Mengidentifikasi Tahapan Scale Up Bisnis, Ini Penting untuk Bisnis Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Pentingnya Scale Up Bisnis

Tahapan scale up bisnis merupakan hal krusial bagi semua seller online, baik bisnis rumahan, UMKM, atau bisnis besar. Dengan memperhatikan tanda-tanda bahwa Anda siap untuk meningkatkan dan menyesuaikan pola pikir, proses, dan perilaku yang sesuai akan sangat membantu kesuksesan usaha.

Banyak problema yang dihadapi para pebisnis salah satunya adalah usahanya yang stuck dan tidak memberikan profit cukup. Hal ini biasanya terjadi karena tidak dilakukannya tahapan scale up sebuah bisnis.

Scale up atau peningkatan terhadap sesuatu khususnya produk dan bisnis adalah cara yang lazim digunakan. Maka dari itu, bagi Anda yang seorang pebisnis jangan sampai melewatkan proses ini.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi ini, KiriminAja akan membagikan apa saja proses dan langkah-langkah dalam scale up bisnis.  Apakah scale up bisnis itu penting? Simak jawabannya pada uraian di bawah ini ya.

Apakah Scale Up dalam Bisnis Itu Penting?

Tujuan utama sebuah bisnis tentunya ingin meraup keuntungan semaksimal mungkin. Biasanya para pebisnis yang sudah sukses akan puas dengan hasilnya.

Namun perlu diketahui jika zaman terus berubah dan suksesnya sebuah bisnis tidak menjamin usaha tersebut akan terus mendapatkan keuntungan.

Maka dari itu, Anda yang seorang pebisnis atau pengusaha perlu berhati-hati dan tidak terlena dengan usaha yang telah sukses. Scale up dalam bisnis amatlah penting. Mengapa begitu?

Tahapan scale up bisnis perlu dilakukan karena akan selalu membuka pola pikir yang baru dan menerima adanya perubahan.

Seorang pebisnis yang menutup mata akan pengembangan maupun peningkatan bisnis biasanya akan segera berhadapan dengan kondisi yang stagnan.

Pentingnya scale up bisnis ini berimbas pada apa yang Anda lakukan. Dengan scale up bisnis, produk maupun perusahaan yang sedang Anda jalankan akan terus berkembang.

Scale up bisnis membuka peluang dengan cara membuat Anda terus berusaha, bagaimana caranya berinovasi, apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya bersaing dengan perusahaan lain dan semacamnya.

Maka dari itu, tahapan scale up dalam bisnis amatlah penting demi keberlangsungan usaha yang Anda jalankan atau hendak dijalankan saat ini.

Bagaimana Proses dan Tahapan Scale Up dalam Bisnis?

Jika Anda sudah menyadari betapa pentingnya scale up dalam bisnis, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukannya? Proses dan tahapan apa saja yang harus dilakukan?

Berikut ini akan kami jabarkan beberapa proses scale up bisnis yang bisa Anda terapkan:

Perencanaan yang Matang dan Benar

Sebelum memulai scale up tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan segala hal atau segala sesuatunya dengan matang dan benar. Tahap ini sangat menentukan jalannya scale up ke depan.

Hal-hal yang perlu direncanakan dan dipertimbangkan adalah pertumbuhan penjualan, penawaran produk, langkah pemasaran, sumber dana dan segala hal yang menyangkut dengan bisnis.

Memastikan Dukungan Finansial

Tahapan scale up tentunya membutuhkan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit. Diperlukan adanya modal yang cukup untuk tahap scale up sebuah bisnis.

Memastikan kondisi keuangan dan dukungan finansial bisa dilakukan dengan cara mencari investor dan semacamnya.

Menetapkan Target yang Realistis

Penting juga bagi perusahaan untuk menetapkan target dan tujuan scale up secara realistis. Tujuan yang muluk-muluk justru akan menyusahkan jalannya scale up bisnis.

Target yang realistis bisa dijadikan sebuah metrik yang jelas. Metrik tersebut bisa digunakan untuk membuat tujuan jangka pendek dan berkala.

Dengan begitu, tujuan yang realistis akan memudahkan bisnis Anda perlahan naik dan memiliki progres yang signifikan.

Merombak Budaya Internal dan Standardisasi Produk

Hal tersebut berpengaruh terhadap scale up bisnis. Dengan merombak budaya internal yang tidak diperlukan akan sangat membantu proses ini. Misalnya, mengikutsertakan pekerja baru untuk andil dalam proses scale up bisnis.

Produk juga menjadi aset penting. Ada baiknya Anda yang memiliki bisnis melakukan perbaikan atau standardisasi sebuah produk. Dengan begitu produk akan tetap terjaga.

Langkah-langkah yang Perlu Diterapkan dalam Scale Up

Langkah-langkah realistis dan bisa dilakukan dalam skala dekat atau internal perusahaan adalah sebagai berikut:

Rajin Meriset dan Mengamati Kompetitor

Anda perlu mencari tahu cara dan bagaimana kompetitor bekerja dalam mengembangkan produknya. Dengan mengamati kinerja kompetitor Anda bisa menentukan strategi apa yang bisa dilakukan agar bisa tetap bersaing.

Fokus Pada Satu Tujuan Akhir

Pentingnya memelihara fokus pada satu tujuan akhir adalah senjata ampuh dalam scale up bisnis. Penting bagi Anda untuk tetap fokus dan tidak terpedaya dengan hal-hal yang ada di sekitar.

Mengingat tujuan akhir perlu Anda tekankan agar tidak terdistorsi oleh apapun sehingga langkah scale up bisnis bisa mencapai tujuan akhir.

Membangun Personal Branding

Salah satu langkah penting dalam scale up bisnis adalah membangun personal branding yang apik dan menarik. Dengan begitu Anda dapat menarik pelanggan yang loyal serta terus menerus.

Pelanggan loyal adalah keuntungan tersendiri bagi pebisnis sebab akan membangun kedekatan yang intim. Selain itu juga membuat usaha Anda mudah dikenal dan akan selalu dikenang di pasaran yang ada.

Cara lain scale up bisnis nyata adalah dengan pengiriman barang secara cepat dan aman, apalagi bagi Anda yang seorang seller online.

Tak perlu khawatir, Dashboard KiriminAja sebagai agregator logistik menyediakan banyak opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang memiliki bisnis online dan ingin memajukan usaha, KiriminAja menyediakan berbagai macam opsi pengiriman barang yang sesuai dan barang akan sampai dengan aman ke tangan pelanggan. #Cashflowaman, Bisnis Jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.