Sebelum Memasang Iklan Digital, Cari Tau Dulu Apakah Iklan Digital itu?

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
135
Sebelum Memasang Iklan Digital, Cari Tau Dulu Apakah Iklan Digital itu?

Kehadiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, memberikan kemudahan untuk terhubung dengan mudah walaupun jarak memisahkan. Selain itu, saat ini teknologi banyak dimanfaatkan transaksi online. Lalu, apakah iklan digital itu?

Dengan hadirnya teknologi, para pengusaha terus-menerus melakukan inovasi dan mengubah cara berkomunikasi dalam bisnis mereka. Jika dulu iklan hanyalah cetakan brosur atau kolom di surat kabar dan majalah. Kini setiap perusahaan mulai beralih menggunakan iklan dalam bentuk digital.

Apakah Iklan Digital itu?

Apakah iklan digital itu? Sebagian orang pasti bertanya-tanya mengenai iklan digital marketing. Iklan digital adalah segala bentuk penayangan visual yang dapat membuat publik tertarik, muncul dalam bentuk penawaran persuasif lewat saluran berbayar online serta digital sponsor yang telah diidentifikasi.

Karakteristik Iklan Digital

· Sama dengan iklan pada umumnya, iklan juga digital berbayar.

· Iklan digital dapat diukur. Beberapa sponsor dapat menghitung ROI yang didapatkan.

· Mission oriented. Membuat iklan dengan tujuan tertentu, seperti untuk meningkatkan brand suatu produk.

· Didukung data. Iklan digital lebih unggul dari iklan konvensional. Iklan digital mampu menampilkan data tentang apa saja dan siapa saja target iklan tersebut, serta bagaimana interaksi dari pasar tentang iklan.

Jenis-jenis Iklan Digital

· Iklan mesin pencari

Iklan ini memanfaatkan mesin pencari untuk media pemasarannya. Kamu pasti pernah mendapatkan penawaran ketika mencari suatau kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google.

Penawaran tersebut akan mengantarkan kamu ke sebuah situs milik perusahaan yang berkaitan dengan apa yang sedang di cari. Iklan seperti inilah yang dikenal dengan iklan pencarian.

· Display Ads

Display Ads adalah jenis iklan yang sering ditemui jika sedang berselancar di dunia maya. Iklan ini terdiri dari gambar, teks, ataupun animasi yang ditampilkan sebagai banner atau spanduk untuk situs tertentu.

· Native Ads

Apakah iklan digital Native Ads itu? Native Ads merupakan jenis iklan yang menghasilkan interaksi lebih baik dari iklan jenis lainnya. Iklan ini disamarkan sedemikian rupa sehingga dapat menyatu dengan konten. Sifatnya yang dapat menyesuaikan dengan struktur dan fungsi platform, membuat jenis iklan ini diterima dengan baik dan hasil umpan baliknya juga baik.