Kenapa Bisnis Pakai Banyak Sales Force untuk Meningkatkan Penjualan?

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Tugas sales force terlengkap

Salah satu indikator bisnis sukses adalah bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan secara terus menerus. Sales force sebagai tim penjualan dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. 

Point utamanya, sales force adalah ujung tombak sebuah bisnis dalam melakukan penjualan.

Apa Itu Sales Force?

Sales force adalah tim yang bertanggung jawab dalam proses penjualan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Tugas mereka adalah memastikan penjualan tetap terjadi agar keberlangsungan bisnis tetap berjalan.

Selain itu, fungsi utama mereka adalah menjaga semua komponen penting dalam penjualan. Sehingga, sales force biasanya menyusun strategi dan menerapkannya untuk mencapai target penjualan tertentu.

Kegiatan sales force biasanya berupa menyusun strategi penjualan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan mempelajari respon pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Apa Tugas Sales Force?

Setelah memahami pengertiannya, selanjutnya kita pelajari apa saja tugas sales force. Berikut penjelasannya.

Menjual Produk atau Jasa

Tugas utama sales force adalah melakukan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Mereka dapat menggunakan strategi yang disepakati bersama untuk memastikan konsumen mau membeli produk Anda.

Sebagai pelaku usaha, Anda juga perlu terlibat dalam proses perancangan strategi. Sehingga, Anda dapat memantau strategi yang mereka jalankan.

Memenuhi Target Penjualan

Dalam menyusun strategi penjualan, sales force harus menentukan target penjualan yang harus dicapai. Selain itu, mereka juga harus memastikan target tersebut dapat tercapai.

Selain dapat meningkatkan angka penjualan, adanya target juga dapat menjadi acuan untuk melihat kinerja tim sales forces. Sehingga, Anda dapat menilai sekaligus memberikan evaluasi kinerja mereka. 

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Untuk memastikan angka penjualan tidak turun, sales force perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sebab, pelanggan menjadi komponen penting agar bisnis tetap berjalan. 

Sales force dapat mencoba berbagai strategi yang cocok untuk bisnis Anda. Seperti memberikan penawaran yang menarik, memberikan bonus atau diskon khusus untuk pelanggan, menampung respon dari pelanggan, dan sebagainya. 

Selain dapat meningkatkan penjualan, hubungan baik dengan pelanggan juga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk Anda. Sehingga mereka akan melakukan pembelian terus menerus. 

Membuat Laporan Penjualan

Tugas sales force yang terakhir adalah membuat laporan penjualan dalam periode tertentu. Misalnya setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. 

Selain itu, sales force juga perlu mengkomunikasikan laporan tersebut ke berbagai manajer agar dapat menjadi evaluasi bersama. Serta dapat meningkatkan kinerja tim dalam perusahaan. 

Apa Manfaat Sales Force?

Sales force memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda. Diantaranya sebagai berikut. 

Meningkatkan Angka Penjualan

Tujuan utama dibuatnya sales force adalah untuk meningkatkan penjualan. Sehingga, dengan dibuatnya sales force diharapkan terdapat peningkatan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Memberikan Pelayanan yang Maksimal untuk Pelanggan

Salah satu strategi sales force adalah meningkatkan penawaran kepada pelanggan. Tujuan agar pelanggan mau membeli produk Anda. Dengan demikian, secara tidak langsung sales force dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. 

Merampingkan Proses Administrasi Tim Sales dan Marketing

Dengan adanya sales force, proses administrasi tim sales dan marketing lebih jelas dan terukur. Sehingga aktivitas penjualan dalam berjalan lancar. 

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Manfaat lain dari sales force adalah terjaganya hubungan baik dengan pelanggan. Ini menjadi hal penting karena pelanggan menjadi salah satu indikator penjualan. 

Memperoleh Laporan Penjualan Secara Detail

Sales force bertugas membuat laporan penjualan secara berkala. Sehingga akan memudahkan untuk mencari informasi penjualan secara detail. 

Monitoring Kegiatan Tim Penjualan

Melalui laporan penjualan, Anda dapat menilai kinerja tim sales force. Sehingga dapat dibuat evaluasi untuk memperbaiki sistem kedepannya. 

Apa Saja Struktur Sales Force Agar Penjualan Meningkat? 

Berikut beberapa struktur yang harus ada dalam sales force agar penjualan bisnis Anda dapat meningkatkan. 

Sumber Daya

Sales force berupa tim yang dirancang untuk mengelola penjualan bisnis Anda. Sehinga, Anda perlu memiliki sumber daya yang kompeten agar tujuan dapat tercapai. 

Untuk mendapatkannya, Anda dapat melakukan proses rekrutmen yang selektif. Kemudian Anda juga perlu mendevelop sumber daya yang sudah ada agar semakin berkembang.

Teknologi

Berkembangnya berbagai teknologi dapat Anda manfaatkan untuk menunjang kinerja sales force. Sehingga proses penjualan dapat berjalan dengan praktis dan efektif. 

Salah satu contohnya adalah Anda memanfaatkan platform KiriminAja untuk mengotomatisasikan pengiriman produk ke konsumen. Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja menawarkan berbagai kemudahan dalam proses penjualan. 

Sales force dapat menjadikan KiriminAja sebagai daya tawar kepada konsumen. Sehingga konsumen yakin bahwa produk yang akan dibeli ditangani oleh platform yang reliable.

Integrasi

Integrasi di sini adalah penggabungan antara sumber daya dan teknologi yang ada. Maksudnya adalah bagaimana sumber daya yang dimiliki mampu memanfaatkan teknologi tersebut. 

Seorang sales force harus memiliki integritas yang tinggi. Sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. 

KiriminAja untuk Sales Force Bisnis yang Lebih Potensial dan Maju

Pernahkah Anda kesulitan mengirimkan produk ke konsumen karena kendala harga mahal dan layanan buruk? Jika iya, kondisi itu akan memperburuk kondisi sales force Anda.

Kenapa? Karena layanan jasa kurir merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen saat membeli produk.

Berangkat dari kondisi tersebut, KiriminAja hadir untuk memenuhi kebutuhanmu dalam hal pengiriman paket. KiriminAja adalah platform manajemen jasa pengiriman paket satu pintu yang memberikan harga hemat dan layanan reliable. 

Dengan KiriminAja, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang ongkir mahal dan layanan yang tidak memuaskan. Sebab, KiriminAja menawarkan harga terjangkau dan layanan yang handal. Sehingga Anda bisa tetap bisa menjaga #CashFlowAman demi bisnis jadi tenang.

Menggunakan KiriminAja sebagai layanan manajemen jasa ekspedisi reliable berarti sales force Anda akan memiliki daya tawar lebih saat menjual produk. 

Konsumen bisnis Anda akan merasa lebih percaya dan puas karena produk yang dibeli dapat diantarkan dengan cepat dan aman.

Selain itu, Anda juga akan bergabung dengan 200.000++ pelaku bisnis online yang memakai KiriminAja untuk memajukan bisnisnya.

Lalu, tunggu apa lagi? Yuk, mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan mendapatkan layanan reliable KiriminAja. 

Bersama KiriminAja, sales force bisnis Anda lebih potensial menjangkau konsumen dan melakukan penjualan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.