Metode Kaizen Jepang: Memahami Filosofi untuk Perbaikan Bisnis Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Prinsip Kaizen Jepang

Sebagai seorang pebisnis online tentunya Anda pernah merasakan frustasi atau bingung karena usaha tidak berkembang dan stuck di tempat. Salah satu cara memperbaiki masalah ini adalah dengan metode Kaizen Jepang.

Metode ini cukup efektif untuk memperbaiki masalah dalam bisnis Anda. Strategi asal Jepang ini sering diadaptasi dan ditiru berbagai macam usaha bisnis.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mengenal apa itu Kaizen dan bagaimana budayanya, prinsip apa saja yang ada serta metode apa yang harus digunakan dalam penerapannya dalam bisnis.

Supaya semakin menguasai bisnis Anda perlu membaca uraian di bawah ini mengenai filosofi Kaizen.

Pengertian Budaya Kaizen Jepang

Istilah Kaizen berasal dari jepang yang artinya untuk memperbaiki, berubah menjadi lebih baik atau perbaikan yang berkelanjutan.

Metode ini sudah banyak dipakai orang-orang di dunia karena filosofinya yang sesuai dan efektif ketika diterapkan dalam perusahaan maupun bisnis.

Siklus Kaizen adalah filosofi dalam bidang manajemen yang fokus pada kontinuitas perbaikan serta peningkatan kualitas secara berkelanjutan dan terus-menerus.

Metode ini dikembangkan oleh Masaaki Imai pada masa Perang Dunia II dan banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan di masa itu.

Kaizen juga dikenal sebagai prinsip “satu menit” yang bertujuan untuk memperbaiki diri serta teknik yang digunakan banyak orang Jepang demi mengalahkan kemalasan dan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Jadi, Kaizen dalam bisnis adalah cara yang digunakan untuk memperbaiki hal-hal tertentu mulai dari hal terkecil dan dilakukan secara terus-menerus supaya menciptakan sebuah kebiasaan baik.

Beberapa Prinsip Kaizen Jepang yang Ada dalam Bisnis

Ada beberapa prinsip yang digunakan Kaizen dalam bisnis. Berikut KiriminAja akan menjelaskannya kepada Anda:

Kepedulian dan Fokus Terhadap Pelanggan

Prinsip pertama yang dijunjung adalah kepedulian terhadap pelanggan. Kebutuhan pelanggan merupakan fokus utama dari Kaizen dalam jangka panjang.

Prinsip ini dilakukan dengan segala cara yang absolut untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dari hal terkecil seperti memberikan produk kualitas tinggi.

Fokus Pada Kualitas

Prinsip lain yang ada dalam Kaizen adalah dengan melakukan perbaikan kualitas produk dan jasa. Caranya adalah dengan meningkatkan kinerja proses serta mendukung karyawan dengan memfasilitasi kenyamanan.

Peduli terhadap Karyawan

Karyawan dipandang sebagai partner dan bukan bawahan. Ini akan membuat mereka merasa ada dan dihargai.

Selain itu perbaikan kualitas karyawan juga dilakukan untuk meningkatkan potensi dan kompetensi mereka melalui pelatihan dan pengembangan skill.

Fokus Pada Proses

Hal lain yang menjadi fokus utama adalah proses dalam produksi. Kaizen bertujuan untuk membuat proses menjadi efektif dan efisien.

Dengan begitu, akan mengurangi kerugian dan menaikkan kualitas. Tentunya hal ini dilalukan dengan analisis yang tepat.

Kepedulian terhadap Lingkungan

Lingkungan juga menjadi fokus penting sebab akan berpengaruh terhadap bisnis. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan pengurangan limbah secara maksimal.

Fokus Pada Sistem

Sistem juga menjadi rantai yang penting untuk memperlancar sebuah bisnis. Maka dari itu Kaizen menerapkan beberapa pengembangan sistem supaya manajemen menjadi efektif dan kinerja bisnis jadi lancar.

Fokus Pada Hasil

Hasil akhir tentunya juga menjadi perhatian utama prinsip ini. Dengan mendorong perusahaan untuk memaksimalkan hasil akhir, maka segala proses sebelumnya akan menjadi lebih teliti serta jauh dari kerugian dan kekurangan.

Prinsip-prinsip di atas menunjukkan jika filosofi Kaizen sangat mementingkan segala aspek mulai dari awal hingga akhir dalam sebuah bisnis. Tak heran, jika melakukannya dengan benar bisnis akan menjadi lancar dan sukses.

Metode dan Langkah Kaizen Jepang dalam Perusahaan

Ada beberapa metode dan langkah yang biasanya dilakukan dalam Kaizen, seperti berikut ini:

Memahami dan Mengidentifikasi Masalah

Hal pertama yang dilakukan dalam tahap ini adalah menentukan masalah apa saja yang akan diperbaiki. Dengan cara mengumpulkan data guna dievaluasi terhadap kondisi saat ini. Maka dari itu, pemecahan masalah menjadi unsur yang sangat penting.

Penyusunan dan Pembuatan Rencana

Tahap ini berisi tentang penyusunan dan pengembangan rencana yang lebih spesifik. Rencana-rencana perbaikan perlu disusun dengan baik meli[uti tindakan yang akan diambil, indikator kinerja dan cara yang digunakan untuk mengukur hasil.

Melaksanakan Perbaikan

Setelah rencana disusun, tahap selanjutnya adalah melaksanakan perbaikan yang sudah direncanakan sebelumnya. Caranya adalah dengan mengimplementasikan langkah yang sudah ada termasuk mengkoordinasi aktivitas dengan semua departemen yang ada.

Pengukuran Hasil

Tahap ini tentang mengukur sejauh mana hasil dari perbaikan yang dicapai dan mengevaluasi tingkat efektivitas perusahaan yang sudah diterapkan. Indikator yang sebelumnya digunakan bisa dipakai untuk mengukur hasil perbaikan secara menyeluruh.

Evaluasi, Pendidikan dan Pelatihan

Setelah adanya pengukuran hasil akan bisa dilihat hal apa saja yang bisa dievaluasi. Jika dirasa langkah perbaikan sebelumnya belum cukup, maka harus dilakukan sebuah evaluasi.

Evaluasi ini bisa berupa pendidikan dan pelatihan kepada karyawan serta metode lain yang diadaptasi dan dilakukan lebih baik lagi sehingga akan dicapai tujuan yang memuaskan.

Anda sudah melihat bagaimana Kaizen diterapkan dalam usaha. Disebutkan dalam prinsipnya jika pelanggan adalah fokus utama.

Para pelanggan sebisa mungkin akan dibuat senang dengan bisnis yang jadi solusi atas masalah mereka. 

Sebagai contoh masalah yang sering dikeluhkan konsumen adalah pengiriman yang lambat. Maka dari itu Anda harus membuat pengiriman menjadi cepat.

Hal ini bisa Anda dapatkan dengan cara mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja. Sebagai aggregator logistik, KiriminAja menyediakan jasa pengiriman yang cepat dengan berbagai macam pilihan yang tentunya sesuai dengan kantong.

Selain itu, Anda bisa melakukan manajemen order terintegrasi yang bisa memudahkan pengiriman banyak paket ke para pelanggan.

Maka dari itu, mari mulai berbisnis dengan perasaan yang tenang. #CashFlowAman dan Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.