Kode Referral Bukan Kode Rahasia CIA, Tapi Bisa Bikin Anda Kaya Raya

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Apa itu kode referral dan contohnya

Apa itu kode referral? Bagaimana strategi jualannya? Siapa yang bisa pakai kode referral?

Berbagai pertanyaan soal kode referal ini mulai timbul sejak pemakaian kode ini punya efek signifikan ke bisnis.

Kode referral merupakan salah satu strategi marketing yang dapat Anda jalankan untuk meningkatkan profit bisnis.

Karena itulah, KiriminAja hadir untuk membahas lebih lanjut bagaimana peran kode referral dan manfaat uniknya.

Apa itu Kode Referral?

Kode referral adalah string unik yang diterbitkan sebuah situs website atau aplikasi kepada penggunanya. Gunanya ialah untuk dibagikan kepada orang lain sebagai bentuk promosi produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Bentuk kode ini biasanya berupa huruf dan angka unik yang dapat dibagikan melalui email, pesan teks, atau pun media sosial.

Ketika seseorang menggunakan kode referral tersebut untuk mendaftar atau melakukan pembelian, pemilik kode referral akan memperoleh bonus seperti tambahan poin, diskon, atau uang tunai.

Hal tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada mereka yang kerap memberikan informasi terkait produk atau jasa kepada orang lain. Karena secara tidak langsung mereka turut melakukan promosi.

Melalui kode referral tersebut, situs website atau aplikasi dapat menjangkau audiens baru melalui promosi organik dari mulut ke mulut pelanggan.

Di samping itu, metode ini juga dapat digunakan untuk mengukur efektivitas strategi marketing melalui tracking dan analisis tingkat penerimaan dari kode referral yang diterbitkan.

Contoh Kode Referral

Kode referral biasanya berupa kombinasi angka dan huruf unik yang dibuat khusus oleh situs website atau aplikasi. Berikut contoh referral code:

  • KGE257
  • LMH123
  • FNA797
  • ANC696
  • ATN248

Kode yang diterbitkan biasanya dibuat unik dan setiap pengguna akan memperoleh kode yang berbeda. Sehingga tracking dari masing-masing kode dapat lebih mudah dilacak.

Sebagai contoh kode referral “KGE257” dibuat bisnis Anda. Lalu, seorang affiliate membagikannya kepada teman. Kemudian teman tersebut mendaftar menggunakan kode tersebut.

Maka situs website atau aplikasi akan mencatatnya dan memberikan bonus karena kode tersebut diterbitkan untuk sang affiliate. 

Bonus yang ditawarkan biasanya berupa diskon, poin belanja, atau uang tunai.

Di samping itu, kode referral biasanya memiliki jangka waktu penggunaan. Misalnya, sebuah kode hanya dapat digunakan selama satu bulan setelah diterbitkan.

Apakah Kode Referral Bisa Dibuat Sendiri?

Kode referral dapat dibuat sendiri. Kode referral dapat dibuat secara manual atau menggunakan generator kode referral.

Kode referral biasanya terdiri dari beberapa huruf dan angka, dan dapat berupa kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. 

Jika ingin membuat kode referral secara manual, Anda dapat menggunakan kombinasi huruf dan angka yang mudah diingat. 

Anda juga dapat menggunakan nama, tanggal lahir, atau kata-kata yang memiliki arti khusus bagi Anda.

Jika ingin membuat kode referral menggunakan generator kode referral, Anda dapat menemukan banyak generator kode referral di internet.

Generator kode referral ini biasanya dapat menghasilkan kode referral yang unik dan tidak mudah ditebak.

Lalu, Apa Sih Manfaat Kode Referral Untuk Bisnis Anda?

Setelah mengetahui apa itu kode referral, Anda juga perlu tahu bagaimana manfaat uniknya.

Sebagai salah satu strategi marketing, tentunya menerbitkan kode referral akan memberikan manfaat untuk bisnis Anda. Apa saja sih manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Menjangkau Audiens Baru

Tujuan dibuatnya kode referral adalah menjangkau audiens baru melalui promosi mulut ke mulut dari orang terdekat. Sehingga promosi produk atau layanan dapat berjalan secara organik.

Bahkan extole.com membagi data yang menyebutkan bahwa perusahaan B2B memperoleh rasio konversi 70% lebih tinggi melalui promosi kode referral.

Selain itu, promosi secara mulut ke mulut memiliki kemungkinan lima kali lebih besar untuk menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan.

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menjangkau audiens baru, hal tersebut akan sejalan dengan meningkatnya brand awareness. Karena akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda.

Anda juga dapat menerapkan program afiliasi untuk membagikan kode referral. Sehingga promosi dapat menjangkau channel-channel yang belum terjangkau sebelumnya.

Program afiliasi sendiri merupakan bentuk kerjasama dengan pihak tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan di akun media sosialnya. 

Kemudian afiliator akan memperoleh keuntungan dari setiap transaksi yang menggunakan kode referalnya.

Biasanya program ini menggaet influencer atau selebriti yang memiliki banyak pengikut. Sehingga bisnis Anda pun akan semakin dikenal dengan menjangkau audiens affiliator.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat lainnya adalah meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis Anda. Selain berbelanja, mereka juga dapat memperoleh keuntungan dengan membagikan kode referral.

Oleh sebab itu pelanggan akan merasa lebih puas. Apalagi caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan membagikan kode referral kepada orang-orang terdekatnya.

Menghasilkan Konten Promosi yang Beragam

Jika Anda menggunakan affiliator untuk membagikan kode ini, tentunya akan ada berbagai referensi konten promosi yang menarik.

Setiap afilator akan berusaha membuat konten semenarik mungkin untuk mempromosikan produk atau layanan. Tujuannya agar peluang kode referralnya digunakan akan lebih besar.

Anda dapat bekerja sama dengan affiliator yang menggunakan media sosial beragam. Misalnya affiliator seorang Youtuber, Seleb TikTok, Selebgram, atau Blogger.

Sehingga bentuk promosi akan lebih beragam dan Anda tidak perlu menyusun strategi membuat konten sendiri. Cukup serahkan pada kreativitas masing-masing affiliator.

Meningkatkan Transaksi Penjualan atau Layanan

Metode kode referral (optional) terbukti dapat meningkatkan transaksi penjualan. Karena pelanggan yang membagikan kode pastinya akan mempromosikan dengan harapan orang lain akan menggunakan kode tersebut.

Sebab, jika ada yang menggunakan kode tersebut ia akan memperoleh bonus referral. Selain itu, promosi dengan cara ini akan lebih dipercaya karena disertai dengan testimoni.

Studi dari referralcandy.com mengungkapkan bahwa kode referral 86% lebih dipercaya oleh pelanggan. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut memiliki kemungkinan 50% untuk terjadi pembelian.

Sehingga, Anda dapat menggunakan metode kode referral ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan transaksi penjualan.

Akan tetapi, perlu Anda ingat agar transaksi penjualan terus meningkat perlu adanya strategi lain. Misalnya dengan memberikan layanan logistik dengan harga hemat tetapi memiliki kualitas pengiriman reliable.

Kabar baiknya, Anda dapat berbagi layanan prima seperti itu tanpa mengeluarkan banyak effort. Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis ke dashboard KiriminAja.

Sebagai penyedia jasa aggregator ekspedisi, KiriminAja akan membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan dengan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Jadi, setelah tahu apa itu kode referral dan dashboard KiriminAja, maka sekarang waktunya Anda mengoptimasi keduanya demi #CashFlowAman serta bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.