Panduan Cara Membuat Landing Page Gratis Bagi Owner Website Bisnis

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Page builder wordpress terbaik

Bagi pemilik bisnis, website adalah hal penting. Salah satu elemen web yang krusial adalah landing page. Karena itulah, KiriminAja hadirkan panduan cara membuat landing page gratis di sini.

Seperti kita tahu bersama, landing page adalah halaman website yang pertama muncul saat mengklik suatu tautan dan berisi informasi mengenai sebuah bisnis. 

Landing page juga biasa disebut halaman tujuan atau halaman utama. Dengan memiliki tampilan website yang terlihat menarik dan profesional, para calon customer pun akan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang dijual.

Untuk bisa membuat landing page, dibutuhkan beberapa teknik dan pengetahuan yang spesifik. Tentu saja, sebuah brand memiliki beberapa developer yang bertugas khusus membuat landing page.

Sebagai contoh, landing page toko online KiriminAja ini dibuat oleh developer khusus.

Untuk bisa membuat landing page, dibutuhkan beberapa teknik dan pengetahuan yang spesifik. Tentu saja, sebuah brand memiliki beberapa developer yang bertugas khusus membuat landing page.

Sebagai contoh, landing page toko online KiriminAja ini dibuat oleh developer khusus.

Hanya saja, pembahasan cara membuat landing page gratis di sini hanya berfokus pada website yang dibangun dengan Wordpress.

Untuk bisa menghasilkan landing page Wordpress yang menarik diperlukan sebuah perangkat berupa plugin khusus bernama landing page builder.  

Apa Itu Page Builder?

Page builder adalah plugin yang memungkinkan Anda buat landing page minim waktu, minum usaha, dan minim pengetahuan teknis.

Page builder, biasanya, punya antarmuka drag-and-drop, yang memudahkan Anda menambah, menghapus, dan mengatur ulang elemen di sebuah halaman website. 

Selain itu, page builder juga seringkali menyertakan template dan layout yang dapat menghemat waktu dan makin minim effort.

Beberapa keuntungan dari penggunaan page builder meliputi:

  • Tanpa perlu pemrograman
  • Pengembangan lebih cepat
  • Fleksibilitas lebih
  • Hasil lebih oke

Page Builder Wordpress Terbaik

Berikut ini beberapa page builder terbaik untuk Wordpress:

Page Builder by Site Origin

Menjadi plug in populer karena dapat diakses secara gratis serta memiliki perpustakaan elemen dan widget menarik yang biasanya hanya ada pada page builder berbayar. Plugin hadir dengan tampilan drag and drop yang sederhana dan tidak memerlukan coding sama sekali.

Elementor Page Builder

Menjadi landing page builder paling diminati, Elementor memiliki drag and drop terbaik, serta user friendly yang dilengkapi 28 widget untuk membuat halaman web. Yang sudah biasa menggunakan aplikasi dan software design atau bermain Wordpress, tidak akan sulit mengoperasikan page builder ini.

Page Builder Sandwich

Merupakan editor front-end WordPress yang tersedia dalam versi gratis. Memiliki dukungan pada semua widget WordPress standar maupun khusus. Sandwich juga sangat mendukung Anda membuat landing page WordPress yang mudah.

Cara Membuat Landing Page Gratis

Bagi Anda yang ingin bikin landing page gratis, mau tidak mau, harus memahami plugin tersebut di atas. 

Setelah itu, Anda perlu menentukan mau memakai plugin yang mana. Setelah itu, instal plugin tersebut di CMS website Anda.

Langkah berikutnya dalam rangkaian cara buat landing page gratis adalah memilih template yang disediakan plugin. 

Kebanyakan plugin page builder Wordpress dilengkapi dengan perpustakaan template yang bisa Anda gunakan sebagai awalan atau inspirasi membuat landing page.

Setelah memilih template, Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan, termasuk menambahkan konten, gambar, dan branding Anda sendiri.

Tambahkan call to action (CTA) berupa tombol atau link tautan agar audiens bertindak sesuai keinginan Anda.

Setelah puas dengan landing yang Anda buat, segera publikasikan. Tautan landing page tersebut, bisa Anda bagikan di media sosial atau saluran marketing lain.

Sederhana dan mudah, kan? Maka, yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mencoba dan praktik sekarang juga.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.