Memahami Pengembangan Pasar Mulai Dari Contoh Hingga Strateginya

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Memahami Pengembangan Pasar Mulai Dari Contoh Hingga Strateginya

Pengembangan pasar merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan dari hasil produk yang dihasilkan. Dengan ini, perusahaan mencari segmen pasar baru untuk produk tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan perusahaan.

Kuantitas penjualan dapat ditingkatkan ketika wilayah pemasaran diperluas dengan pasar yang baru. Pengembangan pasar tidak melibatkan suatu produk dikarenakan perusahaan hanya menjual produk ke segmen yang baru.

Contoh Pengembangan Pasar

Strategi pengembangan pasar bertargetkan pelanggan dari luar segmen. Hal ini dikarenakan perusahaan memanfaatkan nama merek yang sudah diciptakan.

Pasar baru tidak memungkiri hanya di satu wilayah saja atau pulau namun kemungkinan adalah segmen pasar luar negeri.

Contohnya yaitu PT Garuda Indonesia yang membuka berbagai rute penerbangan baru di domestic dan mancanegara, diantaranya adalah rute Jakarta-tanjung karang, Jakarta-Malang dan lain-lain. PT Carrefour Indonesia juga membuka berbagai ritel baru di berbagai kota besar di Indonesia.

Keuntungan Melakukan Pengembangan Pasar

Kelebihan strategi pengembangan pasar yaitu mendapat pelanggan baru yang meningkatkan penjualan dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Strategi Pengembangan Pasar

Memperkenalkan produk yang ada saat ini pada pasar baru. Strategi pengembangan pasar ke pasar baru ini dijalankan dengan cara memperluas area wilayah yang baru, menambah segmen yang baru, merubah dari bukan pemakai menjadi pemakai dan menarik pelanggan dari pesaing. Berikut ada beberapa pedoman terkait strategi pengembangan pasar secara efektif:

1. Saluran distribusi baru yang lebih handal, murah berkualitas dan tentunya bagus

2. Perusahaan berhasil meraih kesuksesan pada apa yang dilakukan

3. Ada kelebihan kapasitas produksi

4. Ada pasar baru yang belum dimanfaatkan atau belum jenuh

5. Industri pasar menjadi global secara cepat

6. Perusahaan mempunyai modal dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengelola operasi yang sudah diperluas.

Dengan cara mencari pasar baru maka perusahaan berusaha untuk memperbesar wilayah pemasaran. Dengan begitu, volume penjualan dapat ditingkatkan dengan baik.

Pengembangan pasar memunkinkan tidak melibatkan inovasi produk karena perusahaan hanya menjual produk saat ke segmen baru. Sementara itu, pengembangan pasar hanya memanfaatkan produk yang ada saat ini.

Strategi pengembangan pasar dapat diterapkan secara kombinasi strategi dengan strategi lain (pengembangan produk, diversifikasi, penetrasi pasar dan integrasi) atau dapat diterapkan tanpa kombinasi. Strategi pengembangan pasar memahami biaya investasi, tujuan anggaran pengembangan pasar, peran manajer dan juga parameter keberhasilan.

Strategi Melakukan Pengembangan Pasar

Jika hasil penjualan anda tengah stuck pada angka yang rendah, tentu hal ini membuat pusing kepala. Grafik penjualan yang landai tanpa ada kenaikan signifikan akan membuat mendidih kepala. Belum lagi jika harus mengalami penurunan penjualan entah karena keadaan sosial atau pengaruh stock bahan. Coba pertimbangkan dan lakukan strategi berikut:

1. Memaksimalkan Teknologi Digital Sebagai Media Iklan dan Pemasaran

Beruntungnya kaum milenial saat ini adalah karena hidup bersamaan dengan nafas digital. Dimana semua komponen dalam kehidupan nyaris tak terlepas dari peran penting teknologi ini.

Hadir untuk menjadi solusi bagi banyak permasalahan umat manusia di muka bumi ini, teknologi digital dapat digunakan untuk beragam aktivitas maupun bisnis. Salah satunya melakukan pemasaran dan memasang iklan melalui platform, website dan akun sosial media.

Modern ini, seluruh entitas perusahaan terkemuka telah memiliki akun sosial media resmi selain email dan website. Hal tersebut seperti Instagram, Twitter, Facebook bahkan aplikasi pesan WhatsApp.

Metode dilakukan agar perusahaan semakin dekat dengan konsumen serta lebih peka terhadap kebutuhan dan permintaan pasar, mengingat seluruh masyarakat sudah populer dengan kegiatan di dunia maya dalam kesehariannya.

Melalui akun sosial media, konsumen dapat melihat lebih banyak aktivitas perusahaan dan akan mendapat informasi terkini terutama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Menentukan Harga Ideal Berdasarkan Survei dan Pengumpulan Data Harga di Pasaran

Satu poin yang selamanya menjadi pertimbangan banyak konsumen adalah harga. Menentukan harga terbaik merupakan strategi penting untuk menjaring lebih banyak konsumen hingga akhirnya terjadi transaksi.

