Kemasan yang Tepat untuk Produk

Kinanthi Haksari
3 bulan yang lalu
135
Kemasan yang Tepat untuk Produk

Ternyata melakukan pemilihan kemasan yang tepat untuk produk memang sulit sekaligus menjadi hal yang membingungkan. Padahal, kemasan produk yang bagus menjadi bagian terpenting dalam berbisnis sehingga harus diutamakan. Nah, bagi para pebisnis memang harus memilih bentuk dan ukuran yang pas untuk produk yang tepat.

 

Oleh karena itu, sebelum menentukan kemasan yang akan digunakan maka Anda harus dengan tepat. Di era sekarang ini juga terdapat banyak jenis kemasan yang dapat digunakan dengan efisiensi dan efektif sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk melakukan branding dengan tepat.

 

Pastinya, saat memilih kemasan harus yang menarik dan mudah digunakan oleh pembeli, jika memiliki ciri khas kemasan sendiri maka akan lebih mudah dikenal oleh pembelinya. Dengan kemasan yang tepat untuk produk Anda akan menjadi salah satu cara untuk menghemat budget pengeluaran pembelian kemasan.

 

Tips Memilih Kemasan yang Tepat untuk Produk

Agar produk Anda mudah dikenal banyak orang maka harus memilih kemasan yang tepat mulai dari bentuk, ukuran, dan variannya. Yuk ketahui beberapa tips dalam memilih kemasan yang tepat untuk produk Anda dalam penjelasan di bawah ini.

 

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

Pertama, hal yang harus diperhatikan saat memilih kemasan yang tepat untuk produk yaitu menyesuaikan ukuran produk dengan kemasan agar tidak terlihat terlalu besar ataupun terlalu kecil sehingga tidak pas.

 

Tetapi, usahakan tetap ada ruang kosong pada kemasan produk Anda dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada kemasan akibat memasukkan produknya kepenuhan. Nah, biasanya  memasukkan produk dengan adanya sedikit kekosongan maka akan membuat produk terlihat lebih banyak.

 

2. Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Tentu saja setiap kemasan memiliki jenisnya dari yang transparan, kertas, hingga plastik sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

Apabila produk mengandung unsur cair maka gunakanlah kemasan dengan penutup rapat. Sepert, produk minuman maka sebaiknya menggunakan botol sebagai kemasan. Tentunya, kemasan tersebut praktis sehingga menggunakan botol akan menambah nilai jual tersendiri.

 

3. Menentukan Material yang Tepat

Apabila Anda tidak ingin produk berubah rasa atau basi dalam waktu cepat maka Anda dapat mencoba menggunakan kemasan dengan material yang tepat. Misalnya, Anda disarankan untuk menggunakan kemasan yang kedap udara.

 

Dengan demikian maka kemasan tersebut dapat mencegah terjadinya perubahan rasa dan aroma pada produk. Nah, Anda harus tahu beberapa jenis kemasan yang recomended digunakan sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan.

 

4. Memperhatikan Fitur yang Digunakan Kemasan

Ternyata memilih kemasan juga harus memperhatikan fitur yang digunakan karena hal tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat Anda pertimbangkan tepat atau tidaknya.  Biasanya kemasan mempunyai fitur Vacuum, Zipper dan Valve.

 

Ketahuilah kemasan berfitur Vacuum digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa produk sehingga cocok untuk kemasan makanan atau minuman. Kemasan Valve, merupakan kemasan yang tepat untuk membungkus produk yang mengeluarkan gas. Nah, kemasan tersebut berperan dalam mengeluarkan gas dari dalam kemasan, jangan khawatir udara dari luar tidak dapat masuk ke dalam kemasan sehingga aman digunakan.

 

 

 Sedangkan kemasan zipper merupakan kemasan yang dapat berfungsi untuk melindungi produk dari sinar matahari dan oksigen karena terbuat dari Alumunium Foil.

 

Demikianlah tips memilih kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk bisnis sehingga sebelum membuat atau membeli kemasan maka Anda harus memastikan kemasan dengan produk yang dijual memiliki ukuran yang tidak terlalu berbeda jauh, pilihlah kemasan yang memang sesuai dengan kebutuhan produk.

