Memilih Ekspedisi Tepat Untuk Bisnis Online, Bagaimana Caranya?

Ruth
1 bulan lalu
84
Memilih Ekspedisi Tepat Untuk Bisnis Online, Bagaimana Caranya?

Saat ini, bisa dikatakan jika persaingan bisnis online semakin ketat yang tentu saja memaksa pebisnis online menemukan formula dan strategi yang baru untuk survive. Nah, salah satu strategi yang perlu diterapkan untuk mengatasi persaingan yang terjadi adalah dengan memilih ekspedisi tepat untuk bisnis online.

Ya, ekspedisi atau pengiriman adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam bisnis online dan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa secara umum, konsumen senantiasa ingin produk yang mereka beli bisa sampai ke alamat tujuan dengan cepat. Oleh karenanya, Anda perlu memberikan dukungan ekspedisi yang tepat.

Berbincang tentang ekspedisi untuk bisnis online, Anda akan menemukan jika saat ini ada cukup banyak pilihan ekspedisi yang menawarkan pengiriman barang ke berbagai wilayah. Tentu, secara umum, adanya banyak jasa ekspedisi tersebut akan memudahkan Anda memilih mana jasa ekspedisi yang tepat. 

Hanya saja, untuk mendapatkan jasa pengiriman terbaik, maka Anda harus selektif. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips untuk memilih jasa ekspedisi yang bisa diandalkan untuk menunjang bisnis online yang Anda jalankan. 

Apa saja tips yang dimaksud? Simak ulasannya!

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Tepat Untuk Menunjang Bisnis Online

Seiring dengan pentingnya peran jasa pengiriman, ada baiknya jika Anda tidak memilih penyedia jasa secara serampangan. Ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan dan patokan untuk memilih mana ekspedisi yang bisa diandalkan untuk menunjang bisnis online yang Anda jalankan agar tidak hanya lancar, tetapi juga sukses,

Beberapa tips mendasar yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih ekspedisi yang bisa mengirimkan barang tepat waktu

Sebagaimana disinggung di awal bahwa setiap konsumen dalam transaksi online senantiasa ingin jika produk atau barang yang mereka beli bisa sampai di tujuan tepat waktu. Hal inilah yang seharusnya menjadi dasar utama ketika Anda hendak memilih jasa pengiriman barang untuk digunakan.

Nah, perihal waktu, saat hendak memilih jasa pengiriman barang, pastikan Anda menjadikan ketepatan waktu pengiriman sebagai kriteria utama. 

Bagaimana cara menilai apakah jasa pengiriman barang tertentu bisa mengirimkan paket tepat waktu atau tidak?

Untuk melihat bagaimana layanan dari jasa pengiriman barang yang hendak Anda pilih tersebut Anda bisa melihat track record jasa tersebut. Cobalah bertanya kepada sesama pebisnis online ataupun rekan yang pernah menggunakan jasa tersebut. Selain itu, Anda pun juga bisa memanfaatkan internet untuk melakukan pencarian terkait keluhan pelanggan pada layanan yang digunakan. 

  1. Biaya pengiriman yang terjangkau

Selain ketepatan dan kecepatan dalam pengiriman barang, para konsumen tentu ingin mendapatkan biaya pengiriman yang lebih terjangkau. Terlebih, untuk transaksi dengan nilai yang besar dan lokasi pengiriman yang cukup jauh. 

Nah, dalam hal ini, Anda tentu harus memperhatikan dengan saksama faktor harga atau biaya pengiriman yang hendak dibebankan. Pasalnya, disadari atau tidak, banyak konsumen yang menjadikan biaya pengiriman sebagai salah satu pertimbangan sebelum mereka melakukan transaksi.

Seringkali, konsumen membatalkan pesanan atau beralih ke penjual lain yang memberikan biaya pengiriman lebih murah. Jika hal ini terjadi pada Anda, tentu Anda pun bisa mengalami kerugian.

Oleh karenanya, cobalah cari jasa pengiriman barang yang memberikan satuan biaya pengiriman yang terjangkau. Anda tentu perlu melakukan riset untuk hal ini.

