Cara Hadapi Kompetitor yang Sering Perang Harga Kayak Rebutan Cinta

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
perang-harga-di-marketplace

Perang harga di berbagai marketplace menjadi salah satu akibat dari banyaknya pelaku bisnis yang menjual produk mereka secara online.

Menjalankan bisnis secara online memang dinilai lebih praktis. Selain itu, jangkauan pasarnya juga lebih luas. Makannya, tak heran jika banyak yang tertarik menjajakan dagangan di berbagai marketplace.

Namun, bukan berarti metode bisnis tersebut tidak memiliki resiko ya. Salah satu fenomena buruk yang belakang terjadi adalah perang harga antar penjual.

Dalam artikel ini, KiriminAja akan bahas alasan perang harga tersebut terjadi dan bagaimana cara menghadapinya. Yuk simak penjelasannya...

Alasan Perang Harga Terjadi

Perang harga di marketplace terjadi ketika para penjual bersaing menawarkan harga paling rendah. Hal ini seringkali terjadi pada penjualan  produk yang sama atau serupa.

Terdapat beberapa alasan mengapa perang haraga ini dapat terjadi. Berikut penjelasannya:

Persaingan Ketat

Karena kemudahan berjualan di marketplace, banyak yang tertarik untuk mencoba bisnis tersebut. Oleh karenanya, kemungkinan yang menjual produk sama atau serupa semakin banyak.

Agar mampu bersaing dan menarik pembeli, banyak penjual yang kemudian menawarkan produk dengan harga murah.

Strategi Pemasaran

Beberapa penjual menggunakan harga rendah sebagai strategi untuk menarik pembeli. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah penjualan secara cepat.

Selain itu, strategi ini juga biasa digunakan untuk membangun brand awareness dan meningkatkan eksposur merek di marketplace.

Ketersediaan Produk yang Berlebih

Strategi menurunkan harga juga biasa digunakan ketika stok produk di gudang terlalu berlebihan. Hal tersebut dapat menurunkan kualitas produk jika disimpan terlalu lama.

Selain itu, stock yang berlebih juga akan memakan biaya sewa gudang yang lebih banyak. Oleh karenanya, banyak pelaku bisnis yang kemudian menurunkan harga agar mempercepat penjualan.

Perubahan Permintaan Pasar

Tidak dipungkiri bahwa permintaan pasar bisa berubah kapan saja. Ketika hal tersebut terjadi, penjual perlu membuat strategi agar penjualan tetap berlangsung dan tidak ada stock mengendap di gudang. 

Salah satu cara yang kerap digunakan adalah dengan menurunkan harga produk mereka. Sehingga konsumen tertarik membeli karena harganya lebih murah dari biasanya.

Kebijakan Harga

Beberapa toko online atau penjual menerapkan strategi harga rendah sebagai bagian dari kebijakan mereka. 

Hal ini dapat dilakukan untuk menghabiskan stok atau mempromosikan produk baru. Selain itu, penjual juga dapat menawarkan potongan harga atau diskon pada pembelian tertentu.

Meskipun perang harga memiliki berbagai alasan tetapi jika terjadi secara berkelanjutan akan berdampak negatif. 

Salah satunya adalah menurunkan profitabilitas bisnis dan mengurangi kualitas layanan dan produk yang ditawarkan.

Selain itu, persaingan harga yang ketat dapat mengarah pada kerugian yang signifikan. Bahkan, banyak juga penjual yang tidak dapat bertahan di pasar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangan strategi harga dengan hati-hati. Yaitu dengan tetap memperhatikan keuntungan jangka panjang daripada fokus pada penjualan yang lebih tinggi.

Cara Mengatasi Perang Harga

Anda tidak perlu khawatir jika produk yang ditawarkan terjebak dalam perang harga di marketplace. KiriminAja akan membantu Anda mengatasinya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perang harga di marketplace:

Fokus pada Kualitas Produk dan Layanan

Alihkan fokus dari harga rendah ke kualitas produk dan layanan yang lebih baik. Pastikan produk Anda memiliki nilai tambah, seperti garansi atau pelayanan purna jual yang baik. 

Berikan pengalaman berbelanja yang positif dan pastikan pelanggan merasa puas dengan transaksi mereka.

Mencari Niche Market

Jangan terlalu fokus pada persaingan harga, temukan niche market yang dapat ditempati dengan produk unik yang dimiliki. Misalnya, spesialisasi pada barang dengan merek tertentu atau produk yang hanya ada pada toko online Anda.

Menawarkan Produk atau Layanan Tambahan

Tawarkan produk atau layanan tambahan, seperti layanan pengiriman kilat atau pengiriman gratis. Ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Anda.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Mengoptimalkan Biaya

Cobalah mencari cara untuk mengurangi biaya, seperti mengoptimalkan pengiriman atau pembelian secara bersamaan dengan supplier yang sama.

Hal tersebut tentu dilakukan dengan tanpa mengurangi kualitas produk ya.

Gunakan Promosi dengan Akurat

Gunakan promosi untuk menarik pelanggan tetapi dengan bijaksana, jangan hanya fokus pada diskon harga. Namun, juga fokus pada jenis promosi lain seperti bonus pembelian, cashback, atau voucher.

Pelajari Kompetitor

Pelajari strategi dan taktik dari pesaing Anda. Perhatikan kebijakan harga yang diterapkan oleh pesaing Anda dan temukan kekuatan dan kelemahan mereka untuk menentukan strategi yang lebih efektif.

Tingkatkan Brand Awareness

Promosikan merek dan tingkatkan kesadaran pelanggan tentang kualitas produk Anda. Berikan nilai tambah dan pengalaman berbelanja yang berbeda dibandingkan toko online lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness dengan membuat website resmi. Kabar baiknya, Anda dapat membuat toko online dengan mudah melalui KiriminAja.

Anda pun dapat mengelola website toko online dengan lebih mudah. Misalnya untuk pembuatan Landing Page hingga pengelolaan barang.

Yuk kerjasama bareng KiriminAja agar bisnis Anda tetap untung di tengah gempuran perang harga di marketplace.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.