Payment Gateway: Solusi Pembayaran Tepat Untuk Bisnis Online

Dwika
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Manfaat payment gateway

Bisa dikatakan jika saat ini, bisnis online menjadi salah satu ide bisnis yang banyak digemari. Adanya gambaran kemudahan dalam menjalankan bisnis ini serta besarnya pangsa pasar untuk potensi keuntungan yang lebih besar menjadi daya tarik dan alasan kenapa banyak orang yang terjun dan mendalaminya.

Namun, tentu saja, agar bisa menjalankan bisnis online dengan baik dan lancar, Anda perlu melakukan beberapa persiapan. Tidak hanya tentang platform untuk berjualan ataupun produk yang menjadi komoditas, Anda juga perlu memberikan kemudahan pembayaran bagi konsumen. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan payment gateway atau gerbang pembayaran.

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah tersebut sebelumnya?

Nah, memasang gerbang pembayaran tersebut adalah hal yang cukup krusial demi pembayaran yang lebih mudah dan efisien. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait gerbang pembayaran tadi dan apa saja manfaatnya untuk bisnis online yang Anda kelola.

Penasaran? Simak ulasannya!

Apa Itu Payment Gateway?

Secara ringkas, gerbang pembayaran adalah layanan khusus pembayaran yang akan memudahkan transaksi online antara penjual dan pembeli. Dengan layanan ini, ada bantuan bagi toko online untuk memastikan jika pembayaran bisa berjalan dengan baik meskipun berbeda metode pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, virtual account, dan lainnya.

Dalam proses yang digunakan, sistem layanan ini akan melihat beragam informasi penting dari beberapa pihak, yaitu customer, bank dan juga toko online. Tidak hanya mudah dan praktis, layanan ini pun memiliki jaminan keamanan yang baik sehingga transaksi yang dilakukan bisa selesai dengan baik tanpa adanya kekhawatiran dana yang hilang.

Terkait keamanan tersebut, perlu diketahui bahwa ada beberapa standar keamanan yang dimiliki oleh sebuah layanan gerbang pembayaran tersebut. Adapun layanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

?        Address verification system

Sistem ini akan memberikan rincian tagihan customer dan melakukan pemeriksaan dan penyesuaian dengan alamat dari kartu yang sudah resmi terdaftar sehingga risiko salah tagih pun tidak akan terjadi

?        Card security code

Setiap proses transaksi nantinya hanya akan diproses jika memiliki tiga digit nomor yang tertera pada kartu debit atau kartu kredit

?        3D secure password

Dengan fitur ini, pengguna nantinya akan senantiasa menggunakan password yang cenderung aman ketika hendak melakukan transaksi online

Dengan beberapa sistem keamanan tersebut, tentu bisa dikatakan jika gerbang pembayaran adalah layanan pembayaran yang menarik untuk digunakan. Tidak hanya cepat dan efisien, layanan ini juga aman.

Cara Kerja Sistem Gerbang Pembayaran

Bagaimana cara kerja dari gerbang pembayaran ini? Nah, meskipun bisa dikatakan cukup vital untuk menghubungkan penjual serta pembeli dalam melakukan transaksi online, cara kerja dari gerbang pembayaran ini cenderung sederhana.

Terkait cara kerja sistem pembayaran ini, pertama konsumen akan melakukan transaksi di toko online yang Anda kelola. Transaksi tersebut tentu saja dimulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, dan melakukan checkout.

Setelah itu, toko online akan mengirimkan detail data pembelian dari konsumen tersebut ke penyedia layanan gerbang pembayaran. Nah, setelah pembayaran dilakukan oleh konsumen, maka transaksi tersebut akan dilanjutkan ke bank ataupun ke institusi keuangan lainnya.

Bank dan institusi keuangan yang telah mendapatkan data tersebut nantinya akan memproses transaksi. Dalam hal ini, bisa saja transaksi tersebut ditolak apabila adanya kesalahan dalam pembayaran ataupun kesalahan pada data yang digunakan.

