Menata Warung Sembako Kecil Kayak Make-Up Natural Tapi Tetap Cetar

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Cara menata warung sembako kecil

Warung sembako merupakan ide bisnis yang pantas dipertimbangkan. Apalagi jika Anda ingin memulai bisnis kecil-kecilan yang tidak perlu ribet membuat produk baru. Hanya saja, saat menata warung sembako kecil, Anda perlu kerja lebih keras. 

Karena itulah, KiriminAja mengajak Anda mengulas strategi penataan warung sembako. Tujuannya, agar pelanggan mudah mencari barang sekaligus betah berbelanja.

Akan tetapi, kita bahas terlebih dahulu peluang usaha warung sembako dulu ya. Biar Anda semakin yakin untuk memulai usaha ini.

Yuk simak pembahas dalam artikel ini…

Bagaimana Peluang Usaha Warung Sembako?

Warung sembako bisa dibilang selalu memiliki peluang yang bagus sepanjang masa. Hal ini masyarakat akan membutuhkan barang-barang pokok untuk kelangsungan hidupnya.

Barang-barang dasar yang biasanya dibutuhkan antara lain besar, sabun, sampo, gula, garam, minyak goreng, telur, dan masih banyak lagi. 

Walaupun banyak supermarket yang menjual sembako dengan tampilan yang menarik, tetapi masyarakat umumnya lebih tertarik membeli barang-barang sembako di warung kecil.

Apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan tempatnya biasanya ada di tengah-tengah masyarakat. Makannya, memulai usaha warung sembako kecil-kecilan pun akan tetap mendapatkan peluang segar.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Warung Sembako

Meskipun usaha ini memiliki peluang yang cukup besar, akan tetapi Anda juga tidak boleh melewatkan untuk menyusun strategi agar warung Anda dimintai pelanggan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha warung sembako:

Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha warung sembako. Sebab, kebutuhan barang-barang pokok biasanya mendesak selalu ada.

Oleh sebab itu, warung sembako yang berada di tengah pemukiman akan memiliki peluang yang lebih besar. Masyarakat akan lebih mudah menjangkau dengan cepat.

Memahami Target Pasar dan Kebutuhan Mereka

Anda juga perlu memahami target pasar yang hendak di sasar. Jika Anda mendirikan warung di pemukiman yang elit, sebisa mungkin sediakan barang-barang dengan kualitas premium.

Akan tetapi, jika Anda mendirikan warung di pemukiman biasanya, sediakanlah barang-barang dengan kualitas baik dan harga yang lebih terjangkau.

Riset Produk

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan riset produk yang hendak dijual. Anda dapat melakukan riset sederhana untuk mencari tahu produk yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang masih terjangkau.

Menata Toko dengan Baik

Penataan toko juga akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli di warung Anda. Susunlah strategi menata toko agar tampilan menarik dan memudahkan konsumen menjangkau barang-barang yang dibutuhkan.

Promosi dan Pemasaran Secara Efektif

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda juga perlu melakukan strategi promosi dan pemasaran. Misalnya dengan membuka toko secara online atau memberikan tawaran door to door atau pengiriman belanjaan ke rumah.

Bagaimana Menata Warung Sembako Agar Menarik?

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menata warung sembako agar lebih menarik:

Desain Interior yang Baik

Buatlah desain interior yang sederhana dengan penataan tempat yang pas. Susun rak-rak untuk display barang dengan rapi agar pelanggan mudah menjangkau barang yang dicari.

Selain itu, hindari membuat desain interior yang rumit agar pelanggan nyaman berbelanja di toko Anda.

Pemilihan Warna yang Tepat

Pastikan juga tempat yang Anda gunakan dicat dengan rapi agar terlihat bersih. Selain itu, pemilihan warna juga dapat mempengaruhi psikologi pelanggan lho. Carilah warna-warna yang sejuk dan segar seperti hijau muda, biru muda, dan sebagainya.

Display Produk yang Menarik

Tampilan produk yang menarik juga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli di warung Anda. Tempatkanlah produk-produk populer di bagian depan agar konsumen dapat melihatnya dari luar. 

Pemasangan Spanduk dan Poster

Terakhir, Anda juga perlu memasang spandung dan poster di warung. Tujuannya agar konsumen mudah menemukan warung Anda dan dapat melihat informasi terkait produk apa saja yang dijual.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat menata warung sembako menjadi lebih menarik agar memikat pelanggan untuk berkunjung dan berbelanja.

Strategi Warung Sembako Online untuk Jangkauan Pasar Lebih Luas

Walaupun memulai bisnis secara kecil-kecilan, tentunya Anda ingin usaha yang dibuat semakin besar bukan. Membuat warung sembako secara online dapat menjadi solusi praktis untuk memperluas jangkauan pasar Anda.

Masyarakat sekarang cenderung menginginkan segala sesuatu yang praktis. Termasuk dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan memberikan penawaran belanja kebutuhan pokok dengan mudah melalui toko online atau pengiriman door to door.

Anda dapat membuat toko online di website dan media sosial. Setelah itu, Anda hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengirimkan produk yang dijual ke konsumen. Itulah mengapa KiriminAja hadir sebagai solusi untuk Anda. 

Sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja bisa membantu Anda mengirimkan produk sembako ke seluruh Indonesia dengan mudah, hemat, dan aman. 

Artinya, konsumen bisa lebih mudah mendapatkan produk sembako berkualitas dari toko Anda.

Ada banyak fitur KiriminAja yang berguna bagi Anda sebagai penjual sembako online. KiriminAja menyediakan fitur tracking dan monitoring pengiriman secara real-time, sehingga Anda dapat melacak kapan barang sampai di tangan konsumen.

KiriminAja juga menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang mudah dan aman. Sistem ini demi memudahkan Anda melakukan transaksi dengan KiriminAja.

Apalagi, KiriminAja punya layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu Anda menangani masalah pengiriman atau kendala lain yang mungkin terjadi. 

Dengan sistem manajemen pengiriman ekspedisi KiriminAja, Anda bisa membuat konsumen betah dan senang saat berbelanja di toko Anda. 

Bagian terpentingnya adalah KiriminAja memastikan Anda bisa menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang dan berkembang.

Jadi, yuk, mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung menikmati layanan prima aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, jika pun kesulitan menata warung sembako kecil, Anda masih bisa menjangkau konsumen seluruh Indonesia dengan toko online bersama KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.