Memahami Pentingnya Merek Dagang dan Cara Untuk Mendaftarkannya

Ruth
1 tahun lalu
Bisnis
Cara mendaftar hak merek dagang

Ketika berbincang terkait bisnis, terutama produk, merek dagang atau trademark adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan trademark adalah kata, frase, simbol, desain ataupun kombinasi dari beragam hal tersebut yang digunakan untuk membangun sebuah identitas dari barang ataupun jasa.

Perlu diketahui bahwa trademark adalah bagian dari sebuah hak merek. Oleh karenanya, merek tersebut jika terdaftar secara sah akan mewakili sebuah perusahaan ataupun produk.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian dari trademark dan juga bagaimana cara untuk mendaftarkannya demi membangun eksistensi dari bisnis yang Anda miliki. Apa saja hal penting terkait trademark tersebut? Simak ulasannya!

Pengertian Tentang Hak Merek Dagang

Hak merek atau dikenal dengan hak atas merek merupakan hak yang cukup eksklusif yang diberikan kepada seseorang yang memiliki merek terdaftar tersebut. Hal ini diberikan secara khusus untuk negara untuk jangka waktu yang sebelumnya sudah ditentukan. 

Selama memegang sebuah hak merek, pemilik nantinya bisa menggunakan merek tersebut untuk memulai bisnis yang ia jalankan. Tidak hanya itu, pemilik merek nantinya juga memilih hak untuk memberikan penggunaan merek tersebut kepada pihak lainnya yang ditunjuk. Misalnya, izin orang lain guna membuka cabang dengan merek yang sama.

Pentingnya Hak Merek Untuk Dagang

Tidak dimungkiri bahwa ada banyak perusahaan, terutama bisnis dengan skala yang cenderung kecil, tidak terlalu memikirkan dan menghiraukan tentang merek dan tidak mendaftarkan merek mereka. Padahal, bagi seseorang yang menjalankan bisnis produksi sebuah produk ataupun penyedia jasa, mendaftarkan trademark adalah hal yang sangat penting.

Salah satu manfaat dari memiliki sebuah trademark bagi seorang pebisnis adalah Anda akan mendapatkan hak merek. Hak merek inilah yang akan menjadi pelindung dari penyalahgunaan merek oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Selain hal di atas, beberapa manfaat dari trademark yang menjadi alasan kenapa Anda perlu mengurus dan mendaftarkannya adalah sebagai berikut:

  1. Hak merek akan memberikan sebuah perlindungan hukum bagi pemilik. Dalam hal ini, Anda yang memiliki trademark tertentu bisa melakukan sebuah tuntutan ke jalur hukum apabila ada pihak-pihak lain yang akan menggunakan merek yang sama untuk menjalankan bisnis mereka.

  2. Trademark memiliki fungsi untuk menjadi pengenal dari sebuah layanan, produk atau bisnis lain secara umum yang dimiliki. Tidak hanya itu, trademark adalah pengenal yang nantinya akan memudahkan calon konsumen untuk melakukan pencarian yang efeknya adalah konversi penjualan menjadi lebih tinggi dan keuntungan yang didapatkan lebih banyak.

  3. Sebuah trademark akan menjadi salah satu alasan ketertarikan target konsumen. Adanya trademark yang menarik tentu akan memberikan kesan berbeda di benak para konsumen yang menjadikan sebuah pertimbangan untuk memilih produk atau layanan yang Anda tawarkan dibandingkan tawaran serupa dari pihak lainnya

  4. Trademark adalah sebuah pembeda dari bisnis yang Anda jalankan dengan para pesaing. Hal semacam ini tentu sangat penting karena secara langsung, merek dagang yang dimiliki nantinya akan membangun sebuah eksistensi dan keunikan bisnis yang berbeda dan menghindarkan Anda dari beragam dampak yang cenderung merugikan. 

Dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa trademark adalah hal yang sangat esensial dari bisnis yang Anda jalankan. Tentu saja, seiring dengan pentingnya trademark, terutama untuk legalitas bisnis dan juga pembeda dari bisnis lainnya, maka sebaiknya trademark tersebut didaftarkan untuk mendapatkan hak paten.

