Pentingnya Analisis Produk untuk Persaingan di Pasar dan Hasil yang Memuaskan

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Manfaat Analisis Produk

Analisis produk adalah proses krusial karena dengan langkah tersebut, Anda sebagai pebisnis akan mengumpulkan informasi terkait produk yang sesuai keinginan pelanggan.

Sebagai awalan, mengetahui arti dan makna dari produk tidak bisa dilewatkan. Dengan memahami definisi apa itu produk, Anda sebagai pebisnis akan lebih mengetahui dan lebih dekat dengan produk Anda sendiri.

KiriminAja akan menjelaskan apa itu produk, bagaimana analisis produk, dan apa saja kira-kira manfaat dari analis produk.

Harapannya, dari uraian ini, Anda bisa mengenali karakteristik produk sendiri yang dijual di pasaran.

Dengan begitu, Anda bisa tahu karakteristik produk mana yang perlu dihilangkan, dioptimalkan, dan dipertahankan.

Apa Itu Produk?

Produk adalah segala sesuatu yang diciptakan, dipunyai, dan ditawarkan sehingga bisa dikonsumsi untuk kebutuhan konsumen yang ada.

Menurut Philip Kotler, produk tidak hanya berupa barang namun juga bisa berupa jasa.

Dari pengertian Kotler itu, produk adalah barang dan jasa yang bisa ditawarkan kepada konsumen untuk dikonsumsi.

Ada juga pendapat lain yang menyampaikan jika produk adalah atribut nyata maupun tidak nyata. Atribut tersebut mempunyai harga, kemasan, prestise, dan layanan.

Nilai-nilai tersebut dapat diterima oleh pembeli sesuai dengan tingkat kemampuan. Selain itu, produk juga bisa menimbulkan kepuasan terhadap para konsumen.

Dengan kata lain, produk adalah hal utama dalam pemasaran. Jika tidak ada produk lantas apa yang akan ditawarkan kepada para konsumen, bukan?

Oleh karena itu produk menjadi elemen vital. Elemen ini terbentuk dari pandangan konsumen yang berusaha diwujudkan produsen melalui proses dan hasil produksinya.

Lebih sederhana lagi, produk adalah segala sesuatu berupa barang atau jasa. Produk dapat memiliki wujud fisik dan tidak. Tapi, yang pasti, produk dijual di pasaran serta memiliki rate atau tingkat harga yang bermacam-macam.

Produk adalah hal penting dalam aspek pemasaran. Sebab aspek pemasaran dapat berpengaruh terhadap produk yang Anda jual.

Sebagai acuan memahami aspek pemasaran, Anda bisa membaca uraian KiriminAja tentang peran penting aspek pemasaran dalam praktik bisnis

Mengenal Analisis Produk dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Jika sudah mengetahui apa itu produk, Anda perlu mengetahui yang namanya analisis produk. Mengapa analisis produk penting bagi sebuah bisnis?

Produk yang sudah atau hendak dibuat tentunya memerlukan pengembangan. Maksudnya adalah, Anda perlu mengetahui apakah produk tersebut dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Maka dari itu, analisis produk adalah hal yang penting dan perlu dilakukan. Lantas apa pengertiannya?

Analisis produk adalah proses yang biasanya dilakukan para produsen untuk mengumpulkan berbagai macam informasi terkait produk dari sudut pandang dan selera pelanggan.

Biasanya para pelanggan memiliki ekspektasi tersendiri terhadap produk. Dengan memenuhi ekspektasi ini Anda bisa menciptakan produk yang available bagi konsumen dan akhirnya dibeli oleh mereka.

Cara sederhana adalah, Anda perlu mengetahui produk apa yang kiranya sedang dibutuhkan di pasaran.

Apakah produk yang Anda ciptakan tersebut sesuai dengan keinginan pasar dan pelanggan? Jika sesuai, hal itu akan menguntungkan di skala penjualan.

