Pelajari Dulu Jenis Agregator Logistik yang Sesuai Bisnis Online Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Macam-macam agregator logistik

Ada banyak sekali jenis agregator logistik atau manajemen jasa ekspedisi satu pintu yang beredar di Indonesia saat ini. Tentu saja, bagi online seller, memilih manajemen jasa ekspedisi terpadu ini bisa memakan waktu dan membingungkan. 

Apalagi, istilah agregator logistik ini belum terlalu umum. Karena itu, KiriminAja akan membicarakan soal agregator logistik lebih detail di sini. 

Anda akan mendapat pembahasan apa sebenarnya logistik ini? Apa saja contoh kegiatannya? Siapa yang bisa memakai jasa agregator logistik? Dan lain sebagainya yang terkait agregator logistik. 

Contoh Kegiatan Logistik

Logistik mempunyai pengertian yaitu sebuah seni atau ilmu dan informasi serta sumber daya lainnya seperti produk, tenaga kerja, dan jasa yang digunakan untuk proses produksi ke pasar dengan tujuan pengoptimalan penggunaan modal.

Lalu apa saja contoh kegiatannya? Berikut KiriminAja akan paparkan untuk Anda:

Pelayanan Konsumen

Customer Service atau pelayanan konsumen adalah proses yang berlangsung antara pembeli, penjual dn pihak ketiga dalam mengamalkan nilai tambah dan pertukaran produk maupun jasa dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Prediksi Permintaan

Kegiatan ini berfungsi untuk menentukan seberapa besar permintaan barang dari konsumen yang kemudian akan diproduksi dan dipasarkan. Prediksi ramalan ini meungkinkan manajer bagian logistik menyediakan berbagai anggaran biaya yang muncul.

Manajemen Stok dan Persediaan

Salah satu contoh kegiatan logistik adalah pengaturan jumlah persediaan dan stok. Hal ini bertujuan untuk mencatat berapa jumlah biaya yang cukup untuk melakukan proses produksi tersebut.

Komunikasi Logistik

Komunikasi adalah hal penting dalam sistem logistik sebab menjadi jaringan vital diantara seluruh proses logistik dalam perusahaan. Komunikasi logistik terdiri dari e-commerce, kode barcode, EDI (Electronic Data Interchange), Enterprise Resource Planning.

Enterprise Resource Planning ini penting loh untuk sistem logistik. Maka dari itu Anda bisa membaca apa itu ERP di sini untuk menambah referensi.

Jenis Agregator Logistik

Agregator logistik mempunyai beberapa jenis yang berbeda namun tujuannya tetap sama. Berikut ini adalah jenis-jenis tersebut.

Traditional Freight Forwarder

Agregator logistik jenis ini memfokuskan diri pada jasa pengiriman barang melalui berbagai moda transportasi seperti laut, udara, dan darat.

Mereka bertindak sebagai perantara antara pelanggan dan pengangkut, membantu membuat aransemen pengiriman, mengatur dokumen dan memastikan pengiriman dilakukan dengan tepat waktu.

Non-Vessel Operating Common Carrier (NVOCC)

NVOCC berfungsi seperti traditional freight forwarder, namun memiliki beberapa perbedaan penting. Perbedaan itu ada pada moda transportasi yang digunakan dan dimiliki.

Mereka tidak memiliki armada sendiri dan bergantung pada perjanjian kontrak dengan pengangkut untuk mengirimkan barang. Mereka menawarkan harga yang lebih murah dan fleksibel dalam hal pengiriman barang.

Multi-Modal Transport Operator (MTO)

Jenis aggregator logistik ini memfokuskan diri pada pengiriman barang melalui lebih dari satu moda transportasi, seperti laut dan darat.

MTO membantu pelanggan membuat jadwal pengiriman dengan mempertimbangkan biaya, waktu dan keamanan pengiriman.

Third-Party Logistics (3PL) Provider

3PL provider menawarkan solusi logistik lengkap, termasuk penyimpanan, pengiriman, dan manajemen inventori.

Mereka bekerja dengan perusahaan untuk membantu mereka memperbaiki efisiensi dan mengurangi biaya logistik.

Digital Freight Forwarder

Digital Freight Forwarder adalah agregator logistik berbasis teknologi yang menawarkan jasa pengiriman barang melalui platform online.

Mereka memfasilitasi aransemen pengiriman, membantu pelanggan membandingkan harga dan mempermudah pembayaran dan dokumentasi.

Reverse Logistics Aggregator

Agregator ini memfokuskan diri pada proses pengembalian barang dan membantu perusahaan mengelola proses pengembalian yang efisien dan terkoordinasi.

Same-Day Delivery Aggregator

Jenis agregator logistik satu ini adalah bisa melakukan jasa pengiriman barang dalam waktu yang sangat singkat, seperti pengiriman dalam hari yang sama atau dalam beberapa jam.

Last Mile Delivery Aggregator

Agregator ini memfokuskan diri pada pengiriman barang dari gudang atau titik distribusi ke alamat penerima akhir. Ini akan mempermudah pelanggan dalam mengambil paket yang sudah sampai tanpa perlu menunggu.

Air Cargo Aggregator

Agregator ini memfokuskan diri pada pengiriman barang melalui penerbangan dan membantu perusahaan mengelola proses pengiriman udara yang efisien dan terkoordinasi.

Custom Brokerage Aggregator

Agregator ini memfokuskan diri pada jasa broker custom dan membantu perusahaan mengatasi proses impor dan ekspor yang rumit dan memenuhi regulasi custom yang berlaku.

Berbagai jenis agregator logistik di atas memiliki fokus dan layanan yang berbeda-beda. Namun mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu perusahaan mengelola proses pengiriman barang dengan efisien dan berkualitas.

Jika Anda bingung dengan berbagai jenis serta pengertiannya di atas, jangan khawatir. Anda hanya perlu mencari satu agregator logistik terpercaya jika ingin pengiriman barang menjadi praktis.

Jawaban dari hal tersebut adalah KiriminAja, ini adalah agregator logistik terpercaya dengan berbagai macam layanan ekspedisi yang terintegrasi. 

Anda bisa mengunduh KiriminAja di Playstore atau Appstore. Selain itu Anda juga bisa mendaftar gratis melalui dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung bisa menikmati berbagai layanan prima agregator logistik unggulan Indonesia.

Banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang bisa Anda rasakan dari KiriminAja. Beberapa contoh benefit KiriminAja adalah mudahnya pencairan dana COD harian, manajemen inventory, multi warehouse, managemen cs dan user, live tracking, whatsapp follow up dan cash flow monitoring.

Dengan semua layanan KiriminAja untuk online seller di atas, bisnis Anda dari langkah pertama hingga pengiriman paket ke pelanggan akan jadi lebih praktis. 

Selain itu, Anda akan mendapatkan keuntungan penjualan langsung ketika paket COD telah sampai.

Makanya, yuk, pilih KiriminAja sebagai agregator logistik bisnis Anda adalah hal yang paling tepat. Segala masalah selalu ada solusinya di KiriminAja. 

Jadi, tak perlu lagi takut memulai dan mengembangkan bisnis ya. Karena KiriminAja adalah jenis agregator logistik yang hemat, cepat, membuat #CashFlowAman, aga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.