Pengganti Bubble Wrap yang Ramah Lingkungan

Danusantoso
4 bulan yang lalu
Bisnis
alternatif pengganti bubble wrap

Pengganti bubble wrap yang lebih ramah lingkungan kini banyak diburu oleh penjual maupun pembeli. Ya, biasanya dalam rangka melindungi produk yang dipesan secara online, para pelaku bisnis menambahkan bubble wrap dalam pengemasannya.

Hal ini tentu bertujuan untuk menghindari kerusakan barang selama proses pengiriman. Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Penggunaan bubble wrap ini tidak boleh Anda remehkan lho. Sebab, akan mempengaruhi kredibilitas dan juga hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Eits, meskipun sangat berguna, akan tetapi banyak yang kemudian mempermasalahkan penggunaan bubble wrap karena menggunakan bahan plastik yang kurang ramah lingkungan.

Nah, dalam artikel kali ini, KiriminAja telah merangkum beberapa pengganti bubble wrap yang ramah lingkungan. Sehingga, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda tetap terjaga.

Langsung saja yuk, simak pembahasan tentang pengganti bubble wrap dalam artikel ini.

Kenapa Kita Tidak Boleh Menggunakan Bubble Wrap Terlalu Banyak?

Sebagai langkah awal, mari kita bahas alasan mengapa bubble wrap bukanlah pilihan yang terbaik dari segi keberlanjutan lingkungan.

Meskipun bubble wrap sangat efektif dalam melindungi barang dari benturan dan kerusakan, bahan ini terbuat dari plastik polietilen yang sulit terurai dan mencemari lingkungan.

Selain itu, proses produksi bubble wrap juga menggunakan energi yang tinggi dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim.

Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang kemudian mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan dan tetap bisa melindungi barang selama proses pengiriman.

Selain untuk kepentingan pengiriman, ini dapat menjadi kebijakan yang mencerminkan profesionalitas dan kepedulian bisnis Anda terhadap lingkungan. Di mana hal ini tentu akan berdampak positif pada reputasi atau citra merek Anda.

Alternatif Pengganti Bubble Wrap

Setelah memahami alasan kenapa kita perlu menggunakan pengganti bubble wrap, mungkin Anda masih bertanya-tanya nih, kiranya apa yang pengganti bubble wrap yang bisa digunakan untuk melindungi produk selama pengiriman.

Berikut, KiriminAja telah merangkum beberapa pengganti bubble wrap yang lebih ramah lingkungan:

Kardus

Kardus adalah salah satu alternatif paling umum untuk menggantikan bubble wrap. Bahan ini ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang mudah didaur ulang dan terurai secara alami.

Anda dapat menggunakan kardus bekas untuk membungkus barang dengan cara yang aman. Pastikan untuk memilih kardus yang cukup tebal dan kokoh untuk memberikan perlindungan yang memadai.

Box Telur

Jika Anda memiliki box telur kosong, ini bisa menjadi pilihan kreatif untuk menggantikan bubble wrap dalam proses pengemasan pesanan pelanggan.

Box telur terbuat dari bahan kertas atau karton yang mudah didaur ulang dan memberikan perlindungan tambahan karena bentuknya yang berlubang seperti kotak-kotak kecil.

Anda dapat meletakkan barang di dalam setiap lubang box telur, sehingga barang-barang tersebut aman dari benturan dan goyangan selama pengiriman atau pemindahan.

Kain Perca

Kain perca, terutama yang terbuat dari bahan organik seperti katun atau linen, adalah alternatif lain yang juga ramah lingkungan.

Potong kain perca menjadi ukuran yang sesuai dengan barang yang akan Anda kemas, lalu bungkus barang tersebut dengan rapat.

Selain melindungi barang dari goresan dan debu, kain perca dapat digunakan kembali berulang kali, mengurangi limbah yang dihasilkan.

Wrap Bubur Bekas Potongan Kertas

Salah satu ide kreatif lainnya adalah menggunakan potongan kertas sebagai pengganti bubble wrap. Kumpulkan kertas bekas seperti kertas koran atau kertas sampah, lalu potong menjadi ukuran kecil.

Setelah itu, bungkuslah barang pesanan dengan potongan kertas tersebut. Meskipun tidak seefektif bubble wrap dalam melindungi dari benturan, ini adalah alternatif yang ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi penggunaan plastik.

Serabut Kelapa

Jika Anda mencari alternatif yang lebih unik, serabut kelapa bisa menjadi pilihan menarik. Serabut kelapa merupakan limbah sampingan dari produksi kelapa yang sering dibuang begitu saja.

Namun, serabut kelapa ternyata memiliki sifat yang kuat dan elastis, sehingga cocok digunakan sebagai bahan pengemas yang dapat melindungi barang dari benturan.

Mengganti plastik dan bubble wrap dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan adalah langkah kecil tetapi signifikan yang dapat kita ambil untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dengan menggunakan kardus, box telur, kain perca, wrap bubur bekas potongan kertas, atau serabut kelapa, Anda dapat tetap mengemas pesanan pelanggan dengan aman. Sehingga, kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda tetap terjamin.

Selain memperhatikan keamanan pesanan dengan menggunakan pengganti bubble wrap, Anda juga perlu membuat manajemen logistik dengan pengiriman berkualitas reliable.

Hal ini akan berdampak pada ongkos kirim, efektivitas pengiriman, hingga manajemen online store bisnis Anda.

Untuk itu, KiriminAja hadir sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia yang dapat membantu Anda mengatur manajemen logistik, manajemen order, manajemen staff, hingga manajemen inventory dan gudang.

Berbagai fitur tersebut dapat Anda gunakan dengan daftar terlebih dahulu secara gratis di Dashboard KiriminAja.

Dengan KiriminAja, memungkinkan bisnis Anda mengatur manajemen logistik dengan kebebasan menentukan margin profit via online store yang disediakan.

Sehingga, cash flow terjaga, paket aman dan pengiriman jadi serba cepat. Anda pun bisa lebih fokus lagi dalam berbisnis.

Yuk, demi #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang, mari percayakan proses logistik bisnis Anda pada KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.