Pentingnya Brand Image dalam Strategi Marketing

Updated September 28, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Pentingnya Brand Image dalam Strategi Marketing

Persepsi konsumen terhadap produk memang sangatlah penting. Pandangan konsumen dapat menentukan nilai yang dimiliki brand image dan produk Anda di pasaran. Oleh karena itu, kemampuan marketing untuk mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggan harus dilakukan. Jika, produk produk yang dimiliki produk bagus maka secara otomatis akan mendatangkan pelanggan baru. Sebaliknya, saat brand produknya saja sudah kurang bagus maka sulit mempertahankan pelanggan lama.

 

Manfaat Membangun Brand Image yang Baik

Ada manfaat tak terbatas dari membangun dan mempertahankan brand image yang bagus. Berikut adalah lima manfaat utama yang dapat Anda harapkan ketika  memiliki merek produk yang kuat:

  1. Pengakuan pelanggan

Memiliki image yang kuat berfungsi untuk membangun pengakuan pelanggan. Hal tersebut berarti ketika pelanggan berbelanja untuk produk tertentu atau mempertimbangkan perusahaan untuk melakukan layanan, mereka mengenali perusahaan Anda dalam menjalankannya.

 

Konsumen jauh lebih mungkin untuk memilih merek yang mereka kenali daripada sesuatu yang asing, bahkan jika mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan Anda saat itu.

 

  1. Keunggulan kompetitif di pasar

Semakin banyak pengakuan yang Anda terima dan semakin Anda membangun merek Anda, semakin Anda akan menemukan bahwa merek Anda meningkat dan dapat bersaing dengan merek terkenal lainnya.

 

  1. Pengenalan produk baru dengan mudah

Apabila perusahaan sudah memiliki merek yang kuat maka akan mendatangkan pelanggan setia dengan lebih mudah. Penjual juga akan mudah untuk memperkenalkan produk baru karena mereknya sudah terkenal.

 

  1. Loyalitas pelanggan

Pengakuan dan peningkatan bahwa merek yang kuat dibangun di atas semuanya memberikan loyalitas pelanggan yang lebih besar.

 

Pelanggan tertarik pada merek yang berbagi nilai dengan mereka. Saat Anda membangun merek yang kuat, Anda perlu menyampaikan nilai-nilai ini untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Loyalitas merek sering kali berlangsung seumur hidup dan bahkan diteruskan ke generasi mendatang.

 

  1. Peningkatan kredibilitas

Saat brand image produk perusahaan sudah terkena maka akan meningkatkan kredibilitas bagi pelanggannya.

 

Saat Anda meningkatkan kredibilitas produk maka akan mendatangkan  pengakuan, loyalitas, sehingga dapat dijadikan sebagai daya saing.

 

Anda akan menemukan bahwa kredibilitas produk mempunyai hubungan langsung dengan kemudahan pembelian pelanggan. Pelanggan  ingin membeli dari perusahaan yang mereka sukai, ketahui, dan percayai. Jika merek Anda kredibel maka akan jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penjualan.

Cara Meningkatkan Nilai Brand Image

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan nilai brand image untuk meningkatkan strategi marketing di era sekarang.

  1. Identifikasi Audiens Utama Anda

Langkah pertama adalah mengidentifikasi audiens target. Audiens target Anda akan terdiri dari campuran kelompok eksternal dan internal, termasuk pelanggan, mitra, analis industri, dan karyawan. Lakukan secara spesifik saat menentukan audiens. Anda memerlukan kejelasan tentang grup yang ditargetkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif yang akan berbicara langsung dengan kebutuhan dan kekhawatiran unik mereka.

 

  1. Tentukan Tujuan Bisnis

Membangun brand image tanpa mengetahui tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang Anda tidak efektif dan membuang-buang sumber daya yang berharga.

  1. Tentukan Persona Merek

Setelah Anda menentukan audiens utama dan sasaran bisnis penting, Anda dapat mulai membangun persona merek. Persona produk harus menarik bagi pelanggan dan mengartikulasikan pembeda terpenting dan manfaat produk yang ditawarkan. Persona merek mendefinisikan citra produk sehingga penting untuk membuatnya  populer di kalangan masyarakat.

 

  1. Bangun Nilai Merek Anda

Setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan yang menghasilkan produk maupun jasa pada dasarnya adalah duta merek. Oleh karena itu, mempekerjakan karyawan yang tepat lalu mengkomunikasikan visi dan misi perusahaan Anda dengan jelas maka dapat membangun nilai brand produk dari dalam.

