Pengertian Search Absolute Impression Rate: Tutorial Lengkap A-Z

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
cara melihat search absolute impression rate

Search Absolute Impression Rate adalah istilah yang digunakan dalam digital marketing untuk mengukur seberapa sering iklan atau konten Anda muncul dalam hasil pencarian mesin telusur (search engine).

Sehingga, dengan mengukur Search Absolute Impression Rate, Anda dapat melihat sejauh mana konten Anda terekspose kepada audiens yang relevan.

Yuk, pelajari lebih lanjut apa itu Search Absolute Impression Rate, cara melihat Search Absolute Impression Rate, dan cara meningkatkan Search Absolute Impression Rate.

Pengertian Search Absolute Impression Rate

Search Absolute Impression Rate adalah istilah yang digunakan dalam digital marketing untuk mengukur seberapa sering iklan atau konten Anda muncul dalam hasil pencarian mesin telusur (search engine). 

Istilah ini mengacu pada persentase impresi yang dihasilkan oleh iklan atau konten Anda dalam halaman hasil pencarian, terlepas dari apakah pengguna melakukan tindakan selanjutnya seperti mengkliknya atau tidak.

Search Absolute Impression Rate ini dihitung dengan membagi jumlah impresi iklan atau konten dengan jumlah keseluruhan tampilan halaman hasil pencarian. 

Secara sederhananya, hal ini menggambarkan seberapa sering iklan atau konten Anda muncul ketika pengguna melakukan pencarian tertentu. 

Sehingga, dengan mengukur Search Absolute Impression Rate, Anda dapat melihat sejauh mana konten Anda terekspose kepada audiens yang relevan. 

Meskipun tidak memberikan informasi tentang tindakan pengguna setelah melihat konten tersebut, Search Absolute Impression Rate memberikan gambaran tentang seberapa baik sebuah iklan atau konten tampil di halaman hasil pencarian dan potensi eksposur kepada pengguna yang mencari topik terkait.

Cara Melihat Search Absolute Impression Rate

Untuk melihat Search Absolute Impression Rate, Anda perlu mengakses platform iklan atau alat analitik yang digunakan untuk kampanye digital marketing Anda. 

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melihat Search Absolute Impression Rate:

• Masuk ke platform iklan atau alat analitik yang Anda gunakan, seperti Google Ads, Google Analytics, atau platform iklan lainnya.

• Temukan kampanye atau grup iklan yang ingin Anda periksa Search Absolute Impression Rate-nya.

• Di dalam kampanye atau grup iklan tersebut, cari metrik yang terkait dengan impresi atau tampilan iklan. Biasanya, metrik ini akan disebut “Impressions” atau “Views”.

• Hitung jumlah total impresi atau tampilan iklan atau konten Anda dalam periode waktu tertentu yang relevan.

• Temukan jumlah total tampilan halaman hasil pencarian untuk kata kunci atau frasa yang relevan dengan kampanye Anda. Untuk mendapatkan informasi ini, Anda dapat menggunakan alat analitik atau laporan dari mesin telusur/platform tempat Anda menayangkan iklan.

• Bagikan jumlah total impresi atau tampilan iklan dengan jumlah total tampilan halaman hasil pencarian. Kemudian, kalikan dengan 100 untuk mendapatkan Search Absolute Impression Rate dalam persentase.

Contoh perhitungan Search Absolute Impression Rate

Jumlah total impresi iklan: 500 

Jumlah total tampilan halaman hasil pencarian: 10.000

Search Absolute Impression Rate = (500 / 10.000) x 100 = 5%

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan data yang relevan dari platform iklan atau alat analitik, Anda dapat melihat Search Absolute Impression Rate untuk kampanye digital marketing Anda.

Cara Meningkatkan Search Absolute Impression Rate

Semakin tinggi angka Search Absolute Impression Rate, artinya semakin besar potensi  konten/iklan Anda dijangkau oleh target audiens.

Nah, untuk meningkatkannya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Pertama, buatlah konten yang relevan, bermanfaat, dan berkualitas tinggi. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian dan meningkatkan peluang eksposur kepada pengguna yang mencari topik terkait. 

Untuk itu, Anda dapat menggunakan pendekatan yang berfokus pada solusi untuk memecahkan masalah pengguna dan menawarkan informasi yang berharga.

Perbaiki Optimisi SEO

Dengan melakukan optimasi SEO konten Anda, kemungkinkan untuk muncul lebih banyak dalam halaman hasil pencarian semakin besar. Untuk itu, Anda perlu membuat kata kunci yang relevan, judul yang menarik, deskripsi yang informative, dan struktur URL yang bersih. 

Gunakan Strategi PPC (Pay-Per-Click)

Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads atau platform iklan lainnya untuk meningkatkan eksposur di halaman hasil pencarian. 

Perluas Jangkauan Kata Kunci

Identifikasi kata kunci yang relevan dan luaskan daftar kata kunci yang Anda targetkan. Utamnya, mencakup berbagai variasi kata kunci yang terkait dengan topik atau produk/jasa Anda.

Tingkatkan Aktivitas Media Sosial

Promosikan konten Anda melalui saluran media sosial yang relevan. Bagikan konten berkualitas tinggi secara teratur dan dorong pengguna untuk berinteraksi dan berbagi. 

Aktivitas media sosial yang aktif dapat meningkatkan popularitas dan visibilitas konten Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan muncul di halaman hasil pencarian.

Gunakan Metode Promosi Lainnya

Selain strategi SEO dan PPC, pertimbangkan untuk menggunakan metode promosi lainnya seperti promosi melalui email, pemasaran afiliasi, kolaborasi dengan influencer, atau berpartisipasi dalam diskusi atau forum yang relevan dengan topik Anda. 

Analisis dan Optimasi

Pantau dan analisis hasil kampanye Anda secara teratur. Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Search Absolute Impression Rate Anda dan perbaiki strategi Anda berdasarkan temuan tersebut. 

Tentu saja Search Absoluute Impressin Rate penting. Karena itulah kami hadirkan pembahasannya di atas untuk Anda. Hanya saja, untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, Anda tidak bisa bergantung pada 1 strategi saja.

Harus ada strategi lain yang menunjukkan ke konsumen bahwa bisnis Anda reliable. Salah satu layanan konsumen tersebut adalah memberi layanan kirim paket reliable.

Kenapa faktor kirim paket ini bisa mendukung kredibilitas bisnis Anda? Konsumen Indonesia cenderung sensitif dengan berbagai hal di proses kirim paket. 

Karena itulah, kami hadir mendukung bisnis Anda memberikan layanan kirim paket reliable.  Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis. 

Iya, kami ingin memudahkan berbagai bisnis, termasuk Anda, menjalankan sistem pengiriman paket reliable bagi konsumen dan tetap menguntungkan bisnis itu sendiri. 

Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan fitur manajemen produk dan pengaturan margin keuntungan. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur margin keuntungan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Dengan berbagai fitur KiriminAja, Anda dapat menjaga cash flow tetap aman dan fokus untuk menjangkau konsumen baru. 

Sedangkan untuk membantu mengelola operasional dan logistik bisnis Anda dengan efisien, biar kami yang mengurusnya.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Berita baiknya, mendaftar di dashboard KiriminAja sangatlah mudah dan gratis! Anda dapat mengakses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Jadi, yuk bergabung dengan KiriminAja di tahun ini untuk menjaga #CashFlowAman dan membuat bisnis Anda tetap tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.