Harga terbaik yang dimaksud adalah standar yang paling ideal berdasarkan kondisi ekonomi sekitar, kebutuhan pangsa pasar, harga bahan sebagai modal dan keuntungan yang didapat. Semua harus terkomposisi dengan proporsi yang sesuai agar konsumen puas dan kembali untuk membeli, namun perusahaan tidak merugi.

Konsumen biasanya akan melakukan survei atau mencari informasi mengenai harga terbaik dengan kualitas produk atau jasa yang recomended, maka sebagai strategi pengembangan pasar, penting untuk mematok harga yang paling ideal agar para konsumen berdatangan, pun dengan laba yang mengalir.

3. Memahami Persaingan Pasar

Dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang sangat wajar, karena semua pelaku usaha bergerak untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sebagai pengusaha, Anda harus memahami persaingan pasar yang terjadi, maksudnya adalah para perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Bagaimana dengan sistem penjualan mereka, varian produk, fasilitas, layanan dan lain sebagainya yang dapat mendongkrak penjualan. Mempelajari hal tersebut sah-sah saja selama dalam batas yang wajar dimana memang informasi suatu perusahaan dapat diketahui oleh publik.

Dengan memahami persaingan pasar, maka Anda dapat mengatur strategi atau langkah jitu demi menggerakkan penjualan yang tinggi. Berdasarkan pengamatan persaingan pasar yang terjadi, Anda bisa mengetahui apa yang sedang diburu konsumen dan apa yang paling menarik bagi konsumen.

Namun penting untuk diingat bahwa dalam berbisnis semua pihak wajib menjaga persaingan agar tetap sehat. Artinya tidak ada tindakan yang saling merugikan antar sesama, serta tetap kompetitif dan sportif dalam persaingan.

4. Membuat Inovasi Varian Produk Baru atau Upgrade Layanan

Manusia adalah makhluk yang cenderung bosan dengan sesuatu yang monoton. Masyarakat kerap menuntut inovasi dan kreasi yang menggugah. Meskipun menjaga orisinalitas memang diutamakan, namun membuat inovasi varian baru akan memberi warna yang lebih memikat.

Dengan tetap menjaga produk original lama, perusahaan bisa meningkatkan penjualan melalui produk-produk pendatang yang telah diformulasikan dengan baik, tanpa mengesampingkan produk lama sebagai ikon perusahaan.

Beberapa hal mengenai pengembangan pasar tadi memang sangat penting untuk Anda pahami. Karena jika tidak, bisa saja usaha untuk mengembangkan pasar bisa saja berjalan tidak terlalu baik. Semoga bisa bermanfaat.

5. Membuat Nama Bisnis/Lini Produk

Saat ini, sebuah bisnis dituntut untuk membangun branding yang konsisten, mudah diingat dan berbeda di mata audiens. Tujuannya untuk memikat konsumen, dan sebagai bagian dari menanam branding ke benak konsumen.

Nama adalah hal pertama yang diingat orang tentang perusahaan Anda. Nama merupakan ujung tombak untuk menyampaikan posisi, nada, dan nilai-nilai produk Anda.

Nama juga merupakan alat untuk menghasilkan hubungan emosional dengan konsumen.

Nama bisnis yang bagus dipilih dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Oleh karenanya, KiriminAja mendukung Anda membuat nama yang menarik dan unik.

Anda bisa membaca panduan KiriminAja membuat nama usaha yang bagus dan unik untuk perusahaan.

Pastikan juga, nama usaha sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan. Sebagai referensi, Anda bisa membaca rangkuman KiriminAja tentang sejumlah ide bisnis milenial yang bisa dijalankan secara WFH dan sebagai side hustleHarapannya, Anda mempertimbangkan sejumlah faktor untuk menghasilkan nama terbaik.

Untuk melengkapi strategi pengembangan pasar, Anda juga perlu melakukan riset pasar. Proses riset pasar tersebut dilakukan sebelum praktik pengembangan pasar.

Untuk mendalami topik riset pasar, KiriminAja sudah menyiapkan rangkuman padat untuk Anda. Rangkuman detail dan lengkap tentang riset pasar ini akan mendukung Anda memahami bagaimana pola dan karakteristik konsumen untuk berbagai produk yang Anda jual secara online.

Sedangkan untuk memahami penetrasi pasar, Anda bisa membaca uraian tentang dasar-dasar strategi penetrasi pasar yang pernah menjadi diskusi tim internal KiriminAja di tautan tersebut.

Anda perlu meng-klik tautan tersebut, membaca, dan mengkolaborasikan dengan strategi pengembangan pasar yang akan Anda jalankan. Selamat mencoba….

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.