Pesaing Usaha Adalah Partner Bisnis yang Yu Briik My hart, Brik Myy Haf

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Analisis Pesaing Usaha

Kompetitor atau pesaing usaha adalah pihak yang menawarkan produk dengan target pasar yang sama dengan bisnis Anda.

Tidak dipungkiri, kehadiran pesaing merupakan hal lumrah yang akan dihadapi oleh para pelaku bisnis. Meskipun demikian, Anda harus dapat bersikap profesional dalam menghadapi pesaing usaha.

Selain itu, pastikan juga Anda tetap meningkatkan strategi bisnis agar bisa bersaing secara sehat di pasar. Berikut telah KiriminAja rangkum pembahasan terkait cara menghadapi pesaing usaha secara profesional.

Bagaimana Sikap Kita Terhadap Pesaing Usaha?

Sebagai pelaku bisnis yang profesional, sikap yang baik terhadap pesaing usaha adalah tetap bersaing secara sehat dan fair. Berikut beberapa sikap yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Hindari tindakan tidak fair seperti mencuri rahasia bisnis atau meniru produk pesaing dengan cara yang tidak etis.
  • Fokus pada keunggulan bisnis sendiri dan bukan hanya membandingkan diri dengan pesaing.
  • Tetap mengikuti perkembangan industri dan inovasi terbaru agar dapat bersaing dengan baik.
  • Jangan mengabaikan pelanggan hanya untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Fokus untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
  • Jangan mencaci maki atau mempermalukan pesaing secara publik. Hal ini dapat mencerminkan citra buruk pada bisnis Anda.
  • Jangan ragu untuk belajar dari pesaing. Observasi dan analisis terhadap pesaing dapat memberikan inspirasi dan ide baru bagi perusahaan.

Dengan mengetahui cara menghadapi pesaing usaha dan menjaga sikap yang fair dan profesional terhadap pesaing usaha, Anda dapat membangun reputasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan stakeholder lainnya.

Cara Menghadapi Pesaing Usaha Secara Profesional

Berikut beberapa cara menghadapi pesaing usaha secara profesional:

Fokus pada Keunggulan Bisnis Sendiri

Pertama, Anda harus tetap fokus pada bisnis Anda sendiri dengan memperhatikan kualitas dan keunikan yang bisa ditawarkan produk Anda. Sehingga, secara tidak langsung Anda juga dapat tetap bersaing secara sehat. 

Lakukan Analisis Pesaing

Lakukan analisis terhadap pesaing Anda dengan memperhatikan aspek produk dan layanan, kekuatan dan kelemahan, serta strategi marketing mereka. Hal ini dapat membantu Anda merumuskan strategi bisnis yang lebih efektif.

Berikan Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

Jangan terlalu fokus untuk menyaingi harga pesaing, tetapi fokus untuk memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik daripada pesaing. Hal ini dapat membuat pelanggan lebih loyal kepada bisnis Anda.

Inovasi

Jangan takut untuk berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru. Inovasi dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing, dan membawa nilai tambah bagi pelanggan Anda.

Jalin Hubungan dengan Pesaing

Bekerja sama dengan pesaing dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Misalnya, kolaborasi dalam riset dan pengembangan atau dalam kampanye promosi.

Untuk informasi tambahan terkait cara menghadapi pesaing usaha, Anda dapat mengunjungi uraian bagaimana cara menghadapi kompetitor bisnis yang fair, mudah, dan tetap menguntungkan.

Berikan Copywriting Menarik

Membuat copywriting memang bukan hal mudah. Padahal kata-kata promosi ini adalah ujung tombak menarik minat audiens Anda.

Karena itulah, kami membuat kamus rujukan kata-kata promosi produk untuk referensi Anda. Setidaknya dari kamus itu, Anda bisa menerapkan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Cara Menganalisis Pesaing Usaha

Berikut beberapa strategi untuk menganalisis pesaing usaha yang telah KiriminAja rangkum:

Identifikasi Pesaing

Identifikasi pesaing utama dalam industri Anda. Lakukan riset tentang pesaing yang memiliki produk serupa atau menargetkan pasar yang sama.

Tinjau Situs Web Pesaing

Tinjau situs web pesaing dan analisis cara bagaimana mereka memposisikan produk. Pelajari bagaimana pesaing Anda menjalankan bisnis, menawarkan produk, serta strategi pemasarannya.

Analisis Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Cari tahu apa yang pesaing Anda lakukan dengan baik dan di mana mereka kurang unggul. Hal ini dapat membantu Anda menemukan celah dan peluang untuk memperbaiki produk dan meningkatkan strategi bisnis Anda.

Lakukan Riset Pelanggan

Pelajari perilaku pembelian dan preferensi pelanggan Anda. Serta, pelajari juga bagaimana pesaing Anda menarik dan mempertahankan pelanggan mereka.

Analisis Harga

Tinjau harga produk pesaing dan bandingkan dengan harga yang Anda tawarkan. Hal ini dapat membantu Anda menentukan strategi harga yang tepat.

Analisis Media Sosial

Pelajari bagaimana pesaing Anda menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menarik pelanggan, dan membangun merek mereka.

Gunakan Alat Analisis Pesaing

Gunakan alat analisis pesaing seperti SEMrush, Ahrefs, atau SimilarWeb untuk membantu melacak kinerja pesaing Anda, mengidentifikasi kata kunci, dan mengetahui asal traffic mereka.

Contoh Pesaing Usaha

Contoh pesaing usaha dapat berbeda-beda tergantung jenis industri atau bisnis yang Anda jalankan. Berikut contoh pesaing usaha dalam beberapa industri yang umum:

  • Industri makanan dan minuman: McDonald's vs. Burger King, Coca-Cola vs. Pepsi, Starbucks vs. Dunkin' Donuts.
  • Industri teknologi: Apple vs. Samsung, Microsoft vs. Google, IBM vs. Oracle.
  • Industri otomotif: Toyota vs. Honda, Ford vs. Chevrolet, BMW vs. Mercedes-Benz.
  • Industri retail: Amazon vs. Walmart, Target vs. Costco, Best Buy vs. GameStop.
  • Industri farmasi: Pfizer vs. GlaxoSmithKline, Merck vs. Johnson & Johnson, Novartis vs. Roche.
  • Industri perbankan: Bank of America vs. JPMorgan Chase, Citigroup vs. Wells Fargo, Goldman Sachs vs. Morgan Stanley.

Setiap industri memiliki persaingan yang unik dan kompleks.  Dengan menganalisis pesaing yang tepat dapat membantu Anda memahami pasar dan menciptakan strategi bisnis yang lebih efektif.

Apalagi perspektif dan emosi konsumen menjadi sangat krusial. Misalnya, ada perbedaan ongkir antara bisnis Anda dengan kompetitor. Anda memberikan free ongkir, kompetitor me-charge ongkir di harga 2.000 rupiah.

Walaupun biaya ongkir hanya 2.000, konsumen tetap akan memilih bisnis yang memberi free ongkir.

Iya, banyak konsumen yang berharap mendapat jasa kirim paket reliable dengan harga paling murah. Sayangnya, soal servis kirim paket ini sering diabaikan oleh pebisnis online.

Untuk itulah, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan berbagai fitur inovatif KiriminAja. Salah satu contoh fitur inovatif itu bernama COD Advance. 

Dengan fitur tersebut, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.