Bisnis Kuliner di Bulan Puasa? Cek Rekomendasi Makanannya di Sini, Yuk

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Makanan yang laris dijual saat bulan puasa

Peluang bisnis makanan di bulan Ramadhan cukup besar karena permintaannya akan meningkat. Hanya saja, Anda harus tahu makanan yang cocok dijual saat bulan puasa.

Alasannya, karena konsumsi makanan di bulan puasa punya karakter khusus. Jadi, Anda tidak bisa menjual makanan sembarangan walaupun itu halal dan penuh gizi. 

Selain itu, banyak orang yang memilih untuk membeli makanan siap saji agar lebih praktis. Oleh karenanya peluang bisnis makanan di bulan Ramadhan semakin terbuka.

Maka tak heran jika berbagai jenis usaha makanan mengalami kenaikan omzet di bulan Ramadhan.

Menariknya lagi, Anda juga dapat menjual makanan khas Ramadhan secara online, lho. Jadi akan lebih praktis dan tidak perlu menambah modal untuk menyewa tempat menjalankan bisnis.

Lalu apa saja sih ide bisnis makanan yang menarik di tahun 2023 ini? KiriminAja telah merangkum untuk Anda yang siap memulai bisnis di tahun ini.

Ide Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

Berikut beberapa makanan khas Ramadhan yang menarik untuk dijual secara online:

Kurma dan Olahan Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang cukup identik dengan bulan Ramadhan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini dianjurkan sebagai menu pembuka puasa.

Selain itu, buah ini juga memiliki banyak nutrisi sehingga menjadi sumber energi yang baik untuk orang yang berpuasa.

Oleh karenanya, permintaan akan buah ini semakin meningkat saat bulan Ramadhan. Apalagi buah ini dapat diolah menjadi buah kering atau olahan lain sehingga awet dan memungkinkan untuk dijual online.

Berbagai Kue Kering

Berjualan kue kering juga memiliki peluang yang besar di bulan Ramadhan. Biasanya kue jenis ini akan mengalami peningkatkan peminat ketika menjelang lebaran.

Kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kue kacang, dan sebagainya menjadi makanan khas untuk menjamu tamu di bulan Ramadhan.

Berbagai kue ini juga memungkinkan untuk dijual secara online karena dapat bertahan lama. Buatlah dengan kualitas yang baik akan dapat bertahan lebih lama dan rasanya tidak berubah ketika sampai ke tangan konsumen.

Makanan Khas Daerah

Saat menjelang lebaran biasanya masyarakat akan berkunjung ke rumah saudara atau pulang ke kampung halaman. Oleh karenanya permintaan makanan khas daerah akan meningkat karena untuk oleh-oleh.

Anda dapat mengembangkan makanan khas daerah di sekitar atau daerah lain. Akan tetapi, pastikan makanan tersebut bertahan lama karena Anda menjualnya secara online. Misalnya berbagai keripik, kue kering, asinan, dan sebagainya.

Frozen Food

Bisnis frozen food juga memiliki peluang cukup besar di bulan Ramadhan. Ini dapat menjadi alternatif masakan yang simple untuk sahur. Sebab, kebanyakan orang cenderung membuat makanan cepat saji saat sahur.

Ada berbagai macam frozen food yang bisa jadi pilihan seperti sosis, bakso, dimsum, tempura, dan sebagainya lagi. 

Karena frozen tidak bisa lama-lama di luar freezer, maka Anda dapat menjangkau pasar yang luas dengan membuka cabang reseller di berbagai tempat.

Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah memperlancar metabolisme tubuh dan sistem pencernaan.

Oleh karena itu, mengkonsumsi madu sangat bermanfaat untuk orang berpuasa. Apalagi berbuka dengan yang manis-manis juga merupakan sunnah.

Karena itulah, salah satu rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa adalah madu. Sebab, madu bisa membantu menaikkan tenaga tubuh selama puasa.

Jangan lupa untuk melakukan promosi dengan membagikan informasi tentang manfaat madu untuk orang yang puasa.

Selai Buah

Ide makanan selanjutnya adalah selai buah. Anda dapat memanfaatkan buah yang ada di sekitar atau buah lokal untuk diproduksi sendiri menjadi selai. 

Buah-buah yang biasanya dibuat selai antara lain nanas, strawberry, kurma, raspberry, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat membuat variasi rasa dengan mengkombinasikan beberapa buah.

Pembuatan selai buah cenderung mudah dan biasanya buatan sendiri memiliki rasa dan kualitas yang lebih enak daripada buatan pabrik.

Oleh karenanya selai buah homemade lebih banyak diminati. Apalagi untuk orang-orang yang tidak ingin ribet untuk makan berbuka atau sahur.

Bumbu Masak Instan

Setelah seharian berpuasa biasanya orang-orang menginginkan makanan rumahan enak dan sehat. Makannya tak jarang pula yang rela memasak beraneka menu setiap harinya.

Bagi orang-orang yang memiliki kesibukan tentu ini akan sedikit merepotkan. Namun, Anda dapat memberikan alternatif menarik untuk mereka. Yaitu dengan menjual bumbu masak instan yang diracik sendiri.

Apalagi jika Anda memang memiliki kemampuan meracik bumbu yang lezat, tentu akan banyak diminati.

Tips Bisnis Makanan Secara Online di Bulan Ramadhan

Apapun jenis produknya, peluang bisnis makanan di bulan Ramadhan juga tergantung perencanaan strategi yang dibuat sejak awal.

Beberapa hal perlu diperhatikan dalam memulai bisnis antara lain kualitas produk, strategi pemasaran, dan kemampuan manajemen bisnis yang baik.

Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan rencana bisnis sebaik mungkin sebelum memasuki bulan Ramadhan agar dapat memanfaatkan berbagai peluang di atas dengan optimal.

Apalagi jika bisnis yang dijalankan berbasis online, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga. Salah satunya adalah manajemen pengiriman yang baik.

Optimalkan Manajemen Jasa Kurir Demi Fokus ke Operasional Bisnis

Seperti diketahui bersama, bisnis di bulan puasa hanya bersifat musiman dan setahun sekali. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar fokus pada operasional bisnis.

Padahal, jasa kurir tidak bisa dilepaskan dari bisnis online. Karena itulah, Anda bisa memakai layanan manajemen jasa ekspedisi.

Karena untuk menjangkau pelanggan di berbagai wilayah, akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan berbagai ekspedisi. 

Kabar buruknya, untuk pengiriman yang optimal dengan memakai banyak jasa kurir akan membutuhkan banyak effort. 

KiriminAja bisa menjadi solusi tepat untuk mengirimkan produk kuliner Anda ke berbagai tujuan di Indonesia selama bulan puasa.

KiriminAja adalah platform manajemen jasa pengiriman satu pintu yang bisa membantu bisnis kuliner Anda mengirimkan produk makanan ke seluruh Indonesia dengan mudah, aman, dan hemat. 

Mau mengirimkan kue nastar buatan sendiri ke seluruh Indonesia? Atau mengirimkan makanan berbuka puasa khas daerah Anda ke seluruh Indonesia? 

KiriminAja siap membantu Anda mengirimkan produk makanan ke seluruh penjuru Indonesia selama bulan puasa.

Dengan bergabung bersama KiriminAja, Anda bisa merasakan kemudahan operasional pengiriman paket, menghemat dan menjaga kondisi #CashFlowAman, serta memastikan bisnis jadi tenang.

Yuk, klik dashboard KiriminAja untuk mendaftar gratis dan bergabung dengan 200.000++ user KiriminAja yang lain.

Jadi, rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa di atas bisa Anda komersialkan dengan lebih optimal. Karena manajemen jasa kurir cukup diserahkan ke KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.