Perbedaan BEP dan ROI

Kinanthi Haksari
3 bulan yang lalu
950
Perbedaan BEP dan ROI

Tentu istilah BEP atau Break Event Point dan ROI atau Return Of Investment sudah tidak asing lagi bagi pelaku bisnis. Namun ternyata masih banyak yang belum memahami makna sebenarnya dari BEP dan ROI ini sendiri.
Mari kita kupas satu persatu.

 

Jika dialihbahasakan menjadi bahasa Indonesia, BEP dapat pula disebut titik impas atau balik modal dalam istilah populernya. BEP dijadikan tolak ukur seseorang untuk berinvestasi atau memulai bisnis. Hal ini dikarenakan BEP mengacu ada jumlah pendapatan yang diperlukan untuk menutup total biaya yang sudah dikeluarkan pada jangka waktu tertentu. Baik biaya operasional maupun biaya awal dalam memulai sebuah usaha.

 

BEP sudah dikatakan sudah mencapai titiknya jika pendapatan sama persis dengan total perkiraan biaya yang sudah dikeluarkan. Dimana perusahaan sudah tinggal menjalan tugas untuk mengumpulkan keuntungan dan kerugian perusahaan berakhir. Singkat katanya, BEP adalah titik dimana biaya total yang dikeluarkan untuk perusahaan tersebut sudah bisa ditutup dengan pendapatan dan penjualan produk.

 

Bagaimana dengan ROI?

Jika diterjemahkan ROI artinya laba atas investasi. Jika berbicara mengenai laba maka tingkat profit sebuah perusahaan menjadi tolak ukur penentu ROI. Maka ROI digunakan sebagai alat ukur dari sebuah tindakan investasi. Sederhananya ROI merupakan nilai yang didapat dari persentasi keuntungan investasi yang didapatkan setelah menghitung total laba dan biaya yang dikeluarkan.

 

Berbicara mengenai ROI, ROI lebih berkutat mengenai perhitungan persen laba yang didapat. Tentunya perhitungan laba ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain, perputaran operasional perusahaan. Seperti contohnya bangunan, peralatan yang digunakan, sumber daya manusia hingga aset tak berwujud seperti pengurusan perijinan badan usaha dan hak paten. Aspek lainnya yaitu profit margin dimana rasio antara laba bersih dengan penjualan bersih. Semakin besar hasil perhitungan profit margin, semakin besar pula keuntungan yang didapat.

 

Antara BEP dan ROI pun memiliki rumus perhitungan masing-masing. BEP memiliki perhitungan rumus yang terbagi menjadi 2 variabel. Yaitu variabel penghitungan BEP unit, dengan rumus biaya tetap dibagi harga perunit yang sudah dikurangi biaya variabel per unit. Sedangkan variabel perhitungan BEP rupiah, yaitu biaya tetap dibagi hasil kontribusi margin per unit yang sudah dibagi harga perunit.

Untuk perhitungan ROI memiliki rumus, pendapatan investasi dikurangi biaya investasi, lalu dibagi biaya investasi, setelah itu dikali 100%.   


Demikian penjelasan perbedaan BEP dan ROI, semoga kamu semakin mengenal dan memahami mengenai istilah-istilah bisnis ya.