Apa Itu Strategi Branding? Mari Bahas Definisi, Praktik, dan Contohnya

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Strategi Branding Produk

Strategi branding adalah kerangka kerja yang menentukan bagaimana bisnis Anda mengidentifikasi diri di mata pelanggan secara unik dan menonjol di antara para kompetitor.

Melakukan branding tentunya hal wajib bagi pebisnis online. Namun branding tidak bisa dilakukan seenaknya dan sekenanya saja. 

Maka dari itu Anda memerlukan yang namanya strategi branding. Apa saja cara dan langkahnya? 

Mari kita simak uraiannya di bawah ini, baca pelan-pelan, dan mari memahami bersama supaya Anda bisa menjalankan bisnis dengan tenang, tumbuh, serta unik..

Pengertian Strategi Branding Menurut Para Ahli

Para ahli mempunyai pengertian-pengertiannya sendiri mengenai apa itu strategi branding. Untuk lebih mengetahuinya mari kita simak pendapat berikut ini:

Schultz dan Barnes berpendapat jika strategi branding adalah sebuah proses yang digunakan sebuah bisnis untuk menciptakan, mengelola, dan mempromosikan merek yang dipunyai usaha tersebut.

Aktivitas tersebut mencakup penentuan posisi merek, membuat konten yang menarik, membangun ekosistem yang menarik, mengembangkan relasi pelanggan, dan pengolahan serta analisis data yang terkumpul.

Tujuan dari dilakukannya aktivitas tersebut yaitu untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengalaman konsumen, dan meningkatkan nilai produk dalam jangka pendek maupun panjang.

Strategi branding ini harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus demi mencapai tujuan perusahan dan meningkatkan posisi brand di pasaran.

Ahli lain, Van Riel dan Bruggen menyatakan hal yang senada, bahwa strategi branding merupakan cara yang dipakai perusahaan untuk membuat merek atau brand tertentu memiliki nilai lebih dan posisi yang tinggi di pasaran.

Strategi branding ini juga cara untuk merencanakan serta mengkomunikasikan produk ke audiens. Strategi branding ini berhubungan langsung dengan konsumen sehingga menuntut adalahnya unique selling point atau USP sebagai pembeda dan penarik.

Sebagai awalan, Anda bisa mencoba 4 langkah simpel dalam menerapkan strategi branding pada tautan tersebut supaya mudah dilakukan dan menjadi sebuah pengenalan terlebih dahulu. Selebihnya Anda bisa membaca kelanjutannya di bawah ini.

Langkah dan Strategi Branding Produk

Jika Anda ingin membranding sebuah produk pastikan untuk melakukan cara dan langkah-langkah di bawah ini.

Melakukan Riset dan Penentuan Target Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Anda bisa meriset siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Selain itu riset mengenai kompetitor juga penting supaya Anda bisa tetap bersaing.

Penentuan Posisi Brand yang Pas

Hal ini mungkin sering terabaikan, namun jangan sampai Anda melewatkannya. Langkah selanjutnya adalah menentukan di mana posisi brand Anda secara tepat dan pas.

Posisi ini ditentukan juga dari produk apa yang ditawarkan, Anda perlu meneliti terlebih dahulu di sektor mana publik bisa menerima barang Anda yang akan beredar di pasaran tersebut. Misalnya, produk makanan, bisa Anda lakukan campaign mengenai pendidikan makanan sehat.

Menentukan Nama Brand yang Menarik dan Mudah Diingat

Hal penting lainnya yang bisa Anda lakukan untuk strategi branding adalah menentukan nama produknya. Nama yang simpel dan mudah diingat akan membuat brand Anda semakin dikenal.

Dan jangan lupa sesuaikan dengan produk Anda, nama harus sesuai dengan barang yang Anda jual.

Menentukan Logo, Desain Visual dan Slogan Brand

Ketiga hal tersebut menjadi satu paket yang akan mengantarkan brand Anda ke pasaran. Dari ketiga hal tersebut brand Anda akan menentukan nasibnya apakah diterima atau tidak oleh publik.

Maka dari itu Anda perlu membuat logo dan desain visual sebaik mungkin dan slogan brand yang menarik dan sesuai tujuan serta terasa baru.

Langkah dan Strategi Brand Perusahaan

Branding perusahaan juga penting maka dari itu berikut akan kami jelaskan beberapa caranya:

Buat atau Perbarui Visi Misi

Sebuah perusahaan atau bisnis tentunya harus memiliki visi dan misi. Nah, Anda bisa menggunakan visi misi yang sesuai dengan keadaan zaman dan kebutuhan pelanggan. Supaya perusahaan Anda bisa diterima khalayak umum.

Kampanye Iklan Efektif

Strategi branding lain bisa dilakukan dengan cara membuat kampanye serta iklan yang baik. Hal ini akan membangun kesadaran para pelanggan dan menyukai produk serta bisnis Anda.

Buat Platform Digital

Salah satu cara efektif membranding perusahaan di era modern seperti saat ini adalah dengan membuat website ataupun akun media sosial dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Contoh Strategi Branding Produk

Mari kita ambil satu contoh kasus dari produk terkenal yaitu Perusahaan Apple dan Iphone. Mereka menyadari jika para pengguna tertarik dengan teknologi canggih serta desain elegan.

Mereka pun membuat desain yang unik dan akhirnya menjadi ciri khas. Selain itu, nama iPhone sendiri menjadi sebuah produk yang menarik dan mudah diingat.

Apple juga membuat ekosistem yang terintegrasi dengan perangkat lain seperti Mac dan Ipad sehingga memudahkan para pengguna.

Strategi lain dilakukan dengan membangun image yang eksklusif dibarengi dengan kualitas yang setara sehingga banyak penggemar produk ini.

Contoh kecil di atas adalah strategi branding produk yang bisa kita lihat keefektifannya. Maka dari itu, Anda yang baru memulai bisnis online tak perlu khawatir sebab dengan strategi branding yang tepat bisa membuat produk Anda dikenal baik.

Salah satu cara strategi branding bagi pebisnis pemula adalah dengan menawarkan jasa pengiriman yang praktis, hemat, cepat dan aman. 

Anda bisa mendapatkannya dengan mendaftar gratis Dashboard KiriminAja. Anda bisa memilih berbagai jasa ekspedisi melalui 1 pintu dashboard KiriminAja.

Berbagai jasa kurir di KiriminAja memiliki harga masuk akal tapi dengan kualitas pengiriman yang cepat, tepat, dan aman.

Dengan KiriminAja, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan paket yang dikirim. Sehingga Anda lebih bisa fokus pada pertumbuhan bisnis.

Anda bisa menggabungkan produk Anda dengan fitur paket pengiriman dari KiriminAja. Kombinasi tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Anda. 

Ingat, dalam setiap transaksi belanja online, konsumen sangat mempertimbangkan biaya ongkir, lho. Karena itu, KiriminAja siap mendukung Anda sebagai jasa logistik reliable.

KiriminAja sebagai agregator logistik akan selalu mendukung bisnis Anda mulai dari awal hingga sukses. #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.