Fungsi, Tujuan, dan Jenis Keyword Matching untuk Campaign Bisnis Anda

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
tujuan dan fungsi keyword matching

Membahas fungi, tujuan, dan jenis keyword matching merupakan salah satu metode dasar yang harus Anda lakukan dalam aktivitas campaign iklan.

Keyword matching yang digunakan dalam campaign digital marketing dapat memastikan bahwa iklan atau konten yang ditargetkan muncul kepada audiens yang relevan.

Hal ini berguna untuk meningkatkan traffic dan memperluas jangkauan campaign. Terdapat beberapa jenis keyword matching yang dapat Anda manfaatkan di sini.

Jadi, langsung saja yuk simak pembahasan terkait keyword matching untuk optimalisasi campaign digital marketing bisnis Anda.

Definisi Keyword Matching

Keyword matching adalah metode yang digunakan dalam campaign digital marketing untuk memastikan bahwa iklan atau konten yang ditargetkan muncul kepada audiens yang relevan. 

Metode ini bekerja dengan membandingkan kata kunci yang telah ditentukan dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna atau dengan konten yang sedang dikunjungi oleh pengguna. 

Ketika ada kecocokan antara kata kunci yang ditargetkan dan kata kunci yang digunakan oleh pengguna, maka iklan atau konten yang sesuai akan ditampilkan.

Tujuan dan Fungsi Keyword Matching

Berikut beberapa tujuan dan fungsi dari keyword matching untuk campaign digital marketing bisnis Anda:

Meningkatkan Relevansi

Keyword matching membantu memastikan bahwa iklan atau konten Anda memiliki relevansi yang tinggi dengan kata kunci yang pengguna pakai dalam pencarian. Hal ini juga dapat meningkatkan peluang konversi.

Meningkatkan Kualitas Traffic

Dengan menggunakan keyword matching yang tepat, campaign digital marketing dapat menarik traffic yang berkualitas tinggi karena yang berkunjung hanyalah mereka yang memiliki kepentingan terkait produk atau bisnis Anda.

Mengurangi Pemborosan Biaya

Memilih jenis keyword matching yang sesuai juga dapat menghindari pemborosan biaya. Misalnya, dengan menggunakan exact match, iklan hanya ditampilkan kepada pengguna yang mencari kata kunci sama persis, sehingga menghindari penggunaan biaya untuk klik yang tidak relevan.

Memperluas Jangkauan

Anda juga dapat memperluas jangkau iklan atau konten marketing dengan menggunakan keyword matching yang berbeda. Misalnya, menggunakan broad match dan phrase match sekaligus.

Jenis Keyword Matching

Terdapat empat jenis keyword matching yang dapat Anda terapkan untuk campaign digital marketing. Berikut penjelasannya:

Broad Match

Dengan Broad Match , iklan atau konten ditampilkan ketika kata kunci yang diketik oleh pengguna memiliki kaitan atau relevansi dengan kata kunci yang ditargetkan. 

Ini mencakup variasi kata, sinonim, kata terkait, dan pencarian yang lebih luas. Misalnya, jika kata kunci yang ditargetkan adalah “sepatu olahraga”, iklan dapat muncul ketika pengguna mencari “sepatu lari” atau “alat olahraga”. 

Oleh karena itu, jenis ini memungkinkan penjangkauan yang lebih luas tetapi bisa juga menyertakan istilah yang kurang relevan.

Broad Match Modifier

Jenis keyword matching ini memungkinkan pengguna untuk menentukan kata-kata tertentu yang harus ada dalam pencarian pengguna agar iklan ditampilkan. Untuk itu, pengguna harus menambahkan tanda (+) di depan kata yang harus cocok.

Misalnya, jika kata kunci yang ditargetkan adalah “+sepatu +olahraga”, iklan dapat muncul ketika pengguna mencari “beli sepatu olahraga” atau “sepatu olahraga terbaik”, tetapi tidak akan muncul jika pengguna mencari “sepatu lari” atau “alat olahraga”. 

Broad match modifier ini memberikan fleksibilitas lebih dibandingkan broad match karena memungkinkan kontrol yang lebih spesifik.

Phrase Match

Pada jenis keyword matching ini, iklan atau konten ditampilkan ketika kata kunci yang diketik oleh pengguna mengandung frasa yang sama atau memiliki urutan kata yang sama dengan kata kunci yang ditargetkan. 

Untuk menandai frase, kata kunci ditempatkan di dalam tanda petik ganda (" "). Misalnya, jika kata kunci yang ditargetkan adalah “sepatu olahraga”, iklan dapat muncul ketika pengguna mencari “beli sepatu olahraga online” atau “sepatu olahraga terbaru”. 

Namun, iklan tidak akan muncul jika pengguna mencari “sepatu lari” atau “alat olahraga”. Phrase match memberikan tingkat kontrol yang lebih spesifik dibandingkan broad match, tetapi tetap mempertimbangkan variasi dan kata yang ada di sekitarnya.

Exact Match

Pada jenis keyword matching ini, iklan atau konten ditampilkan hanya jika kata kunci yang diketik oleh pengguna persis sama dengan kata kunci yang ditargetkan. Kata kunci ditandai dengan tanda kurung siku [ ]. 

Misalnya, jika kata kunci yang ditargetkan adalah [sepatu olahraga], iklan akan muncul hanya ketika pengguna mencari kata tersebut tanpa variasi atau kata tambahan. 

Dengan kata lain, exact match memberikan tingkat kontrol yang paling spesifik dan memfokuskan iklan hanya pada kata kunci yang persis cocok.

Contoh Keyword Matching

Berikut adalah contoh penggunaan keyword matching dalam campaign digital marketing:

Broad Match :

  • Kata Kunci Ditargetkan: sepatu olahraga
  • Contoh Penggunaan: beli sepatu olahraga, sepatu olahraga terbaik, sepatu olahraga online, alat olahraga

Broad Match Modifier:

  • Kata Kunci Ditargetkan: +sepatu +olahraga
  • Contoh Penggunaan: beli sepatu olahraga, sepatu olahraga terbaik, sepatu olahraga online, alat olahraga

Dalam contoh-contoh di atas, kata kunci yang ditargetkan adalah “sepatu olahraga”. Berdasarkan jenis keyword matching yang digunakan, iklan atau konten akan ditampilkan untuk berbagai variasi kata kunci yang relevan. 

Untuk menemukan kata kunci yang relevan dan akurat, kami memberikan panduan dan pembahasannya di uraian 3 tools riset keyword dari Google

Dengan memanfaatkan tools tersebut dan mengoptimalkan keyword matching, campaign digital marketing bisnis Anda dapat lebih mudah mencapai tujuan pemasaran.

Nah, agar campaign marketing lebih mendatangkan konversi, Anda perlu menambahkan strategi lain yang membuat audiens tertarik untuk membeli produk Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan layanan pengiriman dari berbagai ekspedisi dengan kualitas reliable. Kabar baiknya, tidak perlu banyak effort untuk layanan prima seperti itu.

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan nikmati kebebasan mengatur margin profit. Jadi, #CashFlowAman, bisnis tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.