Membuat Landing Page yang Efektif

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
132
Membuat Landing Page yang Efektif

Banyak cara menawarkan daganganmu secara online. Mulai dari memanfaatkan media sosial, menggunakan ads hingga membuat landing page yang menarik sehingga konsumen terpancing untuk membeli.

Landing page merupakan halaman dimana kamu bisa mengarahkan konsumen ke arah yang lebih spesifik. Landing page itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu :

- Landing page click through

Di landing page ini terdapat penjelasan yang detail dan penawaran kepada user  sehingga umumnya akan tersambung dengan halaman transaksi selanjutnya.

- Landing page lead generation

Sedangkan landing page ini lebih berfokus pada konversi seperti promo atau kupon berhadiah.


Lalu apa saja yang harus kamu lakukan jika kamu ingin memaksimalkan landing page untuk hasil konversi atau penjualan? Berikut langkah-langkahnya :

1. Buat landing page-mu terlihat simple dan fokus dengan apa yang ditawarkan

Konsumen tentunya tidak mau dipusingkan dengan hal-hal yang terlihat ruwet dan ribet, apalagi tidak dipahami oleh konsumen. Terutama konsumen-konsumen yang sudah memahami apa yang akan diacari. Dengan membuat tampilan yang simple dan fokus, konsumen akan langsung menangkap dan memahami apa yang sedang kamu tawarkan dalam landing page tersebut.  

2. Berikan keterangan nominal dengan jelas

Konsumen yang memahami apa yang sedang dia cari tentu akan ogah berlama-lama terjebak dalam satu landing page yang tidak jelas mengenai harga yang ditawarkan. Umumnya konsumen sudah menentukan berapa besaran rupiah yang akan ia keluarkan untuk barang yang ia cari. Maka jangan berlama-lama dan membuat konsumen bingung dengan harga yang tidak jelas.

3. Berikan data pendukung

Konsumen perlu diyakinkan mengenai keunggulan produkmu dengan menyematkan testimoni-testimoni pengguna sebelumnya. Jangan lupa untuk mengolah kata-kata yang membangkitkan rasa percaya konsumen, juga memberikan referensi mengenai solusi dari masalah yang dihadapi oleh konsumen.

4. Buat tampilan landing page nyaman dilihat konsumen

Tentunya permainan warna dan font sangat penting disini. Jangan sampai konsumen kabur karena font yang susah dibaca dan warna yang terlalu mencolok mata.

Landing page mungkin terlihat sepele, namun jangan salah sangka, landing page adalah tempat dimana produkmu dipresentasikan.

Coba cek landing pagemu apakah ada yang perlu dibenahi?