SOP Adalah Aturan yang Bikin Kerjaan & Pacaran Bisa Jalan Harmonis

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
contoh-sop-adalah

Bisnis yang berjalan lancar tentunya mempunyai SOP kerja yang runtut dan rinci. Namun sering kali, SOP adalah hal yang sering diabaikan oleh para seller pemula.

Mereka sering berpikiran bahwa usaha yang kecil tak perlu menggunakan SOP yang terinci secara baik dan benar, cukup seadanya dan dilakukan sesuai kemampuan.

Anda harus mengetahui bahwa mindset di atas bukanlah hal yang benar, malah akan merugikan bisnis Anda kedepannya.

SOP adalah salah satu metode pengaturan bisnis secara mendasar, bisa dibilang SOP adalah nyawa dari bisnis dan kegiatan operasional itu sendiri.

Maka, jika Anda ingin bisnis berjalan dengan lancar, mulailah dari hal kecil seperti menggunakan SOP yang sesuai, benar, dan tepat.

Dalam artikel kali ini, KiriminAja akan berusaha menjelaskannya kepada Anda apa itu SOP, apa tujuan dan contohnya.

Pengertian dan Definisi Apa Itu SOP Kerja?

Sebagai orang yang baru ingin terjun ke dunia bisnis atau yang sudah berkecimpung lama dalam bidang wirausaha, istilah SOP memang sudah tak asing lagi. Namun masih banyak yang mengabaikannya begitu saja. Ini tentunya akan sangat merugikan bisnis dalam jangka panjang.

SOP adalah singkatan dari  (Standard Operating Procedure) atau prosedur operasi standar. Hal ini mengartikan bahwa setiap kegiatan operasional dalam bisnis memiliki prosedurnya tersendiri dan harus dilakukan sesuai standar yang ada.

Dalam SOP, berisi berbagai macam panduan, petunjuk dan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menjalankan sebuah tugas atau pekerjaan secara sistematis.

SOP kerja biasanya mencakup langkah-langkah yang harus diikuti, alat, atau sumber daya yang harus digunakan, jangka waktu perhitungan dan bagaimana hasil yang diharapkan harus dicapai.

Mungkin terdengar sedikit rumit, namun jangan salah, SOP yang standar dan rinci akan membantu bisnis Anda terhindar dari kesalahan produksi atau lebih jauh lagi menghindarkan Anda dari kerugian jangka panjang.

Apa Tujuan Dibuatnya SOP?

SOP ada tentu saja bukan tanpa alasan, Anda harus mengetahui bahwa bisnis kecil maupun besar haruslah mempunyai SOP sebagai landasannya.

Berikut adalah tujuan dari dibuatnya SOP dalam perusahaan atau bisnis:

Menjamin Konsistensi

SOP membantu memastikan bahwa setiap tugas atau proses dijalankan dengan cara yang konsisten. Ini membantu memastikan bahwa hasil yang diharapkan selalu tercapai, dan semua orang melakukan pekerjaannya dengan cara yang sama.

Menghemat Waktu

Dengan memiliki SOP yang jelas dan terstruktur, semua orang tahu persis apa yang harus dilakukan, dan bagaimana melakukannya. Ini dapat menghemat banyak waktu dan mengurangi risiko kesalahan.

Mengurangi Risiko Kesalahan

Dalam banyak kasus, kesalahan dapat dihindari jika proses diterapkan dengan benar. Dengan mengikuti SOP yang tepat, risiko kesalahan dapat dikurangi.

Mengurangi Biaya

SOP dapat membantu mengurangi biaya dengan menghindari kesalahan yang berpotensi menyebabkan biaya tambahan atau hilangnya waktu yang berharga. Maka dari itu SOP sangat penting untuk mengatasi masalah keuangan.

Jika Anda mengalami masalah keuangan maka ada baiknya mencari solusi. Salah satu solusi masalah keruangan adalah menjalankan praktik SOP keuangan.

Anda perlu membaca uraian bagaimana SOP keuangan di tautan tersebut untuk memudahkan manajemen dan menghadapi masalah pembiayaan/keuangan lebih baik. 

Mempermudah Pelatihan

Dengan memiliki SOP yang jelas dan terstruktur, pelatihan dapat menjadi lebih mudah. Prosedur yang ditetapkan dalam SOP dapat digunakan sebagai pedoman untuk pelatihan baru.

Memperkuat Pengawasan

SOP dapat digunakan sebagai alat pengawasan dan pengendalian. Pada saat melakukan audit, SOP dapat digunakan sebagai pedoman untuk memeriksa apakah semua prosedur telah diikuti dengan benar.

Contoh SOP

Bagi Anda yang tak punya pengalaman dalam menyusun SOP untuk bisnis, berikut adalah contoh dari SOP yang bisa Anda tiru:

Nama SOP: Prosedur Penerimaan Barang di Gudang

Tujuan

  • Memastikan bahwa barang yang diterima di gudang sesuai dengan pesanan yang diberikan
  • Memastikan bahwa jumlah dan kualitas barang diterima sesuai dengan standar yang telah ditentukan
  • Ruang Lingkup
  • SOP ini berlaku untuk semua penerimaan barang di gudang

Prosedur

A. Penerimaan Barang

  • Memeriksa kondisi dan jumlah barang yang diterima dengan mengacu pada pesanan yang diberikan
  • Mencatat jumlah barang yang diterima pada dokumen penerimaan barang
  • Mengecek kualitas barang sesuai dengan standar yang telah ditentukan
  • Menerima barang dengan memberikan tanda tangan pada dokumen penerimaan barang

B. Rejection Barang

  • Jika ada barang yang rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, maka barang tersebut harus ditolak
  • Mencatat jumlah dan alasan penolakan pada dokumen penerimaan barang
  • Memberikan tanda tangan pada dokumen penerimaan barang sebagai tanda penolakan

C. Penyimpanan Barang

  • Menyimpan barang yang diterima di gudang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
  • Mencatat lokasi penyimpanan pada dokumen penerimaan barang
  • Dokumentasi
  • Dokumen penerimaan barang harus dicatat dengan benar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

D. Pelaporan

  • Melaporkan penerimaan barang yang telah diterima pada pihak yang berwenang untuk proses pembayaran atau inventarisasi

Itulah contoh SOP yang bisa Anda tiru dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang berjalan. Anda sekarang telah mengetahui bagaimana pentingnya SOP dalam dunia bisnis. Dengan SOP yang tepat dan terstandar bisnis pastinya lebih lancar dari sebelumnya.

Selain itu, Anda perlu hal lain yang bisa menarik pelanggan selain dengan SOP yang bagus yaitu dengan memberikan pelayanan logistik berharga murah serta kualitas pengirimannya yang reliable.

Anda bisa mewujudkannya dengan KiriminAja. Di sini Anda akan mendapatkan online store yang bebas atur margin profit serta manajemen produk. Anda tak perlu membuat SOP untuk ini sebab semuanya sudah otomatis dan mudah dilakukan.

Kabar baiknya lagi, cukup daftar gratis saja di dashboard KiriminAja maka tak perlu lagi effort besar yang melelahkan.

Jadi, langsung gabung bareng KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 Indonesia. Agar tahun ini Anda bisa membuat #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.