Efektifkah Promosi Produk Menggunakan Website? Yuk, Bahas Lengkap

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
Perluna Promosi Produk Via Website

Promosi produk yang menggunakan website disebut sebagai salah satu strategi digital marketing secara holistik. Karena itu, promosi produk di website harus diikuti promosi produk di kanal marketing lain.

Tujuannya tentu untuk memperluas jangkauan pasar agar penjualan dapat terus meningkat. Namun, apa saja sih benefit lain yang didapatkan dari promosi produk melalui website?  

Dalam artikel ini telah KiriminAja rangkum pentingnya promosi produk di website, cara promosi produk di website, dan cara membuat website toko online.

Yuk simak penjelasannya sampai akhir...

Pentingnya Mempromosikan Produk Menggunakan Website

Sebagai salah satu strategi digital marketing, penggunaan website sebagai media promosi perlu dipertimbangkan untuk bisnis Anda.

Dengan menerapkan strategi ini, bisnis Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan menargetkan audiens yang tepat secara efektif.

Berikut beberapa alasan pentingnya mempromosikan produk lewat website:

Memperluas Jangkauan Pasar

Dengan promosi menggunakan website, Anda dapat memperluas jangkauan pasar secara signifikan. Sebab, website sendiri dapat dijangkau oleh siapa saja secara global.

Menghemat Biaya Promosi

Promosi produk melalui website bisa lebih hemat biaya daripada menggunakan metode promosi konvensional, seperti iklan di media cetak atau TV.

Meningkatkan Kredibilitas

Dengan memiliki website resmi yang profesional, pelanggan potensial dapat merasa lebih percaya dan yakin dengan produk Anda.

Mudah Diakses

Website memungkinkan pelanggan membeli produk Anda secara fleksibel karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Analisis Performa yang Mudah

Website juga memungkinkan untuk melacak performa promosi produk dan melihat statistik kunjungan secara real-time. Sehingga Anda dapat menentukan strategi promosi yang lebih efektif di masa depan.

Menjangkau Pelanggan Potensial yang Lebih Luas

Dengan menggunakan teknik SEO dan media sosial, Anda dapat menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas dan menargetkan audiens yang tepat secara lebih efektif.

Dengan promosi produk di website, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis, menghemat biaya promosi, meningkatkan kredibilitas, meningkatkan aksesibilitas, dan mendapatkan analisis performa yang lebih mudah. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan.

Cara Promosi Produk di Website Secara Efektif

Selanjutnya, Anda perlu menentukan strategi agar penggunaan website sebagai media promosi produk dapat lebih optimal.

Berikut beberapa cara untuk melakukan promosi produk menggunakan website:

Optimalkan SEO

Dengan mengoptimalkan SEO (Search Engine Opimization), website Anda dapat mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang relevan dalam konten website, memperbaiki tautan internal dan eksternal, meningkatkan kecepatan website, dan lain-lain.

Buat Konten Berkualitas

Buat konten yang informatif dan relevan dengan produk Anda. Hal ini bisa berupa artikel, video, atau gambar yang menarik perhatian pengunjung website Anda.

Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan lainnya untuk mempromosikan produk Anda. Jangan lupa untuk menaruh link website dalam bio atau postingan di media sosial untuk mengarahkan pengunjung ke website.

Tawarkan Promo Khusus

Berikan tawaran spesial, seperti diskon atau gratis ongkos kirim, yang hanya tersedia melalui website Anda. Hal ini akan mendorong audiens untuk membeli produk Anda.

Tambahkan Fitur Pembelian Online

Pastikan website Anda memiliki fitur pembelian online yang mudah digunakan dan aman. Dengan fitur ini, konsumen dapat membeli produk Anda langsung melalui website tanpa harus keluar dari halaman web.

Hal ini menjadikan website Anda bukan hanya sekadar media promosi, tapi juga sebagai online store. Cara membuatnya akan kita bahas di part selanjutnya.

Gunakan Email Marketing

Gunakan email marketing untuk mengirim newsletter atau promo produk terbaru kepada pelanggan yang telah berlangganan melalui website Anda.

Gunakan Google Ads

Gunakan iklan Google Ads untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Iklan ini akan muncul di bagian atas hasil pencarian Google dan menarik perhatian pengunjung potensial

Dengan mengoptimalkan website dan menggunakan strategi pemasaran digital lainnya, Anda dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk.

Cara Membuat Website Lewat KiriminAja

Kabar baiknya, Anda juga dapat membuat website untuk toko online lewat KiriminAja lho. Apalagi caranya mudah tanpa perlu coding, lebih hemat, aman, dan nyaman.

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat website toko online lewat KiriminAja:

  • Buka website KiriminAja (www.kiriminaja.com) dan klik tombol "Daftar" di pojok kanan atas.
  • Isi data pendaftaran seperti nama, alamat email, dan password, atau Anda dapat langsung mendaftar dengan akun Google atau Facebook.
  • Setelah berhasil mendaftar, klik "Buat Toko" dan pilih nama toko serta kategori produk yang akan dijual.
  • Pilihlah template toko yang sesuai dengan preferensi Anda, atau juga dapat membuat toko dari awal.
  • Atur halaman toko seperti deskripsi toko, informasi kontak, dan informasi pengiriman.
  • Unggah produk ke dalam toko Anda, mulai dari memberikan nama produk, harga, stok, kategori, deskripsi, dan gambar.
  • Atur pembayaran dan pengiriman yang akan digunakan oleh pelanggan.
  • Aktifkan toko Anda dan promosikan melalui media sosial atau pemasaran online lainnya.
  • Kelola toko dengan teratur dengan menambahkan produk baru, memperbarui konten, memperbaiki bug, dan memperbarui keamanan website.

Sebagai manajemen jasa kurir satu pintu, KiriminAja bisa mendukung promosi produk di website dengan layanan jasa ekspedisi 1 pintu. 

Tidak hanya membantu mengirimkan barang dengan mudah dan cepat, tetapi juga memudahkan transaksi keuangan bisnis Anda.

KiriminAja menyediakan fitur term of payment yang memungkinkan Anda untuk menentukan ketentuan pembayaran yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan pembayaran dan dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Yuk, bergabung dengan ratusan online seller yang menikmati layanan KiriminAja. Anda akan menikmati kemudahan transaksi dalam berbagai jenis transaksi bisnis bersama KiriminAja. Cukup klik dashboard KiriminAja untuk mendaftar dan menjadi member KiriminAja. 

Dapatkan juga berbagai layanan kurir, manajemen stok, transaksi term of payment yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda lebih jauh. Jangan lewatkan kesempatan menjaga #CashFlowAman demi bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.