JNE vs J&T, Sebaiknya Pilih Jasa Ekspedisi Mana?

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Beda JNE dan JNT

JNE (PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir) dan J&T (Jet & Tony) adalah dua contoh perusahaan jasa ekspedisi populer yang beroperasi di Indonesia.

JNE dan J&T sering kali dibandingkan, karena selain punya penyebutan nama yang mirip, tarif pengiriman dan layanan yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda.

Sebelum membahas apa sih perbedaan keduanya dan lebih baik pilih yang mana, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu ke Dashboard KiriminAja, selain dua ekspedisi tersebut ada di dalamnya, Anda juga bisa memilih untuk kirim paket secara massal. Bisa di pick up pula, mudah sekali kan jadinya?

Sebagai pebisnis online, Anda bisa memanfaatkan salah satu atau keduanya. Ada sejumlah faktor pertimbangan saat menentukan jasa kurir, seperti harga, layanan, pilihan konsumen dan sejumlah fitur lainnya. Lalu, saat diperbandingkan JNE vs J&T, manakah yang lebih baik?

KiriminAja membantu Anda membandingkan sejumlah faktor antara JNE dan J&T. Apalagi, kedua jasa ekspedisi tersebut sudah terintegrasi dengan KiriminAja.

Hanya saja, yang perlu diingat, tidak ada perusahaan yang unggul secara absolut. Artinya, bisa saja JNE unggul di satu fitur, tapi J&T unggul di fitur yang berbeda. Kondisi tersebut berarti menuntut Anda untuk selalu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi.

Karenanya, saat mengakses KiriminAja, Anda selalu diinformasikan keunggulan layanan tiap ekspedisi yang akan digunakan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Dengan menyimak artikel ini Anda bisa mendapatkan jasa kirim barang termurah untuk menyenangkan para pelanggan.

Apa bedanya JNE dan J&T?

JNE dan J&T memiliki perbedaan dari segi waktu operasional, jumlah counter cabang, hingga tarif pengiriman. Anda bisa mempelajari lebih lanjut terkait perbedaan keduanya pada ulasan berikut ini.

Perang Harga JNE vs J&T

Tidak bisa dipungkiri, tarif pengiriman menjadi elemen penting yang bisa mempengaruhi pengguna jasa ekspedisi. Perhitungan perang harga JNE dan J&T bisa Anda cek di bawah ini.

  1. JNE dengan biaya Rp 9,000 untuk pengiriman paket reguler 1-2 hari kerja dan Rp 18,000 untuk paket YES (Yakin Esok Sampai).
  2. J&T mematok tarif Rp 10,000 untuk pengiriman 2-4 hari kerja.

Adapun untuk tarif pengiriman luar kota, misalnya Anda ingin mengirim barang dari Jakarta Pusat ke Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. JNE mengenakan tarif:

  1. Rp 19,000 untuk layanan OKE dengan waktu pengiriman 3-6 hari kerja.
  2. Rp 20,000 untuk layanan REG dengan estimasi pengiriman 2-3 hari kerja.

Sementara J&T hanya menawarkan layanan reguler estimasi 2-3 hari kerja dengan tarif Rp 21,000.

Bagaimana dengan perbandingan tarif JNE vs J&T untuk pengiriman antar pulau? Anda bisa melihat contoh tarif yang sudah kami periksa untuk pengiriman dari Jakarta Pusat menuju Kecamatan Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur, yang notabene merupakan lokasi IKN.

Ketika Anda memilih mengirim paket dengan berat 1 kilogram dari Jakarta Pusat ke IKN menggunakan JNE, maka tarif yang harus dibayar adalah:

  1. Rp 58,000 untuk layanan OKE estimasi 5-7 hari kerja.
  2. Rp 65,000 untuk paket Reguler estimasi 3-5 hari sampai.

Sementara itu, dengan bobot dan destinasi yang sama, J&T mematok tarif sebesar Rp 67 ribu dengan estimasi pengiriman 3-5 hari kerja.

Berdasarkan pengecekan dari masing-masing website jasa ekspedisi di atas, bisa disimpulkan bahwa perang harga JNE vs J&T memang benar terjadi. Karena harga yang relatif tidak jauh berbeda, maka sangat wajar jika Anda perlu mengecek layanan lainnya.

Jenis Layanan

Sebagai pendatang baru, J&T sampai saat ini masih fokus dengan satu pilihan layanan, yakni J&T Reguler.

Di sisi lain, Anda bisa memilih layanan JNE OKE, Reguler, atau YES (Yakin Esok Sampai). Selain ketiga opsi tersebut, JNE juga memiliki layanan lain seperti JESIKA (Jemput Asi Seketika) serta kirim uang ke seluruh dunia.

Layanan pickup (Jemput Paket)

JNE dan J&T punya strategi berbeda terkait layanan pickup atau jemput paket. J&T memiliki layanan gratis jemput paket tanpa biaya dan berat minimal ke lokasi toko penjual. Hal ini sangat memudahkan bagi para seller online yang masih belum punya banyak karyawan. Terlebih lagi permintaan pickup barang juga bisa dilakukan lewat website, call center, serta aplikasi J&T Express.

Sementara itu, layanan pickup (jemput paket) dari JNE hanya berlaku bagi penerima barang. Layanan ini bisa dimanfaatkan para shopaholic yang tidak selalu ada di rumah. Agar paket bisa lebih cepat diterima, Anda bisa menghubungi layanan customer service JNE untuk melakukan penjemputan paket ke counter JNE terdekat.

Cabang dan Cakupan Wilayah

Secara kasat mata, Anda pasti lebih sering menemukan counter cabang JNE dibandingkan J&T. Hal ini memang menjadi salah satu strategi dan keunggulan JNE jika dibandingkan dengan J&T, setidaknya sampai dengan saat ini.

JNE yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1990 sudah bisa menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Sementara J&T sampai sekarang masih mengembangkan cakupan wilayahnya agar bisa menjangkau lebih banyak daerah.

Keunggulan JNE dalam jumlah cabang tidak bisa lepas dari strategi bisnis mereka ang menggunakan skema franchise atau waralaba.

Dengan konsep franchise, siapa pun bisa membuka counter JNE tanpa ada batasan wilayah. Bahkan, seringkali dalam satu kecamatan kita bisa menemukan dua atau lebih counter JNE.

Berbeda dari JNE, untuk urusan kantor cabang J&T punya kebijakan yang cukup unik, yakni membatasi hanya satu counter per kecamatan. Sistem pendiriannya pun tidak menggunakan skema waralaba, melainkan langsung dikelola oleh pusat.

Waktu Operasional

Untuk J&T, Anda bisa mengirimkan barang ke counter terdekat setiap hari pada jam 08.00 - 22.00 WIB. Sementara untuk pengiriman via drop point buka setiap hari selama 24 jam, bahkan di hari minggu dan hari libur sekalipun.

JNE sendiri juga melayani pengiriman barang dengan waktu operasional 24 jam, namun hanya untuk counter pusat di kota-kota besar. Untuk counter kecil yang ada di daerah, waktu operasional JNE berbeda-beda tergantung pada pengelola atau pemilik waralaba. Pada umumnya, waktu operasional JNE adalah 08.00 - 20.00 WIB.

Aplikasi & Browser

Agar semakin memudahkan para pengguna, baik JNE maupun J&T sama-sama sudah memiliki aplikasi untuk smartphone. Anda bisa mendapatkan aplikasi My JNE dan J&T Express secara gratis melalui Play Store ataupun App Store.

Selain itu, Anda juga tetap bisa mengakses layanan JNE dan J&T melalui website resmi perusahaan untuk kebutuhan tracking barang, cek ongkir, atau riset layanan pengiriman.

Memantau JNE vs J&T Secara Real Time

Memahami perbandingan antara JNE dan J&T di atas berarti membuat Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan logistik paket. Untuk mempermudah Anda melihat keunggulan, promo diskon, dan berbagai fitur JNE atau J&T lebih sinkron, cukup gunakan KiriminAja.

Dengan mendaftar di KiriminAja, Anda akan bertemu dengan dashboard yang berisi berbagai informasi dan keunggulan masing-masing jasa ekspedisi secara real-time.

Artinya, Anda lebih mudah menekan biaya ongkir karena bisa menyesuaikan harga berdasar promo atau keunggulan tertentu jasa kurir.

Lebih jauh lagi, cukup dengan mengunjungi dashboard KiriminAja di sini, Anda sudah bisa membandingkan perang layanan JNE vs J&T secara real time. Jadi, Anda makin bisa menekan harga ongkir dengan lebih mudah.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.