Selain itu, cobalah untuk memberikan beberapa pilihan jasa pengiriman barang. Ya, adanya beberapa pilihan tersebut akan memudahkan konsumen untuk memilih ekspedisi tepat untuk bisnis online sesuai dengan keinginan mereka. 

  1. Pilih jasa pengiriman barang yang terpercaya

Tips lain yang sangat penting untuk diperhatikan saat hendak memilih jasa pengiriman barang yang tepat untuk menunjang bisnis online adalah memilih ekspedisi yang terpercaya. Pernahkah Anda menemukan adanya paket yang rusak ketika diterima? Hal tersebut tentu sangat merugikan dan mengecewakan, bukan?

Oleh karenanya, agar masalah tersebut tidak terjadi pada konsumen Anda hingga berujung bisnis online Anda yang bermasalah, pilihlah jasa pengiriman barang yang cenderung terpercaya. Tentu, dengan menggunakan ekspedisi yang terpercaya, risiko adanya kerusakan pada barang hingga konsumen tidak mau menerima tentu tidak akan terjadi.

Nah, untuk mendapatkan jasa pengiriman barang yang terpercaya, cobalah lihat track record dari agen pengiriman barang tersebut. Jika Anda menemukan adanya cukup banyak kasus barang yang rusak atau bahkan hilang saat dikirim, maka Anda sebaiknya tidak menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Selain itu, cobalah cari jasa pengiriman barang yang menawarkan asuransi. Layanan ini bisa menjadi nilai plus bagi konsumen, terutama untuk mendapatkan penggantian ketika terjadi kerusakan atau masalah pada paket yang dikirimkan. 

  1. Tersedia layanan pelacakan real time

Untuk pengiriman barang yang penting dan hendak segera dipakai, umumnya konsumen akan melakukan pelacakan secara terus menerus guna memantau sampai di mana barang tersebut dikirimkan. Nah, oleh karenanya, ada baiknya jika Anda menggunakan layanan jasa pengiriman yang menyediakan pelacakan secara real time.

Adanya fitur ini tentu akan sangat membantu konsumen untuk mengetahui proses pengiriman barang yang dilakukan. Tidak hanya konsumen, Anda selaku penjual pun nantinya juga akan cenderung merasa nyaman ketika barang yang dikirimkan bisa dilacak dengan baik.

Saat ini, rata-rata agen pengiriman barang sudah memiliki layanan pelacakan secara real time dan bisa dilihat dengan sangat mudah. Bahkan, jasa ekspedisi tersebut juga sudah memiliki aplikasi khusus untuk membantu pelacakan yang dilakukan berdasar penggunaan nomor resi.

  1. Tersedia paket pengiriman yang lengkap

Saat hendak menyediakan layanan pengiriman paket untuk menunjang bisnis online yang digarap dan memudahkan konsumen, Anda perlu melihat paket pengiriman yang disediakan oleh jasa ekspedisi tersebut. Ini adalah poin penting demi mendapatkan atensi yang lebih dari calon konsumen.

Secara umum, jasa pengiriman akan menyediakan beberapa paket pengiriman dengan durasi serta harga yang berbeda. Misalnya saja, ada paket pengiriman ekonomis, regular dan juga ekspress. Nah, dengan adanya ragam paket pengiriman ini nantinya konsumen Anda bisa memilih detail layanan pengiriman sesuai keinginan.

Juga, ada baiknya jika Anda menyediakan layanan pengiriman truck. Layanan ini secara khusus disediakan untuk pengiriman barang dengan volume atau total berat yang cukup besar dengan harga layanan yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan paket pengiriman biasanya. 

Beberapa hal di atas bisa dijadikan pertimbangan mendasar untuk membantu Anda menemukan jasa ekspedisi yang tepat demi kelancaran transaksi dan bisnis online yang dijalankan. Terapkan beberapa tips tersebut dan pilih penyedia layanan pengiriman yang bisa diandalkan.

Sebagai tambahan, ada baiknya Anda mempertimbangkan ketersediaan gerai di dekat lokasi Anda. Ya, dengan adanya gerai di lokasi terdekat, tentu Anda tidak hanya berusaha memilih ekspedisi tepat untuk bisnis online, namun memilih jasa pengiriman yang terjangkau untuk meningkatkan kecepatan pengiriman. Semoga bermanfaat.