Daripada Judi Slot, Opportunity Adalah Momen Dapat Cuan; Tajirnya Real

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
intervening-opportunity-adalah

Opportunity adalah momen bisnis bagi Anda yang giat banget mencari cuan atau mengembangkan usaha lebih lanjut lagi.

Tapi, tentu saja, menemukan opportunity saja tidaklah cukup untuk menjamin kesuksesan bisnis yang akan Anda jalankan.

Anda perlu mempertimbangkan peluang tersebut dengan baik agar keputusan yang diambil dapat memberikan keuntungan dan bukannya malah rugi.

Misalnya dengan memperhatikan opportunity cost, yaitu kerugian yang bisa saja terjadi akibat keputusan mengambil sebuah peluang.

Hal tersebut tentu dapat dihindari jika  Anda mempelajari opportunity dengan seksama. Makannya, yuk pelajari tentang apa itu opportunity terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan bisnis.

Istilah Opportunity dalam Kewirausahaan

Sebagai pelaku usaha, Anda harus mempertimbangkan opportunity dengan baik sebelum menjalankan sebuah bisnis. Lalu, apa itu opportunity?

Opportunity (peluang) dalam berwirausaha merupakan situasi atau kondisi yang memungkinkan untuk Anda menciptakan atau mengembangkan bisnis dengan sukses.

Peluang tersebut biasanya muncul ketika ada kesenjangan atau kebutuhan di pasar yang belum terpenuhi. Atau bisa juga ketika ada peluang untuk memperbaiki atau meningkatkan produk yang sudah ada sebelumnya.

Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa memiliki kepekaan untuk mengenali opportunity dan mengambil tindakan yang tepat agar memperoleh keuntungan dari peluang tersebut.

Perlu digarisbawahi juga bahwa keberhasilan sebuah usaha bergantung pada kemampuan untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang tepat pada waktu yang tepat pula.

Untuk itu, sebenarnya Anda dapat mengulik beberapa point penting dalam usaha. Misalnya aspek inovasi, peningkatkan kualitas, pengurangan biaya, atau aspek lain yang dapat membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.

Bagaimana Contoh Opportunity/Peluang Usaha?

Setelah mengetahui definisi opportunity, berikut KiriminAja kasih contohnya biar Anda gambaran yang lebih jelas.

Kebutuhan yang Belum Terpenuhi di Pasar

Contoh yang pertama ialah peluang ketika kebutuhan di pasar belum terpenuhi. Misalnya, kebutuhan untuk layanan pengiriman makanan yang cepat dan andal, atau produk perawatan kulit yang ramah lingkungan.

Perubahan Tren Pasar

Misalnya, peningkatan minat konsumen terhadap produk organik atau vegan dapat memberikan peluang usaha baru yang relevan.

Kemajuan Teknologi

Peluang ini misalnya, pengembangan teknologi blockchain yang dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti keuangan dan logistik.

Peraturan dan Kebijakan Baru

Peluang selanjutnya ialah ketika menanggapi kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan energi terbarukan dengan mendirikan usaha yang  relevan.

Peningkatan Permintaan dalam Industri Tertentu

Selanjutnya, peluang yang terjadi ketika permintaan yang meningkat untuk layanan konsultasi atau pelatihan dalam bidang teknologi informasi atau pemasaran digital.

Dari setiap contoh di atas, dapat kita lihat bahwa peluang usaha muncul ketika ada kebutuhan atau kesenjangan yang belum terpenuhi.

Selain itu juga ketika ada peluang untuk memanfaatkan tren atau kemajuan baru yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

Apa Itu Intervening Opportunity?

Intervening opportunity adalah peluang yang muncul dan dapat mengalihkan fokus atau perhatian pelaku usaha dari tujuan awal yang sudah ditentukan.

Hal ini bisa saja muncul secara tiba-tiba dan terlihat lebih menjanjikan atau menguntungkan dari peluang usaha yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Dalam situasi seperti ini, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat untuk mengambil kesempatan pada peluang baru tersebut atau tidak.

Tak perlu khawatir, untuk mengambil keputusan yang tepat, Anda bisa melihat terlebih dahulu sejauh mana peluang awal masih menjanjikan dan layak untuk dicapai.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari seberapa besar potensi keuntungan dan risiko dari masing-masing peluang tersebut.

Namun, dalam beberapa kasus biasanya memilih peluang baru yang lebih menjanjikan dapat menjadi keputusan yang lebih bijaksana dan memberikan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk Anda selalu mengawasi perkembangan pasar dan mempertimbangkan peluang baru yang muncul. Tentunya dengan tanpa mengabaikan peluang yang sejak awal diambil.

Apa Itu Growth Opportunity?

Growth opportunity adalah situasi atau kondisi yang muncul ketika bisnis Anda memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang secara signifikan.

Peluang ini bisa berasal dari beberapa sumber, seperti peningkatan permintaan pasar, pengenalan produk baru, perluasan pasar, pengembangan kemitraan atau akuisisi, dan peningkatan efisiensi operasional.

Dalam hal ini, Anda harus mengenali dan memanfaatkan opportunity growth dengan cara yang tepat agar keputusan yang diambil bisa memberikan keuntungan.

Misalnya,  Anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi atau memperluas jangkauan pasar untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Atau, Anda juga dapat mengembangkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi di pasar.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan kemitraan atau melakukan akuisisi untuk memperluas bisnis dan mengambil alih pangsa pasar yang lebih besar. 

Growth opportunity ini dapat membawa keuntungan besar bagi bisnis Anda, tetapi juga dapat memerlukan investasi yang signifikan dalam waktu, sumber daya, dan modal. 

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati risiko dan potensi keuntungan sebelum mengambil langkah untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan.

KiriminAja: Opportunity Sistem Logistik Bisnis Makin Praktis & Cuan

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. 

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu Anda memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Bergabunglah dengan KiriminAja sekarang demi menjaga #CashFlowAman, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menciptakan suasana bisnis tenang dan terkendali.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.