Kiat Sukses Menjadi Reseller Minim Modal

Ruth
1 tahun lalu
Bisnis
Tips menjadi reseller sukses

Sekarang ini untuk memiliki bisnis tidaklah sesulit dulu. Lihat saja beberapa penawaran menarik yang dengan mudah Anda dapatkan baik di mesin pencari maupun sosial media. Begitu juga bagi mereka yang mau menjadi reseller minim modal namun ingin meraih penghasilan yang tidak terbatas. Dan jawabannya sudah pasti bisa. 

Yup, memulai bisnis dengan menjadi seorang reseller akhir akhir ini cukup banyak diminati. Berbagai produk ditawarkan dengan sistem yang cukup mudah yaitu hanya bermodalkan gadget yang terhubung dengan internet. Meskipun modal yang Anda miliki nyaris tidak ada, Anda masih tetap bisa menjalankannya. Tidak sabaran lagi untuk memulai?

Menjadi reseller berarti Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak modal untuk membuat produk sendiri. Dimana kita tahu bahwa tidak mudah merencanakan produk yang bisa diterima oleh pelanggan yang sering berubah ubah kebutuhannya. Anda cukup membeli melalui produsen atau supplier dan lakukan promosi terus menerus guna mendatangkan pelanggan. 

Tips Bagaimana Menjadi Reseller yang Sukses

Di dunia online shop dikenal dua istilah yaitu dropshipper dan reseller. Keduanya memiliki arti yang berbeda meski sama sama mengambil dari produsen. Adapun yang dimaksud dengan reseller adalah Anda harus membeli barang atau produk dari supplier yang kemudian dijual kembali. Nah, beda dengan dropshipper yang tidak harus menyetok produk namun bisa mengambil keuntungan dengan cara menjual produk yang ada pada supplier. 

Dari segi keuntungan yang didapat jelas reseller lebih banyak menghasilkan dibandingkan dengan dropshipper. Namun, modal yang dibutuhkan pun cukup besar juga. Nah, bagaimana menjadi reseller minim modal agar bisa sukses? Berikut ini tipsnya!

Pilihan produk yang tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang nantinya akan dijual secara tepat. Adapun maksud kata tepat disini adalah produk yang mampu menjadi solusi untuk semua masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Hal ini penting mengingat cukup banyak produk yang beredar sehingga mau tidak mau Anda harus bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan atau tidak. 

Sebagai langkah awal, Anda bisa mengetahui masalah apa saja yang dialami oleh masyarakat. Dengan begitu, Anda bisa menentukan solusi yang tepat serta bagaimana memberikan jawaban atas masalah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang sesuai dengan kesukaan atau hobi Anda. Untuk yang terakhir ini sepertinya Anda tidak menemukan kesulitan untuk memasarkannya karena sudah sangat memahami apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan. 

Tentukan target market yang sesuai dengan bisnis

Setelah menentukan produk apa yang nantinya Anda tawarkan maka langkah selanjutnya adalah mengetahui siapa target pasar Anda. Adapun cara ini bisa membantu Anda untuk melakukan promosi. Misalnya saja pelanggan terbanyak Anda di sosial media, maka berilah waktu dan tenaga secara ekstra untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan pangsa pasar yang diinginkan. 

Dengan mengetahui siapa target market Anda, maka potensi untuk bisa mendatangkan penjualan yang cukup tinggi pun bisa terjadi. Selain itu, modal untuk melakukan promosi bisa ditekan seminim mungkin. 

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui pangsa pasar yang dituju. Seperti melakukan analisa psikografi yang berkaitan erat dengan gaya hidup, minat, serta kondisi masyarakat pengguna. Selain itu, Anda juga memilih pangsa pasar berdasarkan pada demografi, pendidikan, usia dan jenis kelamin.

Memilih supplier yang tepat

Untuk faktor ini sebaiknya dilakukan secara detail dan teliti. Mengapa? Untuk menjadi reseller minim modal haruslah bisa memilih supplier yang terpercaya dan berpengalaman. Jika tidak, usaha bisnis Anda akan jauh dari kata berhasil. 

Biasanya, supplier yang berpengalaman dan terbaik akan bertanggung jawab terhadap kesuksesan para resellernya. Misalnya saja selalu menyetok gambar dengan kualitas terbaik. Atau, menyiapkan produk yang selalu update dan selalu tersedia. 

Untuk bisa menemukan supplier dengan kriteria tersebut maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti kredibilitasnya, harga jual, sistem pembagian komisi, kualitas produk yang dimiliki hingga lengkap tidaknya produk. 

Tentukan harga jual

Hindari menentukan harga jual setelah Anda membeli produk tersebut dari supplier. Mengapa? Karena ada biaya yang harus dikeluarkan dimana Anda sering tidak menyadarinya. Misalnya saja biaya pengiriman dan lain sebagainya. Artinya, untuk menentukan harga jual ada baiknya berdasarkan pada berapa banyak dana yang sudah keluar sebelumnya. 

Jangan sampai Anda rugi hanya karena ingin meraih minat pembeli. Padahal, masih ada lagi biaya yang tidak terduga seperti biaya pemasaran, pemeliharaan usaha dan lainnya. 

Berikan layanan terbaik pada konsumen

Sekarang ini cukup banyak penjual produk yang sama dengan Anda. Nah, daripada berlomba memberikan harga murah maka alangkah baiknya jika Anda memberikan layanan lebih kepada konsumen. Sudah pasti, jika layanan yang Anda berikan baik maka tanpa Anda sadari mereka akan puas dan mau melakukan transaksi di toko online Anda. 

Dan bukan tidak mungkin, pelanggan yang merasa puas dengan layanan yang mereka terima akan memberitahukan kepada sahabat atau rekan kerja mereka. Artinya, produk Anda dipromosikan secara gratis tanpa repot menjelaskan secara rinci maupun secara detail.

Buat strategi pemasaran

Salah satu faktor yang cukup penting dalam kesuksesan suatu bisnis adalah melakukan pemasaran terus menerus. Sekarang ini cukup banyak metode yang bisa digunakan entah itu dengan cara konvensional maupun online. Untuk itu, Anda harus membuat strategi pemasaran yang tepat agar waktu dan tenaga bisa seimbang dengan hasil yang diterima. 

Gunakan metode pemasaran yang terkesan elegan guna menunjukkan kualitas produk yang Anda miliki. Hindari teknik menyepam yang justru membuat pelanggan Anda enggan untuk melakukan pembelian. Anda bisa belajar melalui berbagai situs baik itu gratis maupun berbayar. Dan yang terpenting disini adalah jangan pernah berhenti untuk praktek. 

Beri tawaran menarik

Selain harga murah, salah satu cara untuk menarik minat pelanggan adalah memberikan penawaran yang menarik. Anda bisa menawarkan produk dengan memberikan potongan harga atau membuatnya menjadi satu paket sehingga memberi kesan hemat. Untuk cara ini Anda harus benar benar kreatif dan terus melakukan inovasi. 

Melakukan branding 

Tips untuk menjadi reseller minim modal yang sukses adalah lakukan branding baik secara personal maupun bisnis Anda. Gunakan sosial media maupun website untuk memperkuat brand bisnis Anda di mata pelanggan.  Sama halnya dengan melakukan promosi, maka metode yang dipakai pun bisa bervariasi. Bahkan, Anda bisa menggunakan selebgram atau tokoh tertentu untuk membranding produk yang Anda miliki. 

Bagaimana, tidak sulit bukan memulai usaha meski diawali menjadi seorang reseller? Yang penting, jangan pernah berhenti untuk melakukan inovasi dan selalu mencari produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tak lupa juga, melakukan teknik promosi yang elegan dan sesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan yang sedang trend sekarang ini. Mau jadi reseller minim modal?

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.