Perlu Dipelajari! Inilah Trik Komunikasi Bisnis untuk Kesuksesan Usaha

Kinanthi Haksari
3 bulan yang lalu
140
Perlu Dipelajari! Inilah Trik Komunikasi Bisnis untuk Kesuksesan Usaha

Agar bisnis Anda berjalan sesuai harapan, maka diperlukan beberapa trik terbaik untuk bisa memasarkannya. Anda perlu belajar tentang komunikasi bisnis untuk kesuksesan usaha yang dijalankan. Pentingnya komunikasi akan memberikan banyak efek baik untuk bisnis Anda di masa mendatang.

Berbisnis tak bisa dilakukan seorang diri. Perlu ada kerja sama dengan berbagai pihak untuk bisa menjadi satu kekuatan yang utuh. Senjata kolaborasi yang bisa diandalkan dalam upaya memperkuat brand Anda adalah dengan memperbaiki komunikasi bisnis.

Jenis Komunikasi Bisnis

Secara umum, komunikasi bisnis digolongkan dalam dua jenis, komunikasi horizontal dan komunikasi vertikal. Berikut ini penjelasan lengkapnya dengan lebih detail.

1. Komunikasi Horizontal

Tujuan adanya komunikasi horizontal adalah untuk menjalin kekerabatan dengan sesama pemilik bisnis. Hal ini tentu dibutuhkan agar para pengusaha bisa saling bertukar pikiran, membahas masalah dan solusi bersama-sama. Secara umum, komunikasi horizontal akan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.

2. Komunikasi Vertikal

Komunikasi vertikal merupakan jenis komunikasi yang fungsinya untuk memperbaiki hubungan antara atasan dan bawahan, atau sebaliknya. Hal ini berkaitan cara menyampaikan pesan antara pemilik bisnis dan juga karyawannya. Jika komunikasi ini berjalan baik, sang atasan bisa menerima kritik, sang karyawan bisa memperbaiki performa, maka jalinan komunikasi bisnis dapat dikatakan berhasil.

Faktor Keberhasilan Komunikasi Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

Untuk dapat menentukan keberhasilan komunikasi bisnis, dibutuhkan beberapa indikator dalam penilaiannya. Di bawah ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi bisnis yang bisa Anda praktikkan mulai hari ini;

1. Jujur dan Bisa Dipercaya

Sebuah attitude akan memberikan dampak besar untuk diri sendiri dan bisnis yang sedang Anda kembangkan. Untuk sebuah keberhasilan komunikasi bisnis, sifat jujur dan dapat dipercaya akan jadi pondasi paling kuat.

Ada kalanya, kecerdasan akan dikalahkan oleh kejujuran. Saat Anda mengutamakan rasa jujur dan bisa dipercaya, maka amanah yang lebih besar bisa saja disematkan untuk Anda.

2. Sejajar dalam Persepsi

Ketika menjabarkan sebuah value produk atau menjelaskan duduk persoalan, Anda harus bisa menyejajarkan persepsi dengan lawan bicara. Mengusahakan komunikasi bisnis untuk kelancaran usaha dengan teknik yang tepat akan membuat citra Anda terbangun dengan baik.

3. Memiliki Kecocokan Visi Misi

Selama proses berbisnis, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Untuk bisa menghasilkan komunikasi bisnis yang baik, maka kecocokan visi dan misi adalah perkara yang cukup penting.  Jika Anda dan partner bisnis sudah menemukan titik kesepahaman, maka langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah.

Kerja sama dengan seseorang yang memiliki sebuah tujuan yang sama tentu saja akan memberikan efek baik untuk semua sisi. Anda akan lebih mudah melakukan koordinasi, mengomunikasikan semua hal yang terkait dengan promosi atau detail produk. Kecocokan visi dan misi dalam komunikasi bisnis menjadi sebuah tolok ukur untuk perbaikan kebutuhan bisnis di masa yang akan datang.

4. Punya Profesionalitas dan Kredibilitas

Seorang pebisnis adalah sosok yang harus bisa diandalkan. Anda harus menampakkan profesionalitas kerja. Baik dari segi manajemen waktu, kesigapan dalam berpikir dan bertindak, serta kemampuan untuk mengendalikan diri.

Komunikasi bisnis adalah penyampaian sebuah solusi yang membutuhkan telinga untuk mendengar, maka Anda harus bisa memposisikan diri dengan baik.

Kredibilitas Anda sebagai pribadi akan berdampak pula pada kredibilitas bisnis Anda. Seberapa besar Anda dikenal khalayak, maka kesempatan Anda sama besarnya dengan personal branding yang telah terbentuk. Meski branding adalah hal yang tak mudah, tetapi Anda bisa mengusahakannya agar banyak orang yang segera menyadarinya.

5. Fokus Pada Solusi Permasalahan

Menjalankan bisnis adalah kesempatan untuk mengembangkan diri dengan lebih baik. Dalam perjalanannya akan banyak duri yang menghadang. Sebagai seorang pebisnis yang dituntut punya komunikasi bisnis yang baik, maka Anda harus selalu fokus memecahkan masalah. Langkah-langkah perbaikan harus terus dilakukan.

Komunikasi dengan tim internal perusahaan akan memberikan gambaran menyeluruh terkait kekurangan yang masih timpang. Anda bisa duduk bersama dengan staf untuk mencari jalan keluar terbaik atas kemungkinan masalah yang ditimbulkan.

6. Punya Kerangka Berpikir

Pebisnis yang bijak harus selalu memiliki kerangka berpikir sukses. Jika Anda berupaya melakukan presentasi bisnis kepada calon rekanan untuk perusahaan, maka Anda wajib memahami topik pembahasan yang akan dibicarakan. Perkirakan beberapa jenis pertanyaan yang mungkin akan mendatangkan bahan diskusi yang panjang.

7. Informatif dan Berwawasan

Seseorang yang hendak mengoptimalkan komunikasi vertikal dan horizontal harus menguasai semua aspek diskusi yang akan jadi bahan perbincangan. Cara menyampaikan pesan juga harus informatif, sehingga tujuan dari diskusi dengan semua pihak bisa mengena secara maksimal pula.

Owner bisnis yang berwawasan juga akan lebih peka ketika melihat situasi. Ia akan membuka peluang untuk lawan bicaranya menyampaikan segala hal yang diperlukan selama pertemuan. Hal ini tentu akan menjadi salah satu kunci keberhasilan komunikasi bisnis, yakni agar mendapatkan kesimpulan atas diskusi yang terjadi.

8. Melakukan Kerja Sama dan Kolaborasi

Komunikasi bisnis yang berhasil akan membawa kerja sama yang baik antar beberapa pihak. Untuk kesuksesan usaha Anda, kolaborasi dan kerja sama juga menjadi salah satu faktor yang akan memajukan bisnis ke arah yang lebih baik. Jika komunikasi dengan partner Anda berjalan mulus, maka kontrak kerja sama untuk menaikkan branding Anda akan terbuka lebar.

Branding adalah salah satu hal yang wajib dibangun ketika Anda memutuskan untuk mengembangkan sebuah usaha. Bagaimana citra dan ciri khas yang ingin Anda tonjolkan pada produk Anda? Apa kelebihan produk Anda dibandingkan kompetitor? Siapa yang akan membeli produk Anda?

9. Tidak Merasa Paling Benar

Komunikasi adalah kesalingan berbicara yang bisa menjadi pijakan dalam bertindak dan memperbaiki hal-hal teknis dan nonteknis dalam perusahaan. Jika komunikasi dilakukan dengan rekan kerja, maka Anda harus bisa memposisikan diri sebagai orang yang mau menerima kritik dan saran, bukan hanya mau menang sendiri.

Jika komunikasi melibatkan staf dan karyawan yang bertugas, pastikan Anda benar-benar bisa mendengarkan keluhan atau permasalahan yang dihadapi selama di lapangan. Laporan yang terperinci akan memaksa Anda untuk berbenah dengan saran dan masukan dari berbagai pihak. Dengan demikian, tujuan komunikasi bisnis akan lebih mudah tercapai,

10. Tidak Menyalahkan Orang Lain

Berkaitan dengan beberapa poin sebelumnya, bahwa bisnis owner harus bisa menahan diri dan fokus pada solusi. Jangan menyalahkan orang lain atau menyalahkan keadaan atas kekurangan yang terjadi selama bisnis berjalan.

Justru, seharusnya, kekurangan tersebut bisa menjadi pijakan untuk berbenah lebih baik. Mulai dari perkara teknis hingga masalah non teknis. Jika Anda terlalu sibuk menyalahkan orang lain, maka secara tidak langsung juga akan menghambat kinerja tim untuk bergerak maju. Maka, hal ini harus diwaspadai.

Memaksimalkan komunikasi bisnis untuk kesuksesan usaha dengan teknik yang tepat tentu akan memudahkan Anda untuk menjalin relasi. Ketika Anda bisa menjadikan komunikasi sebagai sarana menyampaikan maksud dengan cara yang baik, maka kesempatan untuk menaikkan branding produk Anda juga akan semakin besar.