Proses selanjutnya, penyedia layanan pembayaran akan mengirimkan pesan ke toko online terkait berhasil atau tidaknya transaksi yang dilakukan. Apabila transaksi tersebut berhasil, maka nantinya transaksi tersebut akan diteruskan ke toko online.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya ada proses yang cukup panjang di dalam sistem payment gateway terkait transaksi yang dilakukan. Namun, proses tersebut hanya berlangsung selama beberapa detik saja. Sangat menarik, bukan?

Manfaat Penggunaan Gerbang Pembayaran

Tentu, menggunakan gerbang pembayaran sebagai salah satu layanan bisnis online adalah hal yang menarik. Tidak hanya memberikan keuntungan dari pemilik toko online saja, tetapi juga bagi para pelanggan.

Apa saja manfaat dari layanan pembayaran yang satu ini?

1)      Metode pembayaran yang lebih bervariasi

Apakah Anda mendambakan toko online Anda memiliki metode pembayaran yang lebih bervariasi demi memudahkan transaksi yang dilakukan? Jika ya, penggunaan gerbang pembayaran adalah pilihan yang sangat tepat.

Tidak dimungkiri memang bahwa konsumen ingin mendapatkan lebih banyak pilihan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan keinginan mereka. Anda bisa membayangkan, bagaimana jika Anda hanya memiliki satu rekening saja untuk opsi pembayaran. Bisa jadi, transaksi di toko online Anda bisa gagal sebab konsumen enggan membayar biaya transfer.

2)      Instalasi yang mudah

Barangkali, Anda yang belum pernah menggunakan layanan gerbang pembayaran ini merasa bahwa proses instalasi layanan ini susah. Padahal, yang terjadi adalah sebaliknya. Instalasi sistem pembayaran ini bisa dikatakan jauh lebih mudah daripada apa yang Anda bayangkan sebelumnya.

Saat ini, ada cukup banyak pilihan penyedia layanan gerbang pembayaran tersebut yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menunjang layanan toko online yang diberikan. Tidak hanya itu, banyak diantara penyedia tersebut juga menyediakan layanan support 24 jam non-stop selama seminggu untuk memberikan layanan yang lebih maksimal.

3)      Proses transaksi yang cepat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa gerbang pembayaran memang memiliki proses kerja yang cukup panjang. Namun, proses panjang tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang sangat cepat.

Sebelum adanya layanan ini, transaksi pembelian umumnya akan dilakukan secara manual. Dalam hal ini, konsumen harus mengirimkan uang melalui transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu, pemilik toko online nantinya harus membuat invoice secara manual.

Proses di atas tentu saja kurang efektif. Selain lama, Anda pun pasti merasa jika proses tersebut lebih ribet. Nah, dengan layanan gerbang pembayaran, detail transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

4)      Transaksi yang lebih aman

Anda tentu ingin setiap transaksi toko online bisa dilakukan dengan aman, bukan? Nah, gerbang pembayaran menawarkan solusi transaksi online yang lebih aman. Salah satu alasannya adalah penyedia layanan ini memberikan sistem yang sudah canggih. Oleh karenanya, sistem bisa memeriksa semua transaksi dengan cepat.

Dari pemeriksaan tersebut, sistem bisa mencegah adanya transaksi fiktif yang cenderung merugikan. Oleh karenanya, dengan sistem yang canggih, penipuan pada layanan transaksi ini cenderung lebih minimal.

Beberapa hal di atas adalah apa yang akan Anda dapatkan dari layanan gerbang pembayaran tersebut. Selain manfaat di atas, tentu masih ada ragam manfaat lain yang bisa didapatkan, seperti jangkauan yang luas hingga ke mancanegara dan juga transaksi yang tidak terbatas.

Demikian beberapa ulasan terkait apa yang dimaksud dengan payment gateway dan juga manfaat dari sistem pembayaran transaksi ini. Nah, jika Anda tertarik dengan layanan pembayaran tersebut, maka Anda bisa memilih mana penyedia layanan pembayaran terbaik yang ada di Indonesia dan bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas bisnis online Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.