pengiriman Pos Indonesia yang perlu Anda ketahui:

Istilah dan Status Pengiriman di POS Keterangan
Antaran Status “Antaran ” menunjukkan bahwa paket sedang dalam proses antar ke lokasi tujuan.
Tiba di Kantor Antaran Status ini berarti paket telah sampai di kantor POS kota tujuan.
Berangkat ke Kantor Pusat Status ini berarti pengiriman sedang dilakukan menuju gudang kantor Pos yang ada di kota.
Berangkat ke Kantor Pos Tujuan Selanjutnya, status ini menunjukkan bahwa paket sedang dikirim ke kantor Pos di kota tujuan.
Diteruskan ke Hub Diteruskan ke Hub artinya paket sedang dalam antrian untuk dikirimkan ke gudang kantor Pos kota tujuan.
Tiba di Hub Pengiriman sampai ke gudang kantor POS dari kota pengirimnya.
Diteruskan ke Kantor Antaran Status ini berarti pengiriman tengah diantarkan ke lokasi gudang kantor Pos sesuai kota tujuan.
Manifest Serah Manifest Serah berarti bahwa paket telah diserahkan ke kantor Pos dari kota pengirim.
Manifest R7 Saat barang Anda telah melewati proses R7 artinya sedang berjalan proses perpindahan antar kantor pos. Maksudnya, proses serah terima pengiriman paket dari kantor pos yang satu ke kantor pos lain. Maksudnya, penyerahan kantor Pos pertama menyerahkan paket Anda ke kantor Pos kedua.
Manifest Terima Manifest Terima berarti paket sudah diterima kantor POS kemudian akan diproses.
Penerimaan di Loket Paket sudah diterima di loket kantor POS atau Agen POS, kemudian akan terdaftar pada sistem.
Posting Loket Status Posting Loket artinya paket telah diterima oleh loket POS.
Proses Antar Artinya paket sedang diproses pengirimannya oleh kurir.
Puri Kirim Puri Kirim berarti proses pengiriman paket.
Puri Terima Status “Puri Terima ” menunjukkan bahwa paket telah diterima oleh kantor POS kota tujuan.
Selesai Antar Selesai Antar artinya pengiriman Pos telah selesai dilakukan sampai ke alamat tujuan.

Setelah mempelajari berbagai istilah dalam Pos Indonesia tersebut, sekarang saatnya memikirkan strategi sistem pengiriman paket yang tepat.

Sebab, dengan pengiriman yang lancar, pelanggan akan memiliki pengalam belanja yang baik dengan bisnis Anda. Efeknya akan meningkatkan penjualan sekaligus citra bisnis. 

Kabar baiknya, KiriminAja hadir untuk mendukung bisnis Anda punya sistem ekspedisi yang reliable di mata konsumen.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menawarkan layanan logistik yang handal dan terpercaya. Sehingga produk Anda dapat dikirim dengan aman dan tepat waktu kepada konsumen.

Selain itu, KiriminAja juga memungkinkan Anda memiliki toko online dengan fleksibilitas dalam mengatur margin keuntungan dan manajemen produk.

Anda dapat dengan mudah mengatur harga produk sesuai keinginan, menjaga #CashFlowAman, tetap fokus dalam menjangkau konsumen baru, sehingga bisnis jadi tenang dan terarah..

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Untuk memanfaatkan layanan-layanan tersebut dan mengeksplorasi berbagai jenis layanan kantor Pos, Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja dan mulai menjalankan bisnis Anda dengan lebih efisien.

Demikian pembahasan istilah dan status pengiriman Pos Indonesia. Harapan kami, Anda punya wawasan dan strategi untuk membuat bisnis online jadi lebih reliable di mata konsumen.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.