Penjelasan Lengkap Bisnis Dropship dan Reseller

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Beda dropship dan reseller

Bisnis minim modal menjadi jalan pintas bagi kaum millenial yang ingin memulai usaha demi meraih keuntungan. Nah, beberapa jenis bisnis minim modal yaitu menjadi dropshipper atau reseller.

Apa itu Bisnis Dropship?

Yaitu “suatu bisnis yang bisa dijalankan dengan mempromosikan barang milik orang lain, tanpa harus membeli barang tersebut”. Bisnis ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun yang memiliki media sosial dan gadget.

Umumnya, sistem dropship lebih disukai dibandingkan sistem reseller, sebab hampir tidak membutuhkan modal sama sekali. Sistemnya yaitu menjualkan barang milik orang lain > mentransfer uang kepada penjual ketika ada pesanan > pesanan akan langsung dikirimkan penjual.

Darimana dropshipper mendapatkan keuntungan? Yaitu dari selisih harga yang dibayar oleh pembeli dengan harga produk yang ditawarkan.

Bisnis dropship adalah salah satu jenis usaha yang begitu diminati saat ini. Jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Bahkan, Anda tidak perlu memproduksi barangnya sendiri.

Kelebihan Bisnis Dropship

  • Anda tidak perlu menyetok barang
  • Pesanan langsung diteruskan pada penjual jika ada pesanan
  • Produk langsung dikirimkan oleh penjual

Kekurangan Bisnis Dropship

  • Jika komunikasi dengan pemilik barang kurang lancar, bisnis akan terhambat
  • Stok barang yang habis akan mempersulit dropshipper yang berhubungan langsung dengan pembeli
  • Harga yang kalah saing membuat bisnis semakin sepi

Apa itu Bisnis Reseller?

Yaitu “suatu bisnis yang dilakukan dengan menjualkan kembali barang yang telah dibeli sebelumnya dengan harga tinggi, dengan atau tanpa modifikasi produk”. Ada reseller yang menjual produk apa adanya dan ada juga yang menjual dengan proses modifikasi terlebih dahulu.

Sistem reseller juga tidak kalah populer dibandingkan bisnis dropship. Reseller adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk “penjual kembali”. Bisnis ini juga begitu disukai karena tidak memerlukan modal terlalu banyak.

Contoh nyata untuk para reseller yang melakukan modifikasi produk yaitu penjual makanan kucing repack. Reseller makanan kucing akan membongkar produk dan mengemasnya dengan ukuran yang lebih ekonomis, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Berikut ini kelebihan dari sistem reseller:

  • Pembeli lebih percaya dengan reseller karena memiliki produk nyata
  • Tidak perlu repot berhubungan dengan pemilik produk ketika ada pesanan
  • Pengiriman produk kepada pembeli bisa dilakukan lebih cepat karena tidak mengandalkan pihak lain

Kekurangan sistem reseller:

  • Jika produk kurang diminati, maka stok menumpuk dan cash flow tersendat.
  • Promosi yang kurang strategis akan membuat barang tidak kunjung dibeli orang
  • Harga yang kalah saing membuat bisnis semakin sepi

Memaksimalkan Bisnis Dropship Reseller dengan Aplikasi KiriminAja

Memulai usaha dapat dilakukan dengan modal yang sedikit. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper karena bisa dilakukan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.  Anda juga tidak perlu repot-repot mengirimkan barang kepada pembeli.

Tetapi, jika Anda memilih untuk menjadi reseller dan perlu mengirim barang, jangan khawatir! Anda dapat mengirimkan barang dengan mudah menggunakan aplikasi KiriminAja.

Aplikasi yang satu ini merupakan sarana mengirim paket dengan mudah ke seluruh Indonesia tanpa melalui platform lain.  Gunakan aplikasi ini sesegera mungkin, karena ada banyak fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan.

Daftar segera di dashboard KiriminAja.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.