 

  1. Konsistensi

Konsistensi tentu saja adalah hal yang bagus untuk meningkatkan brand produk lebih dikenal masyarakat. Tentu saja, konsistensi dilakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Tetapi, saat Anda menjalankan prinsip bisnis tersebut maka akan mendapatkan manfaat jangka panjang yang cukup baik karena brand produk sudah tidak asing lagi ditelinga pelanggan.

 

  1. Melakukan Hubungan Masyarakat

Lakukan penyebaran informasi di blog online, publikasi perdagangan, dan outlet berita. Hal tersebut dapat meningkatkan citra merek Anda dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya produk Anda.

Meningkatkan Merek Anda Secara Offline

Meskipun sekarang ini, marketing lebih banyak dilakukan secara online tetapi tetap lakukan bangun image produk dengan cara berikut ini.

  1. Keterlibatan komunitas

Mengorganisir peluang sukarelawan karyawan atau mensponsori acara komunitas adalah cara yang efektif untuk menjangkau konsumen lokal. Adakan mobil mainan di sekitar liburan atau menjadi sukarelawan di penampungan hewan untuk menanamkan nilai merek Anda kepada staf Anda dan libatkan mereka dalam peluang membangun tim yang unik.

 

  1. Acara

Gabungkan upaya dan acara komunitas untuk pukulan ganda. Undang pelanggan ke acara eksklusif mungkin mengungkap penawaran atau produk baru atau hanya untuk menunjukkan penghargaan kepada klien Anda dan bermitra dengan badan amal setempat untuk memasukkan komponen penggalangan dana.

Klien akan menghargai melihat bahwa upaya pemasaran Anda tidak sepenuhnya mementingkan diri sendiri dan penyebab yang Anda pilih untuk didukung kemungkinan akan beresonansi pada tingkat pribadi karena beberapa membuat loyalitas mereka kepada Anda menjadi lebih kuat.

 

  1. Sponsor

Pilih acara dan aktivitas di komunitas Anda untuk disponsori. Baik itu festival musim gugur atau konferensi teknologi, lihat kalender acara lokal Anda untuk acara yang Anda ingin merek Anda kaitkan. Membonceng acara yang memiliki pengikut komunitas positif memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari nama baik mereka!

 

  1. Pengalaman di Toko

 

Memiliki lokasi fisik menawarkan Anda kesempatan untuk mempersonifikasikan kepribadian merek Anda bagi pelanggan di dalam toko . Bahkan memompa musik yang tepat melalui toko Anda akan mempengaruhi cara pelanggan melihat merek Anda! Pilih dekorasi, skema warna, musik, bahkan aroma dengan hati-hati. Semua elemen fisik ini adalah takeaways mental dan jika dilakukan dengan benar, akan membuat orang datang kembali untuk lebih.

Meningkatkan Merek Anda Secara Online

Banyak klien Anda yang mungkin mendatangi Anda melalui pencarian online , media sosial, atau rekomendasi pribadi. Citra merek online Anda harus terhubung dengan target pasar Anda sehingga semua yang Anda keluarkan ke alam semesta harus menunjukkan kepribadian dan nilai merek Anda.

 

  1. Situs web

Perlakukan situs web Anda seperti Anda memperlakukan rumah Anda. Ini harus menggambarkan kesan yang diinginkan dan mencerminkan Anda dan bisnis Anda.

Dengan begitu banyak layanan pembuatan situs web do-it-yourself, mudah untuk memilih format dan desain situs web murni berdasarkan kesederhanaan dan kemudahan pembuatannya.

  1. Media sosial

Media sosial adalah cara ideal untuk membangun brand image dengan cepat. Repost dari pelanggan yang telah menandai Anda untuk menunjukkan penghargaan Anda atas penyebaran berita tentang Anda atau memposting cerita klien yang menunjukkan tingkat layanan pelanggan dan dedikasi Anda terhadap kepuasan klien.

Jadi gimana, apakah kamu sudah siap untuk membangun brand image pada usaha kamu? jika sudah jangan lupakan untuk mempersiapkan opsi pengiriman yang melayani sistem COD ya, karena konsumen saat ini lebih memilih opsi pembayaran di tempat atau Cash on Delivery karena mereka merasa lebih aman ketika sudah memegang barang yang mereka beli baru membayarnya. Tapi tenang, kini ada aplikasi yang bernama KiriminAja.


Satu aplikasi multi fungsi yang permudah semua urusan pengirimanmu, dengan berbagai fitur mulai dari bebas pilih ekspedisi, bisa reqeust pickup bahkan hingga pencairan dana COD harian. Banyak bukan fiturnya? yuk cobain KiriminAja.


Pakai KiriminAja, Bebas Pilih Ekspedisi, Permudah Kirimanmu.

 

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Bagikan