 

Kemasan yang Recomended Digunakan

Ketahui jenis kemasan yang recomended untuk digunakan Anda sesuai dengan produk sehingga dapat memberikan kenyamanan pada para pembeli, Yuk ketahui dalam informasi lengkapnya di bawah ini.

 

1. Standing Pouch

Jenis kemasan standing pouch merupakan kemasan yang sekarang ini banyak dipilih oleh produsen untuk mengemas produknya. Nah, penggunaan kemasan tersebut dapat kita temukan pada berbagai bentuk produk baik padat maupun cair. Misalnya, untuk mengemas produk padat seperti biji kopi, bubuk kopi, kosmetik, dan makanan padat.

 

Sedangkan, jenis kemasan standing pouch untuk produk cair biasanya digunakan produsen untuk mengemas minyak goreng, sabun detergen, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan kemasan pouch memang mempunyai banyak kelebihan yang menguntungkan konsumen maupun produsen.

 

Pembeli diuntungkan karena kemasan tersebut dapat menjaga isi produk sehingga produk tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Keuntungan untuk produsen yaitu dapat mengemas produk secara efektif dan menarik sehingga produknya tidak gampang rusak.

 

2. Bottle

Terdapat jenis kemasan botol yang sering digunakan untuk mengemas produk jenis minuman ataupun produk cair, dan produk kecantikan. Nah, biasanya jenis kemasan tersebut dapat digunakan secara efisien tanpa merusak produk seperti untuk mengemas minuman produk jus, jamu, dan benda cair yang lainnya.

 

Menggunakan kemasan jenis botol tersebut pastinya sangat efisien bagi para pembeli karena mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa takut produknya rusak atau hilang. Nah, Anda dapat melihat kini berbagai kemasan botol juga bervariasi sehingga untuk menarik perhatian pembeli maka Anda dapat membeli jenis botol sesuai dengan jenis produknya.

 

Anda juga bisa memilih jenis botol dari ukurannya yang kecil maupun besar karena dapat disesuaikan dengan isi produknya.

 

3. Box Makanan

Box Makanan merupakan kemasan berbentuk kotak yang cocok untuk bungkus makanan sesuai dengan namanya. Nah, biasanya box makanan digunakan untuk kemasan martabak, roti bakar, dan jenis makanan yang lainnya.

 

Dengan menggunakan box makanan tersebut maka akan membantu Anda menjualkan produk dengan bentuk yang sederhana dan praktis. Penggunaan box makanan tersebut juga memudahkan pembeli untuk membawa produknya kemanapun.

 

Sekarang ini tersedia box makanan yang terbuat dari kertas maupun plastik sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

 

4. Pouch Paper

Anda juga dapat menggunakan kemasan pouch paper yang biasanya kita lihat untuk membungkus teh, kopi, dan makanan kering yang lainnya. Ketahuilah kemasan tersebut biasanya digunakan oleh produsen dari bentuk kemasan yang menarik dan minimalis sehingga bentuknya yang menarik juga dapat melindungi produk dari paparan sinar matahari secara langsung.

 

Dengan demikian akan  membuat produk aman dibawa kemanapun, tidak mudah rusak.

 

5. Kemasan Tube

Terdapat pula jenis kemasan tube yang sering kita lihat untuk mengemas produk kecantikan seperti kemasan lotion dan krim. Nah, ternyata kemasan tube tidak hanya untuk produk kecantikan, tetapi biasanya juga digunakan untuk berbagai produk untuk perlengkapan hotel.

 

Nah, jenis kemasan seperti ini dapat kita jumpai dalam beberapa ukuran untuk kita temukan. Saat memilih jenis kemasan ini, sebaiknya pertimbangkan produknya cocok atau tidak.

 

Jika Anda ingin membuat kemasan yang tepat untuk produk maka bisa menyesuaikan dengan desain sendiri, silakan kini Anda dapat mencetaknya sendiri dengan desain yang diinginkan sesuai dengan target pasaran dan budget.