Prinsip Bisnis Perusahaan Jepang yang Pantas Ditiru Demi Kesuksesan

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Alasan Perusahaan Jepang Bertahan Lama

Perusahaan Jepang terhitung sebagai salah satu kekuatan ekonomi penting di dunia. Ada beberapa alasan khusus yang membuat perusahaan-perusahaan Jepang jadi menarik untuk dibahas.

Salah satunya adalah menjunjung tinggi tradisi dan fokus terhadap kualitas. Hal ini patut dicontoh bagi siapapun yang ingin mendirikan bisnis atau usaha.

Jika Anda ingin membuat bisnis, ada baiknya mempelajari prinsip apa saja yang digunakan perusahaan Jepang agar tetap bertahan dan sukses hingga kini.

Dalam artikel kali ini, KiriminAja akan membahas apa saja perusahaan terbesar Jepang, alasan perusahaan-perusahaan tersebut bertahan serta tips supaya bisnis usaha Anda bertahan dan berkembang lebih maju.

Jadi, mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Daftar Perusahaan Terbesar dan Terbaik Jepang Hingga Kini

Nama-nama perusahaan di bawah ini mungkin sudah tidak asing di telinga kita, namun mungkin ada beberapa juga yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Mari kita bahas bersama-sama apa saja perusahaan Jepang tersebut:

Toyota Motor

Toyota Motor Corporation merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Pendapatan dari perusahaan ini sekitar 274 miliar dolar pada tahun 2020. Toyota motor mempekerjakan sekitar 365 ribu orang.

Toyota sendiri didirikan pada tahun 1933 dan terkenal dengan beberapa produknya seperti Toyota Camry, Corolla, dan Prius.

Panasonic Corporation

Anda mungkin bisa melihat produk Panasonic ini ada di mana-mana bahkan secara tak sadar Anda menggunakan produk ini. Berdiri pada tahun 1918 hingga kini dengan pekerja sebanyak 260 ribu orang, Panasonic mempunyai pendapatan sekitar 70 miliar dolar.

Produk-produknya fokus pada barang rumah tangga seperti televisi, kamera dan barang elektronik lainnya.

Honda Motor Co,. Ltd

Merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan pendapatan sekitar 77 miliar dolar. Honda berdiri pada tahun 1946 dengan ratusan ribu pekerja hingga saat ini.

Tak heran jika pendapatannya bisa sebesar itu dengan produk yang dijualnya seperti Honda Civic, Cr-V, dan Accord.

Nintendo Co., Ltd

Nintendo adalah perusahaan dalam bidang game konsol paling terkenal dan besar di dunia. Pendapatannya mencapai 15 miliar dolar dan telah berdiri sejak 1889.

Produk-produk Nintendo banyak digemari seperti game-game terkenal Super Mario Bros, The Legend of Zelda, dan Pokemon yang saat ini pemainnya semakin banyak di dunia.

Perusahaan-perusahaan Jepang lainnya juga masih banyak seperti di atas. Namun pertanyaannya, apa yang membuat mereka bertahan begitu lama dan terus berkembang hingga menjadi sukses seperti sekarang ini? Berikut jawabannya.

Faktor yang Membuat Perusahaan Jepang Bertahan Lama dan Sukses

Ada beberapa faktor yang membuat perusahaan Jepang sukses seperti sekarang ini. Faktor-faktor ini juga membuat mereka bertahan pada arus perubahan zaman, seperti berikut ini:

Budaya Kerja Keras Tinggi

Jepang terkenal dengan orang-orangnya yang mempunyai etos kerja tinggi. Selain itu adanya komitmen untuk menjaga kualitas produk dan layanan. Mereka juga disiplin dan tekun.

Maka tak heran jika banyak perusahaan jepang berumur panjang bahkan sampai ratusan tahun.

Berfokus pada Inovasi

Faktor yang membuat perusahaan Jepang tetap bertahan adalah adanya inovasi yang terus menerus sesuai perubahan zaman. Mereka selalu berusaha untuk meningkatkan varietas produknya dengan penyesuaian kebutuhan konsumen.

Maka dari itu, dengan adaptasi yang pas perusahaan mereka bisa bertahan lama hingga kini.

Fokus Pada Kualitas

Selain itu perusahaan Jepang juga sangat mengedepankan kualitas. Hal ini merupakan sesuatu yang penting dalam bisnis. Maka dari itu mereka bisa bertahan dan berkembang sukses seperti sekarang ini.

Bisnis Anda Bisa Bertahan Jika Berkembang Dengan Hal-hal Ini

Prinsip dan faktor di atas bisa Anda terapkan dalam bisnis yang sedang dirintis jika ingin sukses dan tetap bertahan serta bisa bersaing dengan banyak kompetitor. Ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisnis yang lancar, seperti di bawah ini:

  • Memiliki produk dan layanan berkualitas tinggi
  • Ada rencana bisnis yang baik
  • Manajemen efisien dan efektif
  • Adanya budaya organisasi yang kuat
  • Mengembangkan pasar global
  • Fokus pada pelanggan
  • Beradaptasi dengan perubahan zaman
  • Mementingkan kepuasan pelanggan
  • Menanggapi feedback dengan cara yang baik
  • Disiplin dan tekun mulai dari hal terkecil sekalipun
  • Melakukan evaluasi tiap bulan
  • Bertujuan besar dibarengi rencana dan strategi yang matang
  • Serta tetap semangat dengan membuat inovasi yang besar

Hal-hal di atas perlu Anda lakukan dan pertahankan jika ingin membuat bisnis bertahan dan sukses. Anda juga bisa mencontoh prinsip perusahaan Jepang seperti di atas.

Seperti yang kita ketahui, pelanggan adalah aset utama dalam bisnis, sebab dengan adanya pelanggan roda perputaran bisnis akan terus bergulir dan mendatangkan keuntungan besar.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat senang sehingga bisnis akan berjalan lancar. Cara-cara tersebut seperti memberikan diskon, memberikan pelayanan yang ramah, menyediakan produk berkualitas tinggi dan lain sebagainya.

Namun di zaman serba online sekarang ini, pelanggan cenderung puas jika barang yang dibelinya sampai dengan cepat ke tangan mereka. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan hal ini.

Dengan mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja, Anda akan mendapatkan layanan manajemen logistik dengan harga hemat. Iya, KiriminAja menyediakan banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Selain itu, manajemen order melalui dashboard akan lebih mudah sehingga tidak merepotkan Anda dalam berbisnis. KiriminAja sebagai agregator logistik dan teman bisnis Anda akan selalu mendukung dan membersamai jalannya bisnis yang sedang berjalan.

Jadi, tak perlu ribet lagi dalam mengirim barang dengan cepat. Semuanya pun akan jadi lebih praktis. #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.