Konsultan Bisnis Adalah Tempat Curhat & Solusi Ampuh Saat Sales Buntu

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
apa-itu-konsultan-bisnis

Konsultan bisnis adalah tempat Anda memikirkan ulang berbagai strategi terkait pertumbuhan usaha.

Karena, seperti yang kita tahu bersama, menjalankan bisnis memang tidak selalu mudah dan menguntungkan. 

Kita harus mengatur segala aspek dalam bisnis sebaik mungkin agar berjalan lancar dan tujuan bisnis dapat tercapai.

Tak jarang pula, kita akan dihadapkan dengan kendala atau masalah saat menjalankan bisnis. Namun tidak perlu panik, Anda dapat mencari solusi terbaik bersama konsultan bisnis.

Apa itu konsultan bisnis? Berikut telah KiriminAja rangkum definisi, tugas, dan contoh konsultan bisnis untuk Anda.

Apa Itu Konsultan Bisnis?

Konsultan bisnis adalah pihak yang memberikan jasa konsultasi berupa nasihat atau bantuan profesional kepada perusahaan menyangkut berbagai aspek bisnis. Misalnya terkait strategi, operasi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan lainnya.

Dengan kata lain, konsultan bisnis dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan memperbaiki proses bisnis, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, mengatasi masalah yang ada, dan meningkatkan keuntungan.

Dalam praktiknya, biasanya konsultan bisnis akan memberikan rekomendasi, membuat perencanaan strategi, merancang an mengimplementasikan program atau sistem baru, serta memberikan pelatihan atau bimbingan untuk membantu Anda mencapai kesuksesan.

Jadi, untuk Anda yang sedang menghadapi permasalahan dalam bisnis, tak perlu panik. Coba untuk melakukan konsultasi bisnis agar mendapatkan jalan keluar dan usaha Anda dapat tetap bertahan.

Selain itu, konsultasi bisnis juga dapat Anda lakukan secara rutin agar kegiatan operasional bisnis Anda tetap berjalan lancar dan tujuan bisnis dapat tercapai.

Apa Saja Tugas Konsultan Bisnis?

Setelah mempelajari definisinya, selanjutnya akan KiriminAja bahas tentang apa saja tugas seorang konsultan bisnis.

Biasanya, tugas konsultan bisnis dapat bervariasi tergantung spesialis dan klien yang dilayani. Namun, terdapat beberapa tugas umum yang biasanya dilakukan oleh konsultan bisnis. Berikut diantaranya:

Analisis dan Evaluasi

Tugas konsultan bisnis yang pertama ialah melakukan analisis terhadap bisnis klien. Biasanya mencakup produk, pasar, keuangan, sumber daya, hingga infrastruktur teknologi informasi.

Selain itu, juga memiliki tugas untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis klien. Tujuannya untuk mengidentifikasi masalah utama dan mencari solusi terbaiknya.

Perencanaan Strategis

Konsultan bisnis bertugas membantu kliennya dalam membuat rencana bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini mencakup penentuan visi, misi, tujuan, strategi, dan taktik yang akan digunakan untuk mencapai tujuan bisnis.

Implementasi Solusi

Konsultan bisnis bertugas merancang dan mengimplementasikan program atau sistem baru yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan klien. 

Selain itu, juga memberikan bimbingan dan pelatihan kepada klien untuk memastikan solusi yang diterapkan berhasil dan terintegrasi dengan baik

Peningkatan Efisiensi

Konsultan bisnis bertugas membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan mengevaluasi dan mengoptimalkan proses bisnis, mengurangi biaya, mengidentifikasi dan menghilangkan hambatan operasional, serta meningkatkan kualitas dan waktu respon.

Pengembangan Bisnis

Konsultan bisnis bertugas untuk membantu mengembangkan bisnis dengan mencari peluang baru, mengevaluasi dan mengoptimalkan portofolio produk, meningkatkan pemasaran dan branding, serta mengembangkan strategi ekspansi.

Konsultasi Khusus

Konsultan bisnis juga dapat memberikan konsultasi khusus terkait area bisnis tertentu. Misalnya terkait keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi, risiko, hukum, dan lingkungan.

Evaluasi dan Monitoring

Tugas konsultan bisnis yang terakhir adalah mengevaluasi keberhasilan solusi yang diterapkan dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut. 

Selain itu, juga melakukan monitoring secara teratur untuk memastikan bahwa solusi yang diterapkan berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Contoh Konsultan Bisnis

Berikut telah KiriminAja rangkum beberapa contoh konsultan bisnis yang cukup terkenal:

Bain & Company

Konsultan bisnis yang terkenal dengan pendekatan yang sangat terfokus pada klien dan pendekatan berbasis data. Mereka telah bekerja dengan banyak perusahaan besar di seluruh dunia dan terkenal dengan keahlian dalam strategi dan manajemen.

McKinsey & Company

Konsultan bisnis yang berfokus pada strategi dan manajemen dengan pendekatan yang inovatif dan terukur. Mereka telah bekerja dengan beberapa perusahaan besar di seluruh dunia.

Accenture

Konsultan bisnis global yang menyediakan jasa konsultasi dalam berbagai bidang, seperti strategi, teknologi, keuangan, sumber daya manusia, dan lainnya. Mereka terkenal dengan keahlian dalam teknologi informasi dan digitalisasi bisnis.

Boston Consulting Group

Konsultan bisnis yang berfokus pada strategi dan manajemen dan terkenal dengan pendekatannya yang data-driven dan inovatif. Mereka telah bekerja dengan banyak perusahaan terkemuka di seluruh dunia.

KPMG

Konsultan bisnis yang menawarkan jasa konsultasi terintegrasi dalam berbagai sektor industri, termasuk audit, pajak, dan jasa konsultasi manajemen. Mereka terkenal dengan keahlian dalam manajemen keuangan dan perpajakan.

Deloitte

Konsultan bisnis yang menawarkan jasa konsultasi terintegrasi untuk berbagai sektor industri, termasuk keuangan, teknologi, kesehatan, energi, dan lainnya. Mereka terkenal dengan keahlian dalam manajemen risiko dan kepatuhan.

PwC

Konsultan bisnis global yang menawarkan jasa konsultasi terintegrasi dalam berbagai bidang, termasuk audit, pajak, dan jasa konsultasi manajemen. Mereka terkenal dengan keahlian dalam manajemen risiko dan kepatuhan.

KiriminAja

Kabar baiknya, KiriminAja punya segudang talenta profesional yang selalu siap jadi konsultan bisnis. 

Beberapa nama talenta KiriminAja yang bisa Anda andalkan untuk berkonsultasi adalah Paras Nasution, Budi Satria Isman, dan Arief Adinugroho.

Konsultasi dari para talenta profesional KiriminAja bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara.

Ada konsultasi bisnis yang diadakan sebulan sekali dan diakses gratis memberKA dalam program Ngulik Bisnis. Anda juga bisa mengakses wawasan bisnis dari akun media sosial KiriminAja .

Lebih jauh lagi, Anda juga bisa mengakses konsultasi bisnis lebih mendalam dalam berbagai program khusus, seperti One Year Coaching serta Meet & Share.

Untuk bisa mendapatkan semua konsultasi dari talenta profesional KiriminAja tersebut, Anda harus jadi memberKA. Untuk bisa jadi memberKA, Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja .

Setelah jadi memberKA, Anda akan dapat layanan ekspedisi paling reliable di Indonesia. Plus, akses ke banyak wawasan serta dukungan menumbuhkan bisnis Anda lebih besar.

Jadi, sekarang pilihannya ada di Anda; mendaftar jadi memberKA atau hanya galau-galau bisnis tidak jelas begitu? Yuk, jadi memberKA.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.