Manfaat Brand Activation

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
69
Manfaat Brand Activation

Brand activation merupakan kegiatan yang dapat mengenalkan sebuah produk pada khalayak dan kemudian pada prosesnya, khalayak mampu mengingat brand tersebut karena adanya interaksi yang terjadi. Memberikan pengalaman yang nyata merupakan tujuan utama dari sebuah kegiatan brand activation.

Brand activation dapat dikategorikan sebagai kegiatan promosi yang mendekatkan brand tersebut kepada khalayak. Sehingga khalayak tersebut dapat menjadi konsumen dikemudian hari. Kegiatan brand activation ini bukan hanya berguna mengenalkan sebuah produk kepada khalayak baru, namun bagi pengguna brand tersebut, dapat pula meningkatkan rasa penasaran. Sehingga konsumen yang sudah menggunakan brand tersebut dapat mengeksplorasi brand tersebut secara detail.

Manfaat dari kegiatan brand activation sangat banyak antara lain :

1. Menaikkan brand awareness dan engagement brand

2. Meningkatkan ketertarikan brand kepada pengguna lama maupun pengguna baru

3. Mendapatkan data pelanggan dan respon langsung

4. Memperkuat posisi brand

5. Brand tersebut dapat menjadi top mind


Kegiatan brand activation tidak serta merta dapat dilakukan dengan sembarangan. Perlu dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui keefektifan kegiatan tersebut. Perlu diketahui bahwa efek jangka panjang suatu brand activation dapat meningkatkan brand loyalty. Sehingga sangat penting memahami apa yang dituju dari kegiatan brand activation itu sendiri.

Salah satu contoh kegiatan brand activation adalah diadakannya wedding expo yang diselenggarakan oleh sebuah hotel. Dimana didalam kegiatan tersebut, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan penyedia vendor-vendor pernikahan. Kegiatan wedding expo yang dilakukan di sebuah ballroom hotel juga memberikan pengalaman bagi pengunjung, dimana pengunjung dapat merasakan simulasi menikah di ballroom hotel tersebut. Pada saat event tersebut diadakan, hotel dapat mengumpulkan data pengunjung dan dapat pula mengetahui respon langsung. Hotel yang mengadakan wedding expo tersebut tentunya akan memiliki memori tersendiri bagi pengunjung, hal ini dikarenakan pengalaman langsung yang ditawarkan hotel tersebut bagi pengunjung yang sedang mencari lokasi untuk menikah.

Brand activation umumnya dilakukan dengan bertatap muka, namun di era pandemi seperti saat ini tidak menutup kemungkinan brand activation dilakukan dengan cara online. Membuat kegiatan dengan LiveIG atau zoom meeting menjadi alternative kegiatan brand activation yang dilakukan dengan cara online