Analisis produk adalah cara yang dilakukan pebisnis, penjual, reseller, maupun produsen untuk membuat barang dan jasa sesuai dengan keinginan pelanggan dengan cara mengetahui apa saja kebutuhan mereka.

Apa Saja Manfaat Analisis Produk?

Analisis produk tentunya memiliki banyak manfaat yang bisa menguntungkan bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari analisis produk:

Mengetahui Tingkat Kelayakan Produk

Sebelum terjun ke pangsa pasar, Anda perlu menilai apakah produk tersebut layak dikonsumsi. Dengan melakukan analisis produk, Anda bisa mengetahui seberapa jauh kelayakan sebuah produk beredar di pasaran.

Dapat Memahami Kompetitor

Dengan melakukan analisis produk Anda bisa mengetahui bagaimana kompetitor bekerja. Memposisikan diri sebagai pembeli dengan meriset pasar bisa membuat bisnis Anda bersaing secara sehat.

Analisis produk yang baik akan mengumpulkan berbagai informasi bahkan dari kompetitor. Dengan begitu Anda bisa meng-upgrade produk sendiri menjadi lebih baik bahkan lebih layak dari milik kompetitor.

Dapat Meminimalisir Risiko

Produk tentunya memiliki risiko tersendiri, jika tidak dilakukan analisis produk yang baik dan sesuai. Maka dari itu, analisis produk bisa membuat produk Anda terhindar dari risiko besar.

Melakukan riset soal produk yang ada di pasaran berarti melihat segala kelebihan, kekurangan, serta kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Dengan melakukan analisis produk, Anda telah mengetahui kira-kira risiko mana yang bisa dikurangi dengan cara menyiapkan produk terbaik dan sesuai dengan pasaran.

Mengenal Produk Berarti Mengenal Konsumen

Seperti penjelasan para paragraf-paragraf sebelumnya, analisis produk dilakukan dengan cara mengumpulkan data maupun informasi yang berasal dari konsumen mengenai sebuah produk.

Analisis produk membantu Anda untuk mengenal pelanggan dengan cara melakukan riset mengenai siapa saja yang akan menjadi target atau konsumen Anda.

Analisis produk merupakan cerminan dari behavior pelanggan sehingga Anda bisa membuat produk yang sangat sesuai dengan mereka.

Siap Bersaing di Pasaran

Manfaat dari analisis produk salah satunya adalah membuat bisnis Anda siap bersaing di pasaran. Mengapa begitu?

Tentunya produk yang sudah dibuat akan beredar di pasaran bersama produk lain dari bisnis yang bukan milik Anda. Nilai jual dan keunikan pun akan dibandingkan oleh para calon konsumen.

Dengan analisis produk dan persiapan yang matang, produk Anda sudah barang tentu siap dan layak. Sehingga dengan nilai plus tersebut serta kesiapan yang matang, produk Anda bisa bersaing di pasaran dengan produk lain.

Masih ada banyak manfaat analisis produk untuk bisnis Anda. Salah satu praktik analisis yang sering diabaikan pelaku bisnis adalah mengetahui perilaku konsumen terkait ongkos kirim pada produk.

KiriminAja sebagai agregator logistik melihat banyak pelaku bisnis yang mengabaikan efek ongkir pada perilaku belanja konsumen.

Karena itulah, KiriminAja menawarkan dashboard KiriminAja sebagai solusi agar bisnis Anda lebih reliable di mata konsumen. 

Karena itulah, Anda hanya perlu mendaftar di dashboard KiriminAja dan akan mendapatkan berbagai opsi jasa ekspedisi dengan harga paling masuk akal. 

Saat Anda mulai mempertimbangkan pengaruh ongkir ke produk, maka saat itu pula Anda makin dekat dengan konsumen.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda akan dapat ongkir dengan harga terjangkau, dapat lebih banyak konsumen, cash flow aman, penjualan tumbuh, dan bisnis jadi tenang mengarungi resesi 2023.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.