Menerapkan dan Memahami CVO agar Sukses Menjalankan Bisnis

Updated August 16, 2022 • Created 11 bulan yang lalu
Menerapkan dan Memahami CVO agar Sukses Menjalankan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis online, diperlukan beberapa strategi marketing untuk membantu jalannya bisnis dalam waktu yang panjang. Strategi yang digunakan tidaknya dibatasi pada jenis produk dan cara promosi, namun harus memahami perjalanan customer dalam prosesnya. Anda juga harus memahami CVO (Customer Value Optimization) agar konsumen puas dengan pelayanan dari penjual.

  •  Pengertian Value dan Customer

Value adalah nilai. Pengertian value dalam pemasaran yaitu manfaat dari suatu produk atau layanan yang diberikan atau dijual kepada pembeli. Produk yang Anda jual apakah bermanfaat atau tidak untuk pembeli dan apakah pembeli puas dengan pelayanan dari penjual.

Sedangkan customer (pelanggan) adalah pihak yang mencoba, membeli, menggunakan atau pelayanan yang diberikan oleh Anda sebagai penjual. Pelanggan akan menjadi orang yang merasakan manfaat dari produk yang Anda tawarkan atau layanan yang diberikan.

  •  Pengertian CVO atau Customer Value Optimization

Customer value merupakan tingkat kepuasan dari konsumen terhadap pembelian suatu produk atau jasa. Customer value juga berarti proses menciptakan customer journey secara maksimal.

Sesuai dengan konsepnya, nilai pelanggan berfokus pada optimasi terhadap perjalanan pelanggan dalam meningkatkan brand suatu produk, kesetiaan customer, serta penjualan.

Salah satu strategi untuk meningkatkan bisnis online Anda adalah dengan menerapkan dan memahami CVO agar sukses menjalankan bisnis.

Dalam menerapkan CVO, Anda juga harus mengetahui seluruh proses yang ada pada digital marketing. Mulai dari merencanakan produk, target, cara iklan, harga, evaluasi efektivitas iklan dan layanan pelanggan.

Strategi yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan bisnis online dengan CVO yaitu:

  • Memperhatikan jumlah pelanggan yang membeli serta berkunjung
  • Memperhatikan nilai transaksi yang dilakukan customer
  • Memperhatikan jumlah banyaknya pembelian dari setiap customer.
  •  Contoh CVO di Indonesia

Contoh customer value adalah marketplace yang ada di Indonesia, yaitu Tokopedia, Lazada, Shopee, dan masih banyak lagi. Marketplace ini berhasil menguasai e-commerce atau pasar marketplace.

Ada juga beberapa restoran yang sudah berkembang seperti McDonald’s dan Starbucks. Keduanya berhasil menguasai pasar fried chicken, hamburger serta kopi.

Mereka melakukan riset terlebih dulu terhadap apa yang diminati oleh pasar Indonesia, sehingga mempunyai target pasar yang sudah sesuai. Cara mempromosikan produk dan jasanya pun sangat berhasil dan juga tepat sasaran. Penting sekali sebuah perusahaan yang akan menjalankan bisnis untuk memahami CVO.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Kinanthi Haksari
Author
Kinanthi Haksari
Bagikan