Selain itu, demi mendapatkan kesan trademark yang tepat, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan merek. Luangkan waktu untuk memikirkan apa nama merek yang paling tepat untuk produk ataupun layanan yang Anda sediakan. Pastikan jika merek yang dipilih mampu mewakili gambaran dari bisnis yang Anda kelola tersebut. 

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Ketika berbincang tentang trademark, salah satu respons yang paling sering muncul dari para pebisnis adalah proses yang panjang dan rumit. Hal inilah yang menyebabkan banyak pebisnis akhirnya enggan dan merasa tidak terlalu penting untuk mendaftarkan merek yang mereka gunakan. 

Apakah memang demikian?

Tidak dimungkiri bahwa ada proses yang harus dilakukan untuk pengurusan trademark. Hanya saja, jika dipelajari, maka proses untuk mengurus trademark tersebut bisa dilakukan dengan cukup mudah dan tidak membingungkan. Terlebih, saat ini, pendaftaran merek bisa dilakukan secara online.

Terkait mendaftarkan trademark, ada beberapa hal yang harus dipahami lebih lanjut sebelumnya. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan awal

Untuk mendaftarkan trademark, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Adapun beberapa hal yang harus disiapkan adalah surat pernyataan UMK, surat rekomendasi UKM binaan, label merek dan juga tanda tangan pemohon.

  1. Prosedur pengajuan trademark secara online

Pengajuan pendaftaran trademark secara online bisa menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan karena menawarkan langkah yang lebih sederhana dan juga mudah. Nah, untuk mendaftarkan merek secara online, Anda bisa berkunjung ke laman http://simpaki.dgip.go.id/ untuk mendapatkan kode billing serta melakukan pembayaran.

Berapa biaya yang diperlukan untuk mendaftarkan trademark tersebut?

Biaya yang perlu dibayarkan berbeda. Untuk kelas umum, biaya pendaftaran trademark adalah sekitar 1,8 jutaan sedangkan untuk kelas UMK, biaya yang diperlukan hanya sekitar 500 ribuan saja.

Jika pembayaran tersebut sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun merek. Pembuatan akun merek tersebut bisa dilakukan di laman https://merek.dgip.go.id/. Setelah membuat akun merek, Anda bisa memilih permohonan online.

Nah, setelah melakukan permohonan online, ikuti langkah pendaftaran trademark berikut ini:

  • Pilih tipe permohonan 

  • Input kode billing yang sebelumnya sudah dibayarkan

  • Masukan data secara lengkap sesuai dengan permintaan dari sistem

  • Masukkan data merek yang akan didaftarkan

  • Masukkan data kelas serta upload lampiran dokumen yang menjadi prasyarat secara lengkap

Setelah proses di atas, Anda perlu memastikan jika tidak ada kesalahan isian pada data yang dilengkapi karena kesalahan tentu saja akan memberikan hal yang fatal. Setelah itu, cetak draft pengajuan pendaftaran merek tersebut.

Jika proses di atas selesai, maka pengajuan pendaftaran merek sudah masuk dan akan dilakukan beberapa pemeriksaan oleh pihak terkait sebelum didaftarkan. Apabila formulir yang dikirimkan sudah lengkap dan tidak ada masalah yang terjadi, maka sertifikat hak merek akan diterbitkan.

Dari beberapa langkah di atas, bisa disimpulkan jika sebenarnya pendaftaran trademark bisa dilakukan dengan cukup mudah dan tidak ribet, terutama pengajuan secara online. Hanya saja, ada beberapa persiapan awal yang harus dilakukan demi kelancaran proses.

Selain itu, Anda juga harus bersabar dalam pengurusan pendaftaran merek tersebut. Pasalnya, sertifikat hak merek yang diajukan akan diterbitkan sekitar 225 hari atau sekitar 7 hingga 8 bulan sejak pendaftaran. Hal ini dikarenakan adanya antrian proses yang cukup lama yang masuk secara bersamaan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang merek dagang dan bagaimana cara untuk mendaftarkannya. Seiring pentingnya trademark, tentu Anda harus meluangkan waktu untuk mendaftarkannya dan berusaha mendapatkan hak paten dari merek yang Anda gunakan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.