Privasi Konsumen dalam Etika Bisnis yang Wajib Diketahui Online Seller

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Perlindungan data konsumen

Perlindungan privasi konsumen dalam etika bisnis adalah hal krusial yang wajib dipegang teguh oleh semua online seller dan pelaku bisnis. 

Menjaga hak konsumen adalah hal penting dalam bisnis. Dengan begitu, konsumen akan merasa dilindungi. Efek jangka panjangnya adalah bisnis Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

Untuk memahami lebih jauh bagaimana privasi konsumen dalam etika bisnis terhadap, mari kita belajar bersama-sama di sini. 

KiriminAja akan membahas apa saja privasi konsumen, perlindungan privasi dan data, pelanggan serta dasar hukumnya.

Jadi simak sampai selesai ya supaya Anda yang menjadi pebisnis bisa mengerti hak-hak konsumen lebih dalam lagi…

Dasar Hukum dan Privasi Konsumen dalam Etika Bisnis

Dalam bisnis tentunya ada etika tersendiri yang harus ditaati dan dilakukan oleh para seller dan pengusaha. Salah satunya adalah menjaga privasi dan memperhatikan hak-hak konsumennya.

Privasi konsumen dalam etika bisnis ini sudah diatur dalam Undang-undang negara. Pasal 1 ayat 1 tentang UU Perlindungan Konsumen menjelaskan jika perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum.

Kepastian hukum ini ditujukan kepada konsumen. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak mengkonsumsi atau menggunakan produk barang maupun jasa yang bisa membahayakan keselamatan, kesehatan dan lain sebagainya.

Ada dua cakupan perlindungan yang meliputi aspek sebagai berikut:

  • Perlindungan terhadap barang yang diserahkan pada konsumen tidak sesuai dengan apa yang sudah disepakati dan;
  • Perlindungan terhadap pelanggan yang mendapatkan perlakuan secara tidak adil.

Sedangkan asas perlindungannya diatur dalam Pasal 2 di UU yang sama meliputi:

  • Hak untuk mencegah konsumen mengalami kerugian baik secara personal maupun harta kekayaan
  • Hak untuk memperoleh barang atau jasa dengan harga yang wajar dan;
  • Hak memperoleh penyelesaian yang patut dan pantas terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Dengan demikian, konsumen akan benar-benar dilindungi dan dipenuhi haknya oleh negara. Begitu pula dengan para pebisnis supaya memberikan yang terbaik untuk para pelanggan nya.

Sedangkan untuk perlindungan konsumen meliputi banyak hal seperti pada poin-poin berikut ini:

  • Perlindungan dengan pemberian informasi produk yang jelas dan lengkap
  • Tingkat keamanan produk yang akan diberikan ke konsumen
  • Perlindungan dari adanya penipuan
  • Perlindungan berupa pembatalan transaksi jika memenuhi syarat dibatalkan dan barang yang diterima tidak sesuai
  • Perlindungan terhadap penyelesaiaan masalah jika ada sengketa
  • Perlindungan data pribadi meliputi privasi dan data konsumen.

Di atas adalah uraian mengenai dasar hukum dan perlindungan juga privasi konsumen yang menjadi bagian dari etika bisnis. Anda yang bekerja sebagai pebisnis harus mengetahui hal ini demi menjaga kenyamanan bersama.

Perlindungan Privasi Konsumen

Bisnis atau perusahaan sebagai penyedia layanan dan produk perlu menerapkan beberapa hal yang menjadi perlindungan privasi terhadap konsumen sebagai berikut:

Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Perusahaan harus menjadi bahawa informasi mengenai privasi konsumen tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga tanpa adanya persetujuan,

Memberikan Transparansi

Perusahaan perlu memberikan transparansi mengenai informasi yang cukup dan terus terang mengenai data pribadi mereka.

Menghormati Keputusan Konsumen

Konsumen mempunyai hak untuk mengizinkan apakah data mereka ingin digunakan atau tidak oleh perusahaan. Tentunya bisnis harus menghormati apapun keputusan mereka.

Menjamin Keamanan Data

Perusahaan harus menjamin keamanan data konsumen yang telah masuk ke bisnis mereka. Bisnis juga harus mematuhi aturan yang berlaku.

Menciptakan Kesadaran

Artinya perusahaan harus secara jelas membuat konsumen sadar jika privasi mereka digunakan dan harus membuat pelanggan merasa aman akan hak-hak yang ada.

Perlindungan Data Konsumen dalam Bisnis

Dalam sebuah bisnis, data atau informasi pribadi konsumen akan digunakan. Maka dari itu perusahaan harus mempunyai upaya untuk menjaga informasi ini seperti:

Penerapan Kebijakan Organisasi soal Perlindungan Data Pelanggan

Perusahaan atau organisasi harus memiliki kebijakan privasi yang jelas dan diterapkan secara konsisten demi melindungi data pribadi yang terkumpul dari konsumen.

Enkripsi Data

Data pribadi wajib disimpan dengan aman supaya terhindari dari akses yang tidak sah serta penggunaan yang tidak tepat.

Adanya Autentikasi dan Otorisasi

Sistem otentikasi ini berguna untuk memastikan bahwa hanya konsumen lah yang sah dan bisa mengakses data pribadi mereka tanpa campur tangan pihak lain. Apa sih manfaat dan fungsi fitur autentikasi? Simak di link tersebut ya.

Teknologi Perlindungan Data Konsumen

Perusahaan perlu menggunakan  teknologi yang dilengkapi perlindungan tinggi ketika mengumpulkan, menyimpan, dan mengakses data pribadi konsumen.

Data Konsumen dan Hukum

Perusahaan harus mematuhi aturan yang ada dalam hukum dan undang-undang negara yang mengatur dan melindungi hak konsumen. Bisnis tidak boleh melanggar aturan ini.

Privasi konsumen dan perlindungan data ini sangat penting sebab itu adalah ranah privasi pelanggan yang harus dihargai dan dijaga perusahaan.

Tentunya, konsumen dan perusahaan harus saling bekerja sama dalam bertransaksi atau segala kegiatan yang menyangkut dengan kegiatan jual beli.

Sebagai pebisnis, Anda harus memastikan data konsumen aman di tangan Anda. Selain itu perlu dilakukan cara-cara untuk membuat pelanggan nyaman.

Belakangan ini banyak kasus penipuan pengiriman yang mengatasnamakan konsumen. Karenanya, sebagai agregator logistik dan mitra online seller Indonesia, KiriminAja sangat concern pada privasi konsumen.

Dengan begitu, Anda dapat memakai KiriminAja tanpa takut adanya kebocoran data pribadi sendiri atau para konsumen. 

KiriminAja selalu berusaha memastikan semua data pribadi terjaga dan tidak bocor. Seiring dengan itu, KiriminAja juga memastikan Anda tetap bisa memakai layanan dengan tetap hemat, tepat, dan cepat.

Tak sebatas itu, KiriminAja juga memastikan Anda memiliki manajemen order yang berjalan sempurna. Dengan manajemen order yang lebih praktis dan aman, Anda bisa meminimalisir terjadinya kebocoran data atau kekeliruan dalam orderan.

Untuk bisa berkolaborasi dan menikmati semua fiturnya, Anda hanya cukup mendaftar di dashboard KiriminAja. Jadi, langsung saja yuk daftar KiriminAja untuk keamanan data, harga hemat, #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.