Memulai Berbisnis dari Awal

Kinanthi Haksari
3 minggu yang lalu
32
Memulai Berbisnis dari Awal

Siapa yang tidak ingin menjadi pebisnis di era masa kini.

Mampu berdikari dan menciptakan lapangan pekerjaan tentunya menjadi cita-cita sebagian orang yang menginginkan menjadi entrepreneur. Apalagi di era seperti saat ini, dimana keadaan tidak menentu dan PHK menjamur dimana-mana. Tentunya memulai bisnis menjadi satu langkah yang tepat untuk tetap produktif. Namun bagi pebisnis pemula tentunya jangan sembarangan melangkah untuk memulai bisnis. Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai sebuah bisnis?

 

Berikut langkah-langkahnya :

1. Temukan ide bisnis yang akan kamu kerjakan

Semua bisnis berasal dari ide yang tepat, bisa dimulai dari melihat apa yang lingkungan sekitarmu butuhkan. Apakah mereka membutuhkan sebuah produk barang atau jasa?

2.  Tentukan target konsumenmu

Setelah kamu menemukan ide bisnismu, tentukan target konsumenmu. Bisnis yang baik adalah yang memiliki konsumen untuk membeli produk atau jasamu agar bisnis dapat tetap terus berjalan.

3. Siapa kompetitormu

Nah, ini sangat berguna untuk menentukan apa yang membedakanmu dengan kompetitormu. Pastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kelebihan dari kompetitormu ya!

4. Lakukan survey kecil-kecilan

Sederhana namun penting. Survey itu dapat berguna untuk menentukan langkah apa sajakah yang perlu dilakukan setelah bisnismu berjalan. Misal mengenai respon calon pelanggan atau tanggapan lingkungan dari lokasi bisnismu berada.

5. Menghitung estimasi biaya memulai bisnis

Yang paling penting setelah kamu melakukan semua diatas, segera lakukan perhitungan secara cermat mengenai bisnismu ya! Tentukan modal awal yang harus dikeluarkan, biaya operasional, biaya promosi dan jika perlu anggaran yang diperlukan untuk melancarkan bisnismu.

 

Setelah itu semua sudah dilakukan, jangan lupa mendaftarkan bisnismu ke badan hukum yang sesuai dengan bidangnya ya. Jangan sampai bisnis yang sudah dirancang dengan baik diawal harus mengalami hambatan berkaitan legal dan ijin usaha.

 

Jangan lupa terus menyebarkan informasi mengenai bisnismu dikalangan keluarga, teman-teman, dan kolegamu. Jika perlu segera launching media sosialmu sebelum bisnismu berjalan sehingga orang-orang akan dibuat penasaran terlebih dahulu. Ingat roda bisnis selalu berputar, jika diawal menjalankan kamu merasa berat, jangan patah semangat ya. Yakin lah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.
Selamat mencoba!