Melakukan Pemasaran Dengan Reel Instagram, Bagaimana Caranya?

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
205
Melakukan Pemasaran Dengan Reel Instagram, Bagaimana Caranya?

Tidak dimungkiri bahwa Instagram menjadi salah satu platform digital yang cukup efektif untuk melakukan pemasaran. Bahkan, kini Anda bisa memperbarui strategi Anda dengan melakukan pemasaran dengan Reel Instagram.

Pernah mendengar tentang Reel Instagram sebelumnya?

Reel merupakan salah satu fitur terbaru dari Instagram. Fitur ini sebenarnya mirip dengan IG story namun dengan basis video. Selain itu, pada fitur terbaru ini, Instagram memberikan lebih banyak filter dan fitur tambahan lainnya yang akan membuat video yang dibuat menjadi lebih menarik. Oleh karenanya, Reel bisa dijadikan platform promosi alternatif yang sangat menarik.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang Reel Instagram dan strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Apa Itu Instagram Reels?

Sebagaimana disinggung di awal, Instagram Reels adalah salah satu fitur terbaru yang disediakan. Dengan adanya fitur ini, Instagram memberikan pengalaman yang baru bagi pengguna dengan beragam tool yang ada. Fitur ini akan memfasilitasi pengguna untuk mengedit video dengan tambahan musi, teks, efek spesial, stiker dan hal menarik lainnya.

Tidak hanya itu, fitur ini juga menyediakan opsi bagi pengguna untuk menjelajah dan membagikan beragam video pendek yang tersedia. Ada menu eksplorasi dari fitur ini di mana Anda nantinya bisa mencari beragam video pendek yang menarik dan populer.

Cara Membuat Instagram Reels Dengan Mudah

Fitur Instagram Reels bisa digunakan dengan sangat mudah. Hanya saja, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa spesifikasi tentang fitur ini agar nantinya Anda bisa memaksimalkan opsi yang ada.

Beberapa spesifikasi terkait Instagram Reels adalah sebagai berikut:

Video yang dibuat adalah video dengan bentuk portrait berukuran 9:16

Durasi dari video yang dibuat adalah sekitar 30 detik

Fitur ini hanya tersedia untuk versi Instagram Mobile saja. Oleh karenanya, Anda yang menggunakan Instagram versi website tidak bisa menggunakan fitur ini.

Nah, untuk membuat Instagram Reels dengan mudah, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1) Buka akun Instagram dan login seperti biasa

2) Setelah login, pilih menu screen stories Instagram

3) Scroll dan temukan menu Instagram Reels yang ada di bagian bawah screen tersebut

4) Gunakan tool kreatif yang tersedia di Instagram Reels, seperti musik, speed video, efek, timer dan lainnya

5) Tap lalu tahan tombol record. Jika Anda ingin mengatur timer pada Reels, maka Anda akan melihat hitungan mundur sebelum perekaman dimulai

6) Tekan tombol record jika dirasa perekaman klip sudah cukup. Tap lagi untuk membuat video baru dan rekam klip video tersebut

7) Setelahnya, pilih tombol align. Dengan opsi ini, Anda bisa mengurutkan video dari awal hingga hasilnya akan cenderung lebih mulus

8) Setelah selesai mereka, Anda bisa mempercantik video tersebut dengan menggunakan teks, sticker, drawing dan fitur lain

9) Tap tombol (>) yang ada di pojok kanan untuk upload video tersebut. Jika Anda memiliki akun publik, maka video yang Anda buat tadi bisa dilihat oleh pengguna Instagram global melalui fitur explore yang ada pada Instagram Reels.

Beberapa hal di atas adalah langkah yang perlu dilakukan untuk membuat video Instagram Reels. Sekilas, langkah tersebut memang sangat mudah. Hanya saja, untuk melakukan pemasaran dengan Reel Instagram, maka Anda perlu memahami fitur Reels lebih jauh agar bisa membuat video yang jauh lebih menarik dan efektif untuk meningkatkan engagement.

Ide Konten Instagram Reels Untuk Pemasaran

Kreativitas menjadi hal yang sangat penting terkait pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan Instagram Reels. Hanya dengan kreativitas yang maksimal, Anda akan bisa membuat video promosi yang tepat dan menarik.

Nah, ada beberapa ide konten untuk membuat video Instagram Reels demi pemasaran yang lebih efektif. Beberapa ide tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Product Showcase

Product showcase atau promosi produk adalah salah satu ide konten Reels yang bisa dikatakan sangat umum. Sesuai namanya, konten ini dibuat dengan menunjukkan detail dari produk yang hendak dipasarkan. Oleh karenanya, persiapan konten yang tepat sebagai gambaran produk menjadi kunci dari ide konten ini.

Selain itu, artikulasi promosi juga merupakan poin yang sangat penting. Ada baiknya jika Anda berusaha semaksimal mungkin untuk menjelaskan produk dengan tenang dan jelas agar target konsumen bisa memahami dengan baik.

2) Product Review

Sekilas, teknik product review cenderung mirip dengan showcase. Namun, titik tekan pada ide konten ini adalah pengalaman yang didapatkan ketika menggunakan produk yang dipromosikan tersebut.

Nah, untuk membuat konten promosi dengan ide ini, Anda perlu memberikan fokus yang lebih pada kelebihan produk. Bangun kepercayaan calon konsumen dengan bukti penggunaan produk yang Anda miliki.

3) Behind The Scene

Behind the scene adalah ide konten yang sangat menarik untuk melakukan promosi bisnis dan juga produk. Tujuan dari ide promosi ini adalah membuat calon konsumen mengenal lebih baik bisnis dan produk yang Anda pasarkan.

Tentu, dengan membuat konten behind the scene, ada ketertarikan yang lebih pada produk maupun bisnis yang dipasarkan. Hanya saja, Anda harus meramu konten ini secara profesional agar memiliki daya tarik yang cenderung lebih maksimal.

4) Before and After

Apakah Anda memasarkan produk skincare atau perawatan lain sebagai ide bisnis? Jika ya, maka konsep Instagram Reels ini cocok untuk Anda gunakan. Before and after adalah ide konten yang menarik untuk memberikan penekanan pada perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan produk yang Anda pasarkan.

Ide konten ini tidak hanya cocok untuk promosi produk skincare saja. Beberapa produk lain seperti penata rambut, jasa cleaning service dan lainnya bisa pula menggunakannya.

Nah, beberapa ide di atas tentu bisa memacu kreativitas Anda untuk melakukan promosi. Selain beberapa ide di atas, Anda bisa saja menggunakan strategy storytelling untuk melakukan promosi yang tepat.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Konten Instagram Reels Untuk Promosi?

Selain memilih konsep konten yang tepat, Anda juga perlu belajar untuk memaksimalkan video Instagram Reels tersebut untuk pemasaran yang lebih maksimal. Salah satu tips yang cukup penting adalah mengikuti tren yang sedang berkembang. Hal ini sangat mendasar karena Instagram memang bekerja sesuai dengan tren.

Selain itu, berusahalah untuk membuat konten promosi yang to the point. Artinya, berikan penekanan pada produk atau layanan yang diberikan. Hindari basa-basi yang tidak perlu terlebih karena durasi video yang terbatas.

Juga, berusahalah untuk mempercantik video Instagram Reels yang dibuat. Cobalah untuk memaksimalkan filter atau fitur tambahan lainnya untuk membuat video yang lebih menarik bagi calon konsumen.

Dengan beberapa langkah tersebut, tentu Anda nantinya akan semakin mudah untuk melakukan pemasaran dengan Reel Instagram dan hasilnya pun akan cenderung lebih maksimal. Sebagai tambahan, pastikan Anda memperbarui Instagram secara berkala untuk mendapatkan update fitur dari Reels.