Merasa Ragu Bisnis Layak Diperjuangkan atau Tidak? Tenang, Lakukan Analisis Uji Kelayakan Usaha

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Cara menguji kelayakan usaha

Untuk menguji kelayakan usaha diperlukan beberapa analisis mendalam dan detail. Tujuannya, agar bisa diketahui bisnis tersebut memang layak atau tidak. Dengan begitu, usaha yang dijalankan tidak hanya berlandaskan modal nekat saja.

Tentu saja, memulai sebuah usaha memang membutuhkan keberanian dan tekad yang kuat. Akan tetapi, Anda juga butuh strategi jitu terhadap model bisnis yang dijalani.

Lalu apa saja analisis yang harus digunakan untuk bisa menilai layak tidaknya sebuah usaha? Berikut adalah penjelasannya yang bisa Anda simak hingga selesai.

Untuk Menguji Kelayakan Usaha Diperlukan Variasi Analisis

Menilai sebuah usaha itu layak atau tidak adalah hal yang penting sebab dengan adanya penilaian tersebut, Anda bisa melihat dan meneliti bahwa bisnis yang sedang berjalan memang layak untuk diteruskan.

Selain itu, analisis di bawah ini nantinya berguna bagi Anda untuk mengetahui situasi bisnis dan menentukan apakah ide yang dimiliki punya potensi untuk sukses atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa analisis yang Anda perlukan untuk menguji kelayakan usaha:

Analisis Pasar

Analisis pasar ini penting dilakukan, gunanya adalah untuk memahami pasar yang akan Anda masuki.

Dalam analisis pasar terdapat beberapa langkah yang bisa dipakai seperti identifikasi target pasar, ukuran pasar, tren pasar, dan kebutuhan konsumen apa saja yang sedang dibutuhkan.

Dengan melakukan analisis pasar, kita dapat memastikan bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan memiliki potensi untuk laris di pasaran.

Analisis Persaingan

Analisis persaingan juga merupakan salah satu hal yang harus Anda lakukan. Analisis ini bertujuan  untuk memahami pesaing atau kompetitor yang ada di pasar.

Dalam analisis persaingan ada beberapa tahap meliputi identifikasi pesaing, keunggulan dan kelemahan pesaing, strategi pemasaran, dan pangsa pasar pesaing.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda bisa mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk bersaing dengan pesaing yang ada dengan menggunakan strategi yang bisa diterapkan dari hasil analisis.

Analisis SWOT

Untuk menguji kelayakan usaha diperlukan analisa SWOT. Seperti kita ketahui bersama, SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). 

SWOT merupakan tipe analisis yang krusial dan banyak digunakan para pebisnis dan tentunya Anda tak boleh melupakan analisis ini. SWOT dilakukan dengan tujuan untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari ide bisnis yang Anda miliki.

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat mengembangkan strategi untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan serta ancaman.

Dengan mengenal keempat hal tersebut, Anda akan lebih memahami bisnis yang sedang dijalani sehingga bisa menimbulkan langkah-langkah pengembangan terhadap Strengths dan Opportunities juga menyediakan langkah pencegahan terhadap Weakness dan Threats.

Analisis Finansial

Analisis lain yang tak kalah penting adalah analisis finansial. Hal ini dilakukan untuk memahami seberapa layak keadaan atau kondisi finansial dari ide bisnis yang Anda miliki.

Dalam analisis finansial terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan seperti proyeksi pendapatan, biaya, dan laba.

Dengan melakukan analisis finansial, Anda dapat mengetahui berapa banyak modal yang diperlukan untuk memulai bisnis, kapan bisnis dapat mencapai titik impas (break even point), dan juga berapa banyak laba yang dapat dihasilkan.

Contoh Langkah Analisis SWOT untuk Menguji Kelayakan Usaha

Berikut adalah langkah-langkah analisis SWOT yang bisa Anda terapkan:

Kekuatan (Strengths)

Langkah pertama adalah lakukan identifikasi kekuatan dari ide bisnis Anda, seperti kemampuan khusus yang Anda miliki, sumber daya yang dimiliki, atau aspek positif dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Contohnya, Anda mungkin memiliki kemampuan untuk membuat produk berkualitas tinggi atau memiliki akses ke sumber daya yang sulit didapat oleh pesaing.

Kelemahan (Weaknesses)

Selanjutnya adalah mengidentifikasi kelemahan dari ide bisnis Anda, seperti kurangnya sumber daya atau kemampuan, aspek negatif dari produk atau jasa yang ditawarkan, atau masalah lain yang mungkin mempengaruhi kemampuan Anda untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Contohnya, Anda memiliki keterbatasan dalam mengelola keuangan atau tidak memiliki pengalaman dalam pemasaran produk.

Peluang (Opportunities)

Langkah ketiga adalah identifikasi peluang yang tersedia di pasar, seperti perkembangan pasar yang baru, tren atau permintaan di pasar, atau celah yang belum diisi oleh pesaing.

Misalnya, terdapat peluang di pasar untuk produk yang ramah lingkungan atau produk yang lebih efisien dalam penggunaan energi dan belum banyak yang melakukannya.

Ancaman (Threats)

Terakhir adalah identifikasi ancaman yang mungkin menghambat pengembangan bisnis Anda, seperti pesaing yang kuat, adanya regulasi atau kebijakan baru yang merugikan, atau perubahan tren pasar yang mungkin mengurangi permintaan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya adalah pesaing telah memiliki merek yang lebih kuat atau adanya persaingan dari produk sejenis yang lebih murah.

Dengan keempat langkah analisis di atas, Anda bisa memaksimalkan kelebihan yang dimiliki dan mengatasi kekurangan yang terlihat. Ini akan membantu bisnis Anda sukses tentunya.

Namun, kelayakan bisnis Anda juga akan terlihat dari hal lain seperti efektivitas pengiriman barang di zaman serba belanja online sekarang ini.

Anda harus memperhatikan hal tersebut agar tidak membuat konsumen kecewa. Cara efektifnya adalah dengan memberikan layanan logistik berharga murah namun tetap memiliki kualitas pengiriman yang reliable.

Wujudkan hal tersebut dengan online store dari KiriminAja yang juga bisa memanajemen produk serta mengatur secara bebas margin profit Anda. Dengan demikian, arus kas makin aman dan pelanggan baru akan bermunculan.

Kabar baiknya, tak perlu effort besar untuk hal itu. Anda hanya butuh mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, lakukan sejumlah verifikasi, dan Anda bisa langsung menikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Secara tidak langsung, untuk menguji kelayakan usaha diperlukan partner bisnis seperti KiriminAja yang siap mendukung usaha Anda reliable di mata konsumen. Karena itu, yuk, daftar dan sukseskan bisnis Anda bersama KiriminAja di tahun ini demi #CashflowAman serta bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.