Cara Jualan Saat Ramadan yang Bisa Dapat Profit, Sedekah, dan Pacar

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Inspirasi jualan saat Ramadhan

Jualan saat ramadan memang membuka banyak peluang. Tidak hanya untuk urusan bisnis tapi juga untuk urusan ibadah. 

Banyak orang mencari makanan atau camilan sebelum berbuka puasa, dan jika kita bisa memanfaatkan momen ini dengan baik, maka akan menjadi peluang bisnis yang besar.

Jualan saat ramadhan akan sangat menguntungkan bagi Anda para seller online jika aktif memanfaatkan dan mencari celah peluang di dalamnya. Misalnya, Anda dapat membuka bisnis fashion busana muslim, makanan atau minuman dan takjil.

Sebagai seller online, kesempatan tersebut tentunya tak bisa dilewatkan begitu saja mengingat momen ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyimak ide-ide atau inspirasi jualan saat ramadhan di bawah ini.

Peluang Usaha Saat Berjualan di Bulan Ramadhan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ramadan menjadi bulan penuh berkah apabila kita sebagai seller online pintar memanfaatkan momentum dan trend yang akan terjadi di bulan ramadhan. Peluang usaha ini sangat besar sebab banyak konsumen membutuhkan beberapa produk.

Konsumen akan cenderung konsumtif dan memanfaatkan waktu ini karena dengan begitu diri mereka akan merasa puas dan senang. Maka dari itu, di dunia serba digital seperti sekarang ini, Anda tak perlu repot membuka warung di pinggir jalan.

Dengan teknologi dan gaya hidup masyarakat serba online, Anda bisa menjual beberapa barang atau produk lewat marketplace atau platform sosial media yang bermacam-macam seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dan Twitter.

Ada baiknya Anda mempersiapkan ide bisnis atau inspirasi jualan apa saja di bulan ramadhan supaya tak ketinggalan. KriminAja akan merangkaikan ide-ide usaha di bulan ramadhan pada penjelasan di bawah ini.

Cara Jualan Saat Ramadan

Bagi Anda yang ingin mengambil peluang di Ramadhan, maka selalu buat strategi khusus yang sesuai bisnis. Sebab, yang ingin dapat untung di bulan Ramadhan bukan cuma Anda.

Oleh karenanya, ini dia cara jualan saat Ramadan yang perlu Anda terapkan nanti:

  • Fokus pada produk yang sesuai dengan tema Ramadan, seperti makanan dan minuman khas. Jangan lupa untuk memberikan diskon atau promo menarik agar konsumen tertarik.
  • Manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar Anda. Buatlah konten-konten menarik dan informatif tentang bisnis Anda di bulan Ramadhan.
  • Jangan lupa untuk beramal dengan sedekah dari sebagian keuntungan yang Anda dapatkan. Selain untuk ibadah, bersedekah juga punya efek positif untuk branding bisnis Anda.
  • Manfaatkan kegiatan atau momen gathering terkait ramadhan untuk berjualan. Selain untuk memperluas jaringan sosial, Anda juga bisa menjual produk dan dapat pacar. 

Dengan cara jualan saat Ramadan yang tepat, Anda tidak hanya bisa mendapatkan profit yang besar, tapi juga beramal dengan sedekah dan menemukan jodoh di bulan yang penuh berkah ini.

Ide Usaha dan Inspirasi Jualan Saat Ramadhan

Kalau Anda masih bingung dan bimbang dalam menentukan jenis usaha apa yang cocok dilakukan saat bulan ramadhan, berikut ini ada beberapa rekomendasi ide bisnis yang bisa Anda coba:

Bisnis Katering Makanan

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat bagi Anda untuk membuka bisnis katering makanan. Ada banyak orang yang sibuk dan tidak sempat mempersiapkan menu untuk berbuka puasa atau sahur, dan Anda bisa mengambil peluang ini untuk dijadikan sebuah bisnis.

Misalkan, Anda bisa menawarkan jasa katering kepada anak kost atau kalangan pekerja yang memiliki jadwal padat. Sebelum memulai bisnis, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai.

Berikan beberapa pilihan paket catering, seperti catering mingguan atau bulanan, agar pelanggan bisa memilih sesuai preferensi mereka. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan bisnis Anda akan berjalan dengan lancar.

Takjil dan Minuman Segar

Setelah seharian menahan dahaga dan lapar, orang-orang yang berpuasa pastinya membutuhkan minuman yang segar dan cemilan atau takjil yang membuat mereka merasa senang dan puas. Atas dasar ini, Anda bisa melakukan sebuah bisnis dengan jualan takjil dan minuman segar.

Dari tahun ke tahun, bisnis ini tak pernah sepi pembeli, sebab orang-orang selalu membutuhkan minuman yang menyegarkan diri mereka kembali. Untuk modal pun Anda tak memelukan jumlah yang banyak, misalnya dengan berjualan es buah dan takjil gorengan.

Berjualan Buah-buahan dan Kurma

Buah-buahan menjadi salah satu pilihan yang sering diburu oleh konsumen karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Salah satu buah yang menjadi incaran adalah kurma, selain identik dengan bulan ramadhan, kurma juga bisa memberikan manfaat positif secara kesehatan.

Anda bisa menjual berbagai macam buah-buahan seperti kurma dan lain sebagainya. Supaya semakin banyak pembeli, Anda bisa memberikan diskon untuk sekian pembeli pertama yang datang. Hal ini akan membuat banyak konsumen tertarik dengan bisnis Anda.

Perlengkapan Ibadan dan Fashion Busana Muslim

Banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan ibadah. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis dengan berjualan perlengkapan ibadah maupun busana muslim.

Dengan tawaran yang menarik dan bervariasi, konsumen akan cenderung tertarik dan membeli produk Anda. Untuk masalah pengiriman Anda bisa menawarkan kupon belanja khusus bulan ramadhan supaya penjualan semakin meningkat.

Dengan diskon khusus tersebut konsumen akan cenderung memilih produk Anda. Diskon adalah strategi yang cukup efektif untuk menarik para pelanggan. Namun tentunya Anda memerlukan strategi atau cara lain supaya makin menarik pelanggan.

Cara KiriminAja Mendukung Bisnis Anda Saat Ramadan

Segala ide bisnis di atas bisa jadi makin menarik di mata pelanggan jika Anda menggunakan strategi logistik yang tepat. 

KiriminAja memungkinkan Anda dan para online seller lain untuk mempunyai kebebasan mengatur margin keuntungan serta manajemen jasa kurir yang praktis. Sehingga bisa menyingkat waktu operasional sekaligus mendapat layanan pengiriman cepat, hemat, aman, dan praktis.

Jadi Anda tak perlu repot-repot menghabiskan tenaga untuk urusan logistik. Artinya, Anda punya lebih banyak waktu untuk fokus bagaimana menjangkau konsumen baru.

Tak sebatas itu, KiriminAja akan membuat Anda leluasa mengatur margin profit selama berjualan sambil tetap menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Kabar baiknya, untuk mendapatkan berbagai macam pelayanan prima tersebut, Anda tak memerlukan effort besar. 

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung merasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia dengan optimal.

Jadi, jangan ragu jualan saat Ramadan karena ada KiriminAja yang selalu mendukung bisnis Anda tumbuh hingga punya anak cucu.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.