Memahami Marketing Mix dan Praktik Penerapannya untuk Bisnis Online

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Konsep marketing mix

Dalam strategi pemasaran, marketing mix harus bisa mengidentifikasi semua elemen yang memengaruhi target pasar ideal.

Kemudian, marketing mix juga memastikan bagaimana semua elemen itu saling terkait dan bekerja sama untuk meningkatkan jangkauan bisnis.

Jadi, penerapan marketing mix yang tepat harus berisi serangkaian strategi yang memungkinkan Anda menargetkan kelompok pasar tertentu dan mengembangkan citra merek di sana. 

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis dan ingin mendapatkan lebih banyak konsumen serta keuntungan yang lebih maksimal, menerapkan strategi marketing yang tepat adalah hal penting.

KiriminAja akan memberi uraian definisi, konsep, dan elemen marketing mix di artikel ini. Harapannya, Anda juga dapat mempraktikkan apa yang banyak dilakukan para seller online untuk mendapatkan lead dan penjualan.

Definisi Marketing Mix

Bisa dikatakan jika marketing mix adalah strategi pemasaran bisnis yang lebih komplet. Pasalnya, strategi ini dijalankan dengan cara menggabungkan semua alat pemasaran yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau badan bisnis lainnya berdasar pada konsep 7P.

Secara singkat, marketing mix strategi adalah kumpulan dari variabel marketing yang digunakan untuk mendapatkan tujuan marketing dengan pasar yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan beberapa variabel utama pemasaran untuk mendapatkan sistem pemasaran yang lebih efektif.

Tidak hanya itu, penerapan marketing mix juga akan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Dengan sumber daya yang memadai, tentu perusahaan nantinya bisa dikelola dengan lebih baik dan cenderung lebih siap untuk menghadapi persaingan bisnis.

Konsep Utama Marketing Mix

Sebagaimana disinggung di awal bahwa marketing mix diterapkan dengan gabungan beberapa elemen menjadi sebuah konsep yang padu. Adapun elemen atau variabel utama yang ada di dalam konsep marketing mix yang dikenal dengan istilah 7P adalah sebagai berikut:

Product

Salah satu poin utama marketing 7P adalah produk. Seperti diketahui bersama, produk adalah hasil usaha yang dilakukan oleh pebisnis atau perusahaan dan ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tentu, produk juga termasuk hal yang paling penting terkait penerapan strategi pemasaran yang tepat.

Dalam hal ini, ketika Anda ingin sukses terkait penerapan bauran pemasaran, maka Anda harus bisa membuat ataupun menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas. Serta, cobalah cara keunikan dari produk dan jasa yang Anda miliki untuk bisa menarik perhatian dari target konsumen.

Price

Price atau harga juga termasuk elemen penting dalam penerapan marketing mix. Sebagaimana diketahui, harga adalah sejumlah nominal yang harus dibayarkan pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Terkait poin ini, fokus yang harus Anda lakukan adalah menemukan cara agar pelanggan merasa mendapatkan produk atau jasa yang sesuai dengan harga yang mereka bayar.

Dengan kesan tersebut, tentu konsumen akan mendapatkan kepuasan dan strategi marketing mix bisa berjalan lebih optimal.

Place

Place atau tempat maksudnya adalah lokasi dari perusahaan yang Anda jalankan. Dalam strategi marketing mix, tempat merupakan elemen yang sangat penting. 

Pasalnya, semakin strategis tempat yang Anda pilih untuk membangun bisnis, maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Lokasi yang strategis pada dasarnya akan memudahkan konsumen untuk menjangkau bisnis yang Anda jalankan. Hanya saja, ada modal yang umumnya lebih besar diperlukan untuk mendapatkan lokasi yang strategis.

Promotion

Elemen lain dalam marketing mix yang penting adalah promotion atau promosi. Promosi adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk mendapatkan ketertarikan calon konsumen pada produk yang Anda tawarkan.

Selain memberikan informasi produk kepada calon pelanggan, promosi juga bisa dilakukan dengan memotivasi konsumen untuk memilih produk Anda.

People

People atau sumber daya manusia juga termasuk elemen marketing mix yang sangat krusial.

Pasalnya, tidak dimungkiri jika faktor SDM akan menentukan bagaimana sebuah perusahaan akan berjalan dan mempertahankan eksistensi mereka di tengah persaingan bisnis.

Pentingnya SDM bisa dilihat dari bagaimana setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk mencari kandidat terbaik.

Tentu, kandidat terbaik tidak hanya dilihat dari kemampuannya saja, melainkan juga attitude yang dimiliki dan motivasi yang melekat padanya. Hal ini dikarenakan perusahaan nantinya akan terkena imbas dari perilaku para karyawan mereka.

Process

Apa yang dimaksud proses dalam strategi marketing mix adalah cara yang diterapkan oleh perusahaan ketika memberikan pelayanan pada permintaan konsumen.

Tentu, cara tersebut diterapkan mulai dari ketika konsumen melakukan pemesanan hingga nantinya mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Nah, terkait proses tersebut, cukup banyak perusahaan yang memiliki cara yang cenderung unik dalam pelayanannya. 

Misalnya saja, ada layanan open kitchen dari sebuah restoran yang memungkinkan konsumen mengetahui proses memasak makanan yang mereka pesan.

Cara di atas termasuk strategi yang unik. Dengan strategi tersebut, tentu ada ketertarikan yang lebih dari konsumen di mana nantinya akan memberikan potensi repeat order yang lebih besar.

Physical Evidence

Physical evidence atau tampilan fisik merupakan elemen marketing mix produk. Tentu Anda sering mendengar tentang lokasi yang Instagramable, bukan?

Nah, hal tersebut menunjukkan bahwa ketertarikan konsumen kini juga dipengaruhi bagaimana tampilan fisik dari suatu unit usaha yang dijalankan.

Terkait physical evidence ini, pelaku usaha bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti penggunaan interior yang unik, lighting sistem yang cenderung lebih menarik, desain tempat yang tidak biasa dan lainnya. 

Dengan demikian, nantinya, ada daya tawar lain yang dimiliki perusahaan bagi para konsumen.

Beberapa hal di atas adalah elemen dalam strategi marketing mix yang kerap disebut dengan 7P. Nah, Anda yang ingin menerapkan strategi marketing mix ini, tentu beberapa elemen tersebut wajib menjadi bahan pertimbangan.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Marketing Mix Tersebut?

Untuk menerapkan strategi marketing mix, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Untuk penerapannya, KiriminAja memberikan beberapa contoh penggunaan strategi marketing mix dalam bisnis, yaitu:

  • Melakukan riset untuk menemukan produk yang banyak dibutuhkan oleh target konsumen. Dalam hal ini, selain harus memperhatikan keunikan produk sebagai identitas, Anda juga harus memastikan jika produk tersebut merupakan sebuah solusi dan jawaban dari kebutuhan konsumen
  • Strategi marketing mix kedua adalah menetapkan harga produk yang sesuai dan bersaing dengan produk kompetitor
  • Menentukan tempat yang tepat untuk menjalankan bisnis. Meskipun Anda menjual produk secara online, hasil yang lebih baik akan didapatkan jika Anda memiliki sebuah toko fisik yang mudah dijangkau
  • Merancang strategi promosi yang tepat dengan memanfaatkan beragam fitur, termasuk memaksimalkan media sosial
  • Merekrut SDM yang mumpuni dan memahami strategi serta tujuan dari bisnis yang hendak dicapai
  • Membuat SOP perusahaan sebagai salah satu proses standarisasi pengelolaan bisnis demi menghindari masalah yang mungkin mengganjal

Tentu, selain cara di atas, Anda bisa saja menemukan cara lain untuk menerapkan strategi marketing mix dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, selalu melakukan evaluasi pada strategi yang sudah diterapkan. Terutama untuk memastikan jika strategi tersebut bisa berjalan lancar dan efektif.

Sebagai bisnis yang masih terus tumbuh, KiriminAja juga melakukan aktivitas marketing mix. Anda bisa ikut serta jadi bagian marketing mix KiriminAja, lho.

Dengan jadi bagian KiriminAja, Anda berarti membuka wawasan praktik pemasaran lebih luas. Tentu saja, akan selalu ada praktik dan evaluasi.

Untuk itu, Anda bisa mendaftar di dashboard KiriminAja untuk merasakan bagaimana strategi pemasaran kami berjalan. Anda juga bisa mendapat layanan agregator logistik yang reliable dari KiriminAja.

Jadi, daripada pusing dengan aktivitas pemasaran dan pengiriman jasa logistik, yuk pakai KiriminAja. Biar bisnis jadi tenang dan aman dari ancaman resesi 2023. Selamat mencoba…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.