Bikin Loyalty Program untuk Bisnis UMKM Online demi Cinta Konsumen

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Loyalty-Program-konsumen

Loyalitas pelanggan adalah ikatan emosional jangka panjang antara bisnis dengan konsumennya.

Saat para pelanggan punya pengalaman menyenangkan dengan bisnis Anda, maka mereka cenderung percaya, kemudian membangun kesetiaan pada brand, dan berujung pada penjualan lebih intensif dalam jangka panjang.

Saat konsumen memilih untuk membeli produk Anda daripada produk kompetitor, walaupun harganya serupa, maka itulah contoh loyalitas pelanggan.

Pelanggan yang percaya pada suatu brand akan cenderung lebih intensif mengonsumsi produk dan lebih mudah merekomendasikan brand ke orang lain.

Situasi tersebut tentu menguntungkan bisnis. Karena itulah, banyak bisnis menerapkan sejumlah program demi memelihara hubungan dengan pelanggan. 

Layanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut disebut dengan loyalty program atau program loyalitas.

Jenis-jenis Loyalty Program untuk Bisnis UMKM

KiriminAja akan membahas satu demi satu loyalty program untuk pelanggan dan bagaimana cara kerjanya.

Apa yang diuraikan di artikel ini berdasarkan pada pengalaman KiriminAja sebagai entitas bisnis yang selalu berusaha menjaga loyalitas konsumen.

Perlu diketahui bersama, Kiriminaja pernah melakukan berbagai jenis program loyalitas. Pada akhirnya, program loyalitas tersebut akan mendorong awareness dan pertumbuhan pelanggan

Karenanya, Anda bisa mengamati, meniru, dan memodifikasi bagaimana menciptakan loyalty program yang sesuai karakter produk, bisnis, budget Anda.

Berikut ini beberapa jenis loyalty program untuk konsumen yang bisa diterapkan bisnis UMKM:

Loyalty Program Berbasis Poin

Loyalty program berbasis poin cukup mudah ditemukan di berbagai perusahaan. Konsumen mendapatkan poin untuk setiap rupiah yang dibelanjakan. Poin itu dapat ditukarkan dengan hadiah seperti produk gratis, diskon, atau hadiah khusus.

Loyalty Program Berjenjang

Loyalty program ini memberi hadiah ke pelanggan berdasarkan kebiasaan belanjanya. Pelanggan yang menghabiskan lebih banyak uang akan mendapatkan tingkat reward lebih tinggi. Reward tersebut, umumnya, berbentuk diskon eksklusif dengan jumlah lebih, akses lebih awal ke produk terbaru, atau pengiriman gratis.

Affiliate Loyalty Program

Program ini memberi reward untuk konsumen lama yang karena telah membuat teman, keluarga, atau orang lain menjadi konsumen baru. Konsumen lama tersebut akan mendapatkan poin, uang cash, atau hadiah tertentu sesuai ketentuan.

Birthday Loyalty Program

Program loyalitas ini memberi kado ke pelanggan yang berulang tahun. Kado tersebut bisa beraneka ragam bentuknya, seperti produk gratis, diskon, voucher, atau kartu ucapan. Cara ini berfungsi untuk menunjukkan penghargaan ke pelanggan sekaligus mendorong mereka kembali mengonsumsi produk Anda.

VIP Loyalty Program

Program loyalitas VIP menawarkan keuntungan eksklusif ke sekelompok pelanggan tertentu. Sebagai contoh, konsumen VIP berhak mendapat akses lebih awal ke produk baru, undangan ke acara khusus, atau mendapat akses layanan yang dipersonalisasi.

VIP card misalnya bisa digunakan untuk loyalty program, berikut panduan strategi member card supaya repeat order terus-terusan nih.

Program Cashback

Program ini memberikan uang ke konsumen karena telah membeli produk Anda.Jumlah uang yang diberikan adalah sekian persen, biasanya tak lebih dari 10%, dari harga pembelian. Program ini bisa menarik banyak konsumen karena membuat mereka lebih merasa mampu menghemat dan mengontrol uangnya.

Undian dan Lomba

Program undian dan lomba bisa masuk ke loyalty program karena ada sekian banyak hadiah yang bisa didapatkan pesertanya. Seperti pada umumnya undian dan lomba, akan ada sejumlah hadiah yang diperebutkan peserta.  Mengadakan undian atau lomba memungkinkan Anda dan tim bisnis Anda berinteraksi dengan pelanggan. Sehingga, nantinya akan menghasilkan diskusi dan antusiasme terkait brand Anda.

Program Donasi

Program loyalitas ini memungkinkan konsumen menyumbangkan poin, uang, atau hadiah tertentu ke lembaga amal. Program donasi ini memberikan citra positif ke bisnis Anda karena telah menunjukkan effort untuk bersolidaritas.

Loyalty Program Berjenjang

Dalam program loyalitas berjenjang, konsumen dikelompokkan berbagai tingkatan berdasarkan total pembelian mereka dalam periode tertentu. Setiap level kelompok konsumen punya reward yang berbeda-beda. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak dan menarik hadiahnya. Program ini membuat para konsumen tetap terhubung dengan bisnis Anda karena mereka merasa dihargai dan diakui atas setiap pembelian.

Free Ongkir

Biaya pengiriman sering menjadi hambatan saat melakukan transaksi online. Oleh karena itu, dengan menghadirkan program bebas ongkos kirim, maka Anda dapat memicu antusiasme konsumen untuk berbelanja lebih intensif.

Seperti yang Anda lihat, program loyalitas tidak melulu tentang diskon. Variasi loyalty program ini akan menarik awareness dan emosi konsumen karena adanya reward spesial, layanan yang dipersonalisasi, kepedulian pada sesama manusia, dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, para konsumen akan mengingat bahwa layanan loyalty program membuat mereka merasa spesial dan menarik dengan produk bisnis Anda.

Akan tetapi, memberi layanan loyalty program tanpa memberikan servis operasional reliable sama saja dengan omong kosong.

Karena itulah, sebelum memulai loyalty program, Anda perlu memastikan bahwa bisnis berjalan baik dan tidak ada hambatan.

Sebab, kabar buruknya, sejumlah pebisnis online menyepelekan salah satu elemen operasional. Padahal, elemen tersebut sangat krusial di mata konsumen.

Elemen operasional tersebut bernama jasa kurir. Iya, salah satu masalah paling umum disepelekan pebisnis online adalah sistem logistik yang handal dengan harga terjangkau.

Apalagi, tuntutan konsumen saat ini ingin paket diproses dengan cekatan, terjamin keamanannya, serta biaya pengiriman terjangkau. Sayangnya, tidak semua penyedia jasa kurir dapat memenuhi tuntutan tersebut.

Sebagai pelaku bisnis online, Anda dapat mengeksplorasi celah tersebut dengan menawarkan pelayanan kurir berharga terjangkau namun tetap terpercaya di mata konsumen Anda.

Bagaimana caranya? Tekniknya bernama KiriminAja.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman bisnis online Anda.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, Anda akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.