Yuk, Identifikasi Apa Saja Masalah yang Sering Terjadi Pada Seller Digital

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
melupakan pondasi dasar jualan kepercayaan

Bagaimana menghadapi masalah yang sering terjadi pada seller? Tentu saja ada banyak sekali langkah yang harus ditempuh secara berbarengan.

Karenanya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah identifikasi masalah. Sehingga, tidak ada masalah yang tersembunyi atau dibesar-besarkan.

Beberapa masalah yang sering dialami antara lain persaingan yang ketat dengan seller lain, masalah dengan produk yang dijual, pengembalian barang oleh pembeli dan perselisihan dengan pembeli terkait pengiriman barang atau ketidakpuasan dengan produk.

Selain itu seller kadang mengeluhkan biaya admin yang tinggi dari marketplace, perubahan kebijakan atau persyaratan dari marketplace yang dapat mempengaruhi bisnis seller, dan penipuan atau tindakan curang oleh pembeli atau pesaing.

Selain faktor dari marketplace tersebut, sebagai seller online pemula kadang tidak tahu cara mendatangkan trafik tinggi dan tidak membangun pondasi dasar penjualan yaitu kepercayaan pelanggan secara maksimal.

Meskipun terdapat berbagai masalah yang sering dihadapi oleh seller di dalam marketplace, namun beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas produk yang dijual dan memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Dengan demikian, seller dapat mengurangi risiko terjadinya masalah dan memperkuat bisnis mereka di dalam marketplace.

Dalam artikel ini, KiriminAja akan membahas permasalahan umum dan mendasar mengenai hal yang sering dihadapi para seller. Alangkah baiknya, Anda membaca terlebih dahulu masalah-masalah tersebut agar bisa diantisipasi ke depannya sebagai berikut.

Apa Saja Masalah yang Sering Terjadi Pada Seller?

Masalah Biaya Admin Marketplace

Marketplace sering kali membebankan biaya transaksi kepada seller sebagai bentuk komisi. Biaya ini kadang cukup besar sehingga mempengaruhi keuntungan yang diterima oleh seller dari hasil penjualan.

Ini adalah masalah yang sering sekali dialami seller atau bahkan Anda sendiri ketika pertama kali membuka toko online. Namun, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memahami dan memperhitungkan biaya yang dikenakan oleh marketplace saat menentukan harga jual produk.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual produk di marketplace dengan biaya transaksi rendah atau mencari marketplace yang menawarkan program komisi yang lebih menguntungkan.

Dalam jangka panjang, seller juga dapat mempertimbangkan untuk menjual produk di platform yang lebih independen, seperti toko online mereka sendiri, untuk mengurangi biaya transaksi dari marketplace.

Dengan memperhitungkan biaya transaksi secara cermat dan mencari alternatif marketplace yang lebih menguntungkan, seller dapat memaksimalkan keuntungan bisnis mereka.

Komplain dari Para Konsumen 

Masalah lain yang sering dihadapi seller ketika membuka toko online di marketplace adalah adanya banyak komplain dari para konsumen dan pelanggan. Hal ini bukan tak mungkin terjadi apalagi jika Anda baru memulai sebuah bisnis online.

Komplain pelanggan tentunya akan mengancam image dari bisnis yang sudah dibangun jika tak diatasi dengan baik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melayani komplain secara baik seperti selalu responsif dan bertanggung jawab terhadap produk.

Selain cara tersebut, supaya lebih meyakinkan dalam mengatasi komplain konsumen dan tetap menjaga nama baik bisnis, Anda bisa membaca mengenai tips mengatasi keluhan pelanggan untuk meningkatkan reputasi perusahaan dalam tautan tersebut.

Tidak Tahu Cara Mendatangkan Traffic di Marketplace

Jika Anda menjual produk di marketplace dan tidak tahu bagaimana cara menarik lebih banyak orang ke toko online yang dimiliki, maka ini bisa menjadi masalah. Karena jika tidak banyak yang berkunjung ke toko online Anda, maka penjualan produk kemungkinan akan rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat dilakukan seperti menambahkan deskripsi produk informatif dan menarik, serta gunakan kata kunci yang tepat dan pas.

Jangan lupa juga memasang foto produk yang berkualitas. Anda juga bisa memanfaatkan fitur promosi dan iklan berbayar yang tersedia di marketplace untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ulasan positif dari pembeli, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan memperluas jaringan pelanggan Anda di marketplace.

Jika Anda masih kerepotan dalam mengurus bisnis online dalam marketplace untuk menarik pelanggan, ada solusi lain yang lebih praktis dan otomatis memberikan keleluasaan terhadap manajemen produk, yaitu dengan Toko Online KiriminAja.

Dengan toko online tersebut, Anda bisa mendapatkan support berupa agregator logistik yang baik. Hal ini pastinya akan membuat pelanggan berdatangan dengan adanya sistem pengiriman yang cepat dan aman.

Lupa Akan Pondasi Mendasar Bisnis: Kepercayaan

Para seller online sering kali lupa pada pondasi mendasar bisnis, yakni kepercayaan. Kepercayaan adalah faktor penting dalam pembelian produk di toko online. Jika reputasi toko online buruk maka pelanggan akan mencari toko online lain yang lebih terpercaya.

Akibatnya seller online akan kehilangan pelanggan loyalnya. Namun ada banyak cara dan strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut bahkan masalah-masalah sebelumnya.

Sistem Logistik yang Boros dan Tidak Efektif

Pernahkah Anda merasa kesal ketika paket pesanan pelanggan tidak sampai tepat waktu? Atau mungkin pengiriman paketnya bermasalah, seperti barang yang rusak atau bahkan hilang di tengah jalan? 

Masalah-masalah seperti ini sering terjadi pada bisnis online, dan bisa merugikan bisnis Anda secara finansial dan reputasi.

Sistem logistik yang boros dan tidak efektif dapat menghambat pertumbuhan bisnis online dan bahkan membuat bisnis tersebut sulit untuk bertahan di pasar yang semakin kompetitif.

Sebab, sistem logistik semacam itu akan memengaruhi biaya pengiriman yang menjadi tanggung jawab online seller. 

Biaya pengiriman yang mahal dapat mengurangi profit dan menurunkan daya saing bisnis online. 

Selain itu, tidak efektifnya sistem logistik juga dapat memperpanjang waktu pengiriman dan mengurangi kepuasan pelanggan, yang dapat berdampak buruk pada reputasi bisnis online. 

Untuk itulah, KiriminAja hadir sebagai solusi membantu Anda menjalankan sistem logistik yang efektif, hemat, dan tidak bermasalah. 

Dengan KiriminAja, bisnis Anda memiliki kemampuan untuk menjaga #CashFlowAman, lebih mudah menjangkau konsumen baru, lebih mudah menaikkan profit, sehingga bisnis Anda jadi tenang.

Bagi konsumen Anda, KiriminAja keamanan, harga terjangkau, dan kecepatan pengiriman paket.

Yuk, dapatkan pengalaman pengiriman paket yang menyenangkan dan terjamin hanya dengan KiriminAja.

Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan sejumlah verifikasi, dan langsung merasakan performa prima aplikasi kirim paket #1 Indonesia. 

Dengan KiriminAja, salah satu masalah yang sering terjadi pada seller jadi teratasi, sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan problem bisnis lain.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.