Kiat-Kiat Agar Bisnis Kuliner Sukses Dan Berkembang

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Potensi bisnis kuliner

 

Perkembangan zaman yang pesat menuntut setiap orang untuk memutar otak agar perekonomian terus berjalan. Selain bekerja di kantor maupun institusi pemerintah, banyak yang akhirnya memutuskan untuk membuka bisnis baru. Bukan tanpa alasan, namun seringkali mereka merasa bahwa passion mereka memang ada di sana.

Banyaknya bisnis yang merambah, mulai dari bisnis pakaian dengan membuka butik, bisnis properti, hingga bisnis kuliner. Dibandingkan yang lain, mungkin Anda akan jauh lebih mudah menemukan pengusaha kuliner baik dari pedagang kaki lima, cafe, restoran mewah, hingga toko yang berbasis online.

Mengapa Harus Bisnis Kuliner?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kuliner adalah bisnis yang tidak mengenal krisis, karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Tidak heran jika banyak sekali pengusaha makanan dan minuman yang akan Anda temui di sepanjang jalan.

Potensi Pasar Yang Besar

Salah satu alasan mengapa kuliner begitu diminati untuk memulai sebuah bisnis tentu saja karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Setiap orang akan mengkonsumsinya setiap hari secara berulang-ulang. Konsumsi yang berulang akan menjadi potensi besar dimana akan tercipta permintaan luar biasa.

Modal Kecil

Bisnis ini tergolong fleksibel karena bisa dimulai dari skala kecil dengan modal yang terjangkau. Jumlah makanan maupun minuman yang akan diproduksi bisa disesuaikan dengan jumlah modal dan peralatan yang dimiliki. Alasan ini cukup membuat pemula akhirnya memutuskan untuk mencoba bisnis ini.

Sangat Bervariatif

Berbagai variasi kuliner bisa Anda jual mulai dari cemilan, minuman, jajanan pasar, aneka lauk, hingga makanan berat. Dengan beragam variasi tersebut Anda akan dengan mudah mengembangkan usaha tersebut. Anda bisa memilih salah satu jenis makanan atau menu khas sehingga persaingan tidak ketat dan tercipta pasar yang potensial.

Kiat Sukses Bisnis Kuliner

Perkembangan bisnis ini sangat menarik karena setiap tahun selalu muncul variasi baru yang unik. Berbagai macam makanan dan minuman ditawarkan untuk menggugah selera para penikmat makanan. Tidak hanya dari segi produk, namun juga mereka berusaha melakukan berbagai cara agar tempat usaha mereka juga terlihat menarik.

Tingginya minat di bisnis kuliner membuat persaingan antar pengusaha menjadi sangat sengit. Tidak sedikit yang akhirnya harus berhenti di tengah jalan karena tidak mampu bersaing dengan baik dan tidak memperhatikan aspek yang cukup penting. Untuk itulah, berikut telah dirangkum kiat sukses agar usaha yang Anda jalankan bisa berkembang.

  1. Tentukan Target Pasar

Sebelum menentukan produk yang akan dijual, Anda harus terlebih dahulu menentukan target pasar Anda. Tentukan siapa saja yang sekiranya akan menjadi pengunjung tempat usaha Anda. Apakah kelas menengah ke atas, kelas menengah ke bawah, orang tua beserta anak, anak muda, atau bahkan untuk umum dan semua kalangan.

Dengan menentukan target pasar yang jelas, barulah Anda akan mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Seperti halnya menu yang akan dijual, lokasi, hingga fasilitas yang akan disediakan guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

  1. Intip Kompetitor Anda

Kiat ini seperti halnya melakukan riset sebelum Anda terjun ke dunia bisnis. Pentingnya melakukan riset sebelum menjalankan bisnis, membuat Anda akan lebih unggul dibandingkan kompetitor bisnis Anda.

Anda bisa mengunjungi tempat usaha kompetitor Anda. Selain duduk dan pesan makanan, jangan lupa juga untuk memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh pemilik usaha tersebut. Cermati harga, keunikan, menu, hingga desain dari tempat usaha tersebut. Anda bisa mencatat hal-hal yang bisa ditambahkan untuk menjadikannya lebih baik.

  1. Tentukan Menu Yang Akan Dijual

Saking banyaknya variasi makanan, seringkali membuat Anda justru bingung ketika menentukan harus menjual produk apa. Nah kondisi ini yang akhirnya membuat Anda merasa tidak percaya diri dan memulai usaha secara asal-asalan.

Memilih menu yang akan dijual menjadi sangat penting karena Anda akan menunjukkan hal yang berbeda dari tempat usaha Anda kepada calon pengunjung. Pilihlah menu yang tidak terlalu banyak dijual. Olah itu agar menjadi sesuatu yang khas, agar setiap kali orang mengingat menu tersebut yang terbesit adalah tempat usaha Anda.

  1. Pilihlah Lokasi Yang Tepat

Kiat sukses agar bisnis Anda berkembang juga sangat berpengaruh pada lokasi dimana Anda menjalankan usaha. Semua tidak akan ada gunanya jika lokasi yang Anda pilih jauh dari pemukiman dan keramaian. Jadi sangat penting untuk melakukan survey tempat sebelum memulai bisnis.

Anda bisa memilih tempat yang berpotensi mendatangkan pengunjung setiap hari. Pilih area ramai seperti dekat kampus, perkantoran, maupun tempat keramaian lainnya. Dengan memilih lokasi yang pas, bisnis Anda akan selalu diserbu pengunjung meskipun tidak gencar melakukan promosi.

  1. Buatlah Promosi Tertarget

Seringkali meskipun sudah memilih lokasi yang tepat dan berada di pusat keramaian, nyatanya tidak menjamin usaha tersebut bakal diserbu pengunjung. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan promosi untuk meningkatkan daya beli dan menaikkan omset bisnis Anda.

Cobalah untuk memasang banner di pinggir jalan, menyebarkan brosur, atau memanfaatkan sosial media. Anda bisa secara terjadwal membuat promosi menarik di akun facebook maupun instagram. Gunakan gambar atau video yang berkualitas tinggi untuk diposting. Dijamin bakal banyak orang yang melirik!

Sudah banyak pebisnis kuliner yang menggunakan cara ini dan berhasil. Namun, jika Anda ingin menggunakan cara lain untuk menarik minat calon pengunjung bisa dengan menggelar event seperti bedah buku, bedah film, maupun nonton bareng acara olahraga.

  1. Kendalikan Keuangan Dan Bahan Baku

Banyak pemula  yang tidak memiliki pengelolaan keuangan atau pengelolaan dalam hal  persediaan makanan yang baik. Tidak heran jika akhirnya menyetok bahan baku terlalu banyak sehingga mengakibatkan resiko busuk.

Hal ini tentu akan membuat keuangan bisnis menjadi tergerus dengan cepat karena habis untuk membeli bahan baku baru. Untuk itulah Anda perlu cara yang tepat untuk mengendalikan persediaan bahan baku. Lakukan pengecekan bahan baku secara berkala dan catat bahan yang sekiranya sudah hampir habis.

  1. Kelola SDM Dengan Baik

Tidak hanya dari bahan baku, lokasi, maupun fasilitas yang baik, namun juga sumber daya manusia. SDM disini memegang peranan penting untuk menentukan bisnis ini bisa bertahan dalam waktu yang lama atau tidak. Hal ini karena suksesnya sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh pelayanan dari karyawan.

Pelayanan akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, untuk menghasilkan pelayanan karyawan yang baik, Anda juga perlu memperhatikan kesejahteraan dari karyawan itu sendiri. Seperti halnya pengelolaan SDM yang apik, pemberian fasilitas dan bonus, gaji sesuai standar, hingga lingkungan kerja yang nyaman.

Dari sekian banyak usaha, bisnis kuliner memang paling banyak menarik minat terutama bagi pemula. Jika Anda tidak memiliki strategi dalam berbisnis dan hanya asal jalan, bisnis Anda tidak akan berkembang dan kalah dengan para pendatang, oleh karena itu jangan lupa praktekkan kiat-kiat sukses di atas agar usaha Anda